Pantai Batu Bengkung, menikmati panorama alam sambil bersantap di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Batu Bengkung, menikmati panorama alam sambil bersantap di Malang

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Batu Bengkung merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Malang. Hal ini dikarenakan pesona lautnya yang sangat menarik bagi wisatawan. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang. Apalagi bentuk pantainya juga cukup unik karena airnya membentuk kolam di antara bebatuan besar.

Menurut masyarakat setempat, pantai ini disebut Batu Bengkung karena memiliki bentuk fisik seperti wanita yang sedang membungkuk. Anda juga bisa berenang dengan aman di pantai ini karena memiliki banyak bebatuan sehingga tidak akan mudah hanyut oleh ombak. Birunya air laut yang terdapat di destinasi ini tentunya akan membuat semua orang terpesona.

Cobalah untuk berlibur ke pantai ini dengan membawa berbagai macam pakaian, makanan, dan barang penting lainnya. Berlibur sendirian di pantai ini pasti seru dan menyenangkan, apalagi jika Anda membawa keluarga atau rombongan. Sebelum pergi berlibur, Anda bisa menyimak dulu informasinya di bawah ini.

Tempat Wisata di Pantai Batu Bengkung

Objek Wisata Pantai Batu BengkungKredit Gambar: Informasi Instagram Malang Raya

1. Keindahan pesona pantai

Pantai Batu Bengkung sendiri memiliki keindahan alam yang hampir identik dengan berbagai jenis laut lainnya di Indonesia. Namun, pantai ini sangat terkenal dengan keindahan air lautnya yang biru. Warna laut akan semakin indah jika Anda berfoto di sana. Air laut yang jernih ini akan terlihat berkilauan saat terkena sinar matahari.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama sunset yang sangat indah dari destinasi wisata satu-satunya ini. Tentu saja, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam ini dengan menginap di hotel atau melakukan kegiatan berkemah selama liburan. Anda juga bisa merasakan sejuknya air laut saat mencoba berenang di sekitar pantai ini.

2. Bukit untuk berfoto

Pantai ini memiliki bukit yang terletak di sebelah barat dan akan terlihat pada pagi hari. Untuk menuju ke bukit, Anda bisa menempuhnya dengan cukup mudah saat kondisi laut sedang surut. Namun jika kondisinya normal, Anda harus mendaki bukit dengan jalur lain dan lebih sulit untuk mencapai puncaknya.

Bukit favorit ini merupakan salah satu spot foto terbaik di Pantai Batu Bengkung. Wisatawan biasanya akan rela mendaki jalur yang cukup berbahaya untuk mencapai puncak bukit ini. Ketika Anda berhasil dan mengambil foto di atas, tentu akan menghasilkan pemandangan terbaik dari pesona umum air laut.

3. Tempat yang indah dan tenang

Pantai Batu BengkungKredit Gambar: Instagram Christianto Poernomo

Selain memiliki pesona yang indah, pantai ini juga hadir dengan suasana lingkungan yang sangat tenang dan asri. Akan sangat menyenangkan jika berlibur ke pantai ini untuk melupakan stres setelah lelah bekerja. Destinasi wisata ini juga bisa memanjakan mata dengan pemandangan indah yang disuguhkan setiap harinya.

Apalagi Pantai Batu Bengkung juga sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Anda bisa duduk santai di bawah pohon sambil menikmati deburan ombak dan sejuknya angin di sekitar pantai. Berjalan-jalan di sore hari sambil menyaksikan panorama matahari terbenam juga akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan selama liburan Anda.

4. Sistem parkir kendaraan 24 jam

Di tempat wisata ini juga tersedia sistem parkir non stop. Pelayanan yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri yang memberikan kenyamanan bagi seluruh pengunjung. Anda tidak perlu lagi khawatir ketika ingin menginap di tempat wisata ini karena kendaraan tersimpan dengan aman. Anda juga bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Batu BengkungKredit gambar: Google Maps abdun dk

Pantai Batu Bengkung sendiri terletak di Kawasan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Secara khusus, pantai ini terletak di jalan yang disebut Jalan Lintas Selatan di desa Gajahrejo. Meski jauh dari pusat kota, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan sehingga menjadikannya sebagai destinasi wisata terbaik di kota Malang.

Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 64 kilometer dalam waktu dua jam, yang cukup melelahkan selama perjalanan. Namun, itu akan terbayar setelah melihat keindahan pantai yang mempesona.

Untuk jalurnya sendiri, Anda bisa mengambil dua jalur untuk menuju tempat wisata tersebut. Pertama dari pusat kota Malang, Anda perlu mengarahkan kendaraan ke kawasan Turen, lalu Sumbermanjing Wetan. Setelah itu dilanjutkan ke tiga pantai yaitu Sendangbiru, Goa Chine dan Bajulmati dengan jalur yang cukup berbahaya selama perjalanan.

Sementara itu, wisatawan juga memiliki cara yang jauh lebih cepat, antara lain melalui Kepanjen, lalu Pagak dan Gondanglegi. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke Bantur dan Pantai Balekambang yang dekat dengan tempat wisata. Anda juga bisa sampai ke tujuan lebih cepat.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai BengkungKredit Gambar: Informasi Instagram Malang Raya

Tiket masuk dari pantai Batu Bengkung sendiri sangat murah, dimana anda hanya membayar 10.000 rupiah saja. Sedangkan biaya parkir kendaraan adalah 10.000 bagi yang akan menginap. Jika tidak menginap, cukup bayar biaya parkir sebesar 5.000 saja. Namun, sekali lagi berbeda dengan total biaya liburan.

Meski harga tiketnya murah, Anda pasti perlu merencanakan pengeluaran lain seperti makan, membayar akomodasi, membawa perbekalan, dll. Anda akan menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk biaya liburan, apalagi jika Anda berasal dari luar kota. Namun, harganya masih relatif standar dibandingkan dengan destinasi wisata terkenal lainnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Batu

Aktivitas di Pantai BatuKredit gambar: Google Maps hadnys setyo

1. Nikmati makanan laut yang lezat

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di liburan pantai Batu Bengkung adalah mengikuti wisata kuliner. Kawasan pantai ini memiliki banyak menu seafood yang enak di setiap warungnya. Masakan khas pantai ini wajib kamu coba dengan berbagai macam rasa yang enak dan membuat siapa saja ketagihan dengan memakannya.

2. Perkemahan

Selain menginap, kamu juga bisa menikmati liburan di pantai yang satu ini dengan berkemah bersama teman-teman. Berkemah sambil menikmati deburan ombak di sekitar pantai akan menyenangkan. Selain itu, jika Anda memiliki ikan bakar di malam hari, itu membuat liburan lebih seru dan berkesan.

Namun, sebelum melakukan kegiatan camping, Anda dan rombongan harus terlebih dahulu meminta izin kepada warga sekitar. Hal ini dilakukan agar warga bercerita tentang berbagai aturan dan larangan saat berkemah di pantai ini. Juga, pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup dan perlengkapan lengkap pada kegiatan berkemah.

3. Ambil gambar

Ini adalah kegiatan yang banyak dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi berbagai destinasi wisata. Anda bisa berfoto dengan background yang lebih menarik seperti air laut yang biru dengan ombak yang terlihat sejuk. Dengan kumpulan foto liburan ini pasti anda akan merasa puas selama berwisata ke Pantai Batu Bengkung.

4. Berenang

Aktivitas Menarik di Pantai BatuKredit Gambar: Instagram Explore Malang – Lumajang

Anda dan teman atau keluarga bisa menikmati air laut yang jernih dan sejuk di pantai yang satu ini. Anda juga bisa berenang sambil mengagumi keindahan alam lanskap yang tersedia. Anda akan merasa nyaman berenang di pantai karena bentuknya yang unik dan tidak ditemukan di tempat wisata lainnya.

5. Saksikan matahari terbenam

Aktivitas menarik selanjutnya adalah melihat panorama matahari terbenam, yang biasa dilakukan oleh semua wisatawan saat berkunjung ke sebuah pantai. Cobalah untuk mengambil foto dengan latar belakang matahari terbenam yang indah. Tampilan ini tentu saja akan menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih tinggi dengan latar belakang terbaik.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai Batu BengkungKredit Gambar: Google Maps Villa Asmara Hills

1. Homestay Ariesta

Hostel pertama yang jaraknya cukup dekat dari pantai Batu Bengkung adalah Ariesta Homstay dengan fasilitas sederhana. Ini adalah jenis akomodasi biasa di mana Anda akan menemukan kamar tidur, toilet, dan lemari pakaian. Jarak dari asrama ke tempat tujuan sendiri sekitar tujuh kilometer, lebih cepat dari pusat kota.

2. Vila Bukit Asmara

Villa ini adalah yang paling dekat dengan tujuan wisata dan memiliki fasilitas sederhana dan bangunan kayu pedesaan. Jaraknya sendiri sekitar 5,5 kilometer untuk sampai ke pantai tujuan. Meski cukup dekat, Anda tetap perlu menggunakan kendaraan untuk berlibur di pantai yang indah ini selama menginap di villa ini.

3. Berkah dari alam

Hostel ini memiliki tempat parkir dan ruang kamar yang jauh lebih besar. Kamar mandi pribadinya sendiri juga cukup modern dan kontemporer. Bahkan hostel ini juga memiliki AC. Untuk menuju lokasi destinasi wisata tersebut, seseorang harus menempuh perjalanan sekitar tujuh kilometer menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai BengkungKredit gambar: Google Maps Elfajri Gautama

Destinasi wisata ini memiliki mushola yang dapat digunakan oleh seluruh wisatawan dan masyarakat sekitar untuk beribadah. Anda juga tidak perlu bertanya lagi kepada warga saat ingin beribadah karena fasilitas ini sudah tersedia. Anda juga bisa menikmati liburan di destinasi wisata ini dengan tenang dan nyaman tanpa harus menunda ibadah.

Pantai Batu Bengkung juga memiliki fasilitas lain seperti tempat parkir dan toilet umum. Hal tersebut tentu membuat pengunjung merasa lebih aman saat meninggalkan kendaraannya saat berlibur. Anda juga tidak akan kesulitan mencari toilet karena pemerintah setempat telah menyediakan fasilitas tersebut sejak diresmikannya destinasi wisata ini.

Selain itu, fasilitas lain yang terdapat di tempat wisata ini adalah Warung Makan. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk tidak membawa bekal terlalu banyak selama liburan. Bahkan beberapa warung menawarkan menu seafood yang wajib kamu coba saat berkunjung ke pantai ini. Kelezatan cita rasa setiap kuliner pun kami rasakan.

Itulah informasi wisata Pantai Batu Bengkung yang bisa anda manfaatkan saat ingin mengunjungi destinasi tersebut. Anda juga bisa mengunjungi pantai ini selama liburan di Malang untuk merasakan keindahan alamnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati liburan dengan biaya yang cukup murah namun nyaman dan menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button