Pantai Bandengan, pantai pasir putih Jepara yang menawan - WisataHits
wisatahits

Pantai Bandengan, pantai pasir putih Jepara yang menawan

Pantai Bandengan Jepang yang sering dipanggil Tirto Samudro memiliki pandangan Alami si Cantik menawan. Termasuk dalam jajaran pantai pasir putih yang menawarkan banyak spot foto keren.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 07.00–18.00 WIB, Alamat: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Jepara terkenal dengan pantai pasir putihnya yang mempesona. Salah satu pantai yang paling ramai dibicarakan adalah pantai Tirto Samudro, atau yang biasa disebut Bandengan. Pantai ini dikelola oleh pemerintah setempat bekerjasama dengan masyarakat setempat sehingga kualitas wisata dan keindahan alam pantai yang ditawarkan tidak berubah sejak dulu.

Selain pantainya yang indah, tempat ini juga memiliki banyak unsur sejarah yang bisa digali sebagai hal yang menarik. Konon RA Kartini pernah mengunjungi tempat ini bersama teman-temannya. Apalagi Sunan Nyamplungan, putra Sunan Muria yang menyebarkan ajaran Islam, melewati pantai yang penuh bandeng ini dan menamakannya Bandengan.

Pantai Bandengan yang penuh dengan mitos selalu ramai dikunjungi pengunjung, baik hari biasa maupun hari libur. Karena wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan sambil menjajal berbagai atraksi yang ditawarkan.

Atraksi Pantai Bandengan

Aktivitas Pantai BandenganKredit gambar: Google Maps Ruqin Ahmath

Pantai ini memiliki laut yang jernih, menawan dan pasir putih bersih kecoklatan yang tidak kalah dengan pantai-pantai pulau dewata. Kemudian tidak hanya menawarkan panorama yang menakjubkan tetapi juga berbagai hal seru yang membuat kunjungan semakin menyenangkan.

1. Pemandangan Pantai yang Menakjubkan

Pantai ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona bahkan bisa disandingkan dengan pantai-pantai terkenal di Indonesia. Apalagi dengan pohon kelapa yang rindang.

2. Matahari terbenam dan matahari terbit yang menawan

Berada di bentangan garis pantai Jepara yang luas, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang indah sekaligus dari satu tempat.

3. Beragam pilihan wahana

Pengelola Pantai Bandengan menawarkan berbagai pilihan wahana air. Dari rumah ombak untuk berselancar, banana boat, pelampung tunggal, ski air, kano dan masih banyak lagi. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di pantai dengan ATV.

4. Pesona Pulau Panjang

Bagi Anda yang ingin mencoba mengunjungi Pulau Panjang, Anda bisa mengikuti kapal Sapta Pesona yang disiapkan untuk wisatawan dari pantai ini menuju pulau.

5. Spot foto menarik

Selain pemandangannya, wisatawan bisa memiliki tempat unik di tempat ini untuk berfoto. Salah satunya adalah ikon hati menghadap pantai, sandal raksasa dan tulisan nama pantai yang sangat ikonik.

6. Menjadi tempat festival

Lokasinya yang strategis dan pemandangannya yang indah membuat banyak event organizer memilih tempat ini sebagai tempat penyelenggaraan festival atau acara hiburan.

7. BBQ Pantai dan Makanan Lezat

Pantai ini terkenal dengan kekayaan lautnya yang melimpah. Anda bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil mengadakan barbekyu bersama keluarga atau memesan hidangan khas ikan di restoran pantai.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Bandengan

Alamat Pantai BandenganKredit gambar: Google Maps Afrina Fajar

Pantai indah ini terletak di Jl. Jepara-Bangsri, tepatnya di desa Bandengan, Jepara, Jawa Tengah dan pusat kota hanya berjarak 7 km. Rute ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Kemudian 10 menit berkendara dari Jl. Jepara-Bangsri, Anda akan menemukan pertigaan menuju pantai. Cukup masuk pertigaan dan lurus terus sampai gapura masuk Pantai Bandengan terlihat.

Jika Anda datang dari luar Jawa, Anda bisa terbang ke Bandara A. Yani Semarang. Baru kemudian melewati Jl.Komdor Yos Sudarso atau Jl.Pantura terus ke Demak melalui Pasar Johar.

Anda kemudian melewati Jl.Kudus-Semarang di sebelah kiri yang akan terus ke Jl.Demak-Welahan dan terus ke Jl.Kerajaan Jepara-Santo. Begitu memasuki jalur tersebut, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah untuk sampai ke pantai Tirto Samudro atau pantai Bandengan.

Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 pada hari biasa dan Rp 10.000 pada akhir pekan atau hari libur. Biaya ini belum termasuk biaya parkir yang mungkin dibebankan ke kendaraan Anda dan biaya penggunaan wahana yang ada.

Meski buka hingga larut malam, konter hanya buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan malam pantai, Anda harus datang dan membeli tiket sebelum loket tiket tutup. Dapat diketahui bahwa tiket masuk kawasan pantai ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Bandengan

Objek Wisata Pantai BandenganKredit Gambar: Google Maps virra ariez

1. Bersantai sambil menikmati pemandangan pantai

Anda dapat menikmati pemandangan yang mempesona sambil bersantai di gazebo, duduk di kursi pantai, beristirahat di atas tikar atau bersentuhan langsung dengan pasir yang bersih. Anda bisa menyewa gazebo dengan harga sekitar Rp 50.000 atau karpet seharga Rp 10.000.

2. Saksikan matahari terbenam dan matahari terbit

Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang ditawarkan pantai eksotis ini sangat mempesona. Warna jingga yang terlihat di langit berpadu dengan pantai sangat indah dan kontras dengan warna biru laut, menciptakan pemandangan yang luar biasa.

3. Bermain dan berolahraga di pantai

Berbagai kegiatan olahraga menarik dilakukan di kawasan Pantai Bandengan, seperti voli pantai, golf, jogging atau sepak bola.

4. Ikuti tur sepeda gunung di sekitar pantai

Bagi wisatawan yang ingin berkeliling pantai dengan kendaraan, pengelola menyediakan sepeda gunung yang bisa digunakan dengan biaya sewa yang terjangkau. Anda bisa berkeliling selama 15 menit menggunakan ATV hanya dengan Rp 25.000.

5. Bermain banana boat dan kano

Wisatawan bisa mencoba bermain banana boat dan kano di laut, dengan membayar biaya Rp 50.000 per orang, Anda sudah bisa merasakan keseruan banana boat. Dan untuk kano, wisatawan dikenakan biaya Rp 25.000,- per orang. Tentu saja, game ini dilengkapi dengan peralatan keselamatan dan instruktur ahli.

6. Sewa Jet Ski

Anda bisa menikmati keindahan yang disuguhkan dengan mengarungi perairan pantai menggunakan Jetski. Anda bisa menyewa jetski seharga Rp 60.000.

7. Cobalah berbagai atraksi air yang mendebarkan

Wisatawan bisa mencoba wahana yang mendebarkan dan mendebarkan dengan harga mulai dari Rp 25.000. Wahana yang patut dicoba adalah ski air, jetpack air, flyboard, dan hoverboard.

8. Berselancar dan bermain pelampung

Bagi yang ingin mencoba aktivitas selancar, disediakan Wave House atau ombak buatan oleh pengelola Pantai Bandengan. Anda juga bisa menyewa pelampung unik yang disebut donat dan pelampung bebek.

9. Kuliner

Wisatawan bisa bersantai sambil mencicipi masakan pantai yang lezat. Menu ikan bandeng bakar dan goreng di pantai ini menjadi pilihan utama yang wajib dicoba.

10. Bermain dengan anak-anak di taman bermain

Pengunjung yang datang bersama keluarga tidak perlu khawatir karena di tepi pantai terdapat taman bermain dengan perosotan dan ayunan yang dapat dikunjungi bersama anak-anak.

11. Perjalanan ke Pulau Panjang

Dengan biaya mulai dari Rp100.000 per orang, Anda sudah bisa mengunjungi Pulau Panjang yang dekat dengan pantai dengan menggunakan perahu bersama rombongan.

12. Ambil gambar

Ada banyak spot foto unik di setiap sudut objek wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung.

Penginapan murah di sekitar Pantai Bandengan

Akomodasi di Pantai BandenganKredit gambar: Google Maps Papa Abeecello

1. Cinta di hotel dan resor

Hostel ini berjarak 347 meter dari Pantai Bandengan yang bisa menjadi pilihan utama Anda selama menginap. Hostel ini berada di lokasi yang strategis karena dekat dengan tempat-tempat wisata populer di Jepara dan wisatawan dapat berkunjung kapan saja karena terdapat resepsionis 24 jam.

Dengan harga mulai dari Rp 250.000, Anda akan menikmati fasilitas wifi, layanan antar jemput, restoran dan layanan kamar 24 jam. Untuk fasilitas kamar dilengkapi dengan ruang TV, shower, AC dan fasilitas nyaman lainnya untuk difabel.

2. Resor Pantai Palm

Kompleks ini hanya berjarak 457 meter dari pantai. Selain dekat dengan lokasi wisata lainnya, tempat ini juga dekat dengan terminal dan cocok bagi pengunjung yang menyukai suasana yang menenangkan. Hostel ini menawarkan pilihan kamar mulai dari Rp 310.000,-.

Resor ini menawarkan fasilitas wifi, kolam renang, restoran, spa, pantai pribadi, penyewaan kendaraan dan layanan antar-jemput. Ada bagian penerima tamu 24 jam dan layanan kamar, serta fasilitas pendukung rapat lengkap.

3. Hotel Pantai Bandengan

Hotel ini terletak di kompleks wisata Pantai Bandengan, hanya 408 meter dari pantai. Terletak di pusat kota, tempat ini dekat dengan lokasi wisata dan terminal. Hotel ini terkenal murah namun tetap berkualitas, bahkan cocok untuk perjalanan bisnis. Tarif kamar di hotel ini mulai dari Rp 175.000 saja.

Dengan harga yang terjangkau, pengunjung selalu menikmati fasilitas yang lengkap. Fasilitas ini termasuk wifi, kafe, restoran, area khusus merokok, resepsionis, dan layanan kamar 24 jam. Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari kamar tidur lengkap dengan shower, AC dan tv.

4. Vila di tepi laut

Villa ini terletak di desa Mulyoharjo dan dekat dengan pantai, terminal, museum RA Kartini dan berbagai kunjungan lainnya ke Jepara. Tempat ini cocok untuk backpacker karena harga kamar mulai dari Rp 442.000,- dan memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman. Villa ini juga terkenal dengan desainnya yang unik dan cantik.

Ada fasilitas bisnis lengkap, ruang aerobik, pantai pribadi, restoran dan kafe, wifi, penyewaan mobil, dan bar pantai. Untuk kamar, ada AC, pemanas, komputer, kulkas, shower, dan sarapan gratis. Vila ini memungkinkan hewan peliharaan, memiliki akses mudah ke lokasi dan sangat cocok untuk orang-orang dengan mobilitas terbatas.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Bandengan Jepara

Fasilitas Pantai BandenganKredit gambar: Google Maps oleh MAV

Bagi wisatawan yang datang bersama keluarga atau sebagai backpacker sendiri tidak perlu khawatir karena fasilitas di sekitar pantai sangat lengkap. Meskipun terletak dekat dengan pusat kota, ada banyak pilihan akomodasi dan transportasi yang terjangkau.

Anda juga tidak perlu khawatir karena ada berbagai macam jajanan kuliner ala pantai dan toko oleh-oleh dengan harga terjangkau. Wisatawan bahkan bisa menawar harga di tempat ini. Tersedia juga mushola, gazebo dan toilet atau ruang ganti bagi anda yang ingin bermain air di pantai.

Pantai Bandengan yang memiliki nama lain Pantai Klein Scheveningen ini merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi di Jepara. Keindahan pantai yang dilihat dari berbagai sisi tidak hanya menarik tetapi juga menyenangkan, apalagi dengan berbagai fasilitas dan wahananya. Pantai yang terletak di utara kota Jepara ini sangat cocok untuk mengisi momen liburan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button