Nikmati pemandangan Pulau Galanga dari mercusuar - WisataHits
wisatahits

Nikmati pemandangan Pulau Galanga dari mercusuar

Belitong Pulau Lengkuas merupakan pulau eksotis dengan pasir putih yang luas, air laut biru yang tenang dan mercusuar yang menjulang melengkapi pemandangan alam Belitong.

Foto Pulau Lengkuas via instagram.com/pergidulu/

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Gratis
Nomor telepon:
Aktivitas: Berenang di pantai, bermain pasir di pantai, berfoto-foto, snorkeling, wisata kuliner
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, tabir surya, sandal, baju ganti, makanan, minuman
Larangan: Dilarang merusak lingkungan pesisir dan laut
Alamat: Kepulauan Bangka Belitung, Sijuk, Belitung, Bangka Belitung
Fasilitas umum: Hotel, hostel, toilet/kamar mandi, warung makan
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Siapa yang tidak mengenal pesona Bangka Belitung? Hampir semua orang tahu surga di balik provinsi ini.

Ya, provinsi ini terkenal sejak rilis film Laskar Pelangi. Pasalnya, film ini menyoroti banyak wisata alam milik Provinsi Bangka Belitung.

Pulau Lengkuas Belitong merupakan salah satu tempat wisata alam yang wajib anda kunjungi saat liburan ke Babel. Seperti apa keseruan berlibur di pantai ini? Baca terus artikel dolanyok di bawah ini.

Belitong Galanga Island Stonevia instagram.com/magdalenalestari/

Foto Pulau Lengkuas Belitongvia instagram.com/pergidulu/

Mercusuar Pulau Belitong Lengkuasvia instagram.com/dianprtiwi/

Wisata Pulau Lengkuas Belitongvia instagram.com/dianprtiwi/

Granit Pulau Galanga Belitongvia instagram.com/magdalenalestari/

Kapal Pulau Lengkuas Belitongvia instagram.com/pergidulu/

Sekilas Tentang Pulau Lengkuas Belitong

Pulau kecil namun memiliki banyak keeksotisan adalah Pulau Lengkuas Belitong. Pulau kecil ini terletak di Kepulauan Bangka Belitung dan tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi.

Pulau ini memiliki pantai pasir putih dan air laut hijau kebiruan. Di sekitar pulau juga ditumbuhi banyak pohon kelapa yang kontras pemandangannya dengan pantai pasir putih.

Selain itu, kesan eksotis dan alami tampak pada bebatuan besar dan megah. Inilah yang membuat wisatawan penasaran dan akhirnya mengunjungi tempat ini.

Cerita

Setiap tempat pasti memiliki cerita tersendiri, termasuk Pulau Lengkuas Belitong. Tapi cerita pulau ini sepertinya lucu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ikon utama pulau ini adalah mercusuar.

Ceritanya dimulai pada abad ke-17 tepatnya pada tahun 1817. Pulau ini diserahkan dari Inggris kepada pemerintah Belanda. Karena pulau ini menjadi salah satu pusat perdagangan Belitung, pemerintah Belanda membangun mercusuar.

Pembangunan mercusuar dimaksudkan untuk mengatur lalu lintas kapal yang melewati kawasan ini. Mercusuar ini dikenal sebagai Mercusuar LI Enthoven karena LI Enthoven yang membangunnya. Pulau ini juga dikenal sebagai Pulau LI Enthoven.

Namun, sebagian besar masyarakat Belitung masih buta huruf sehingga tidak bisa membaca atau mengucapkan kata tersebut. Untuk mempermudah pengucapan nama pulau, pulau tersebut diberi nama Pulau Mercusuar.

Penyebutan pulau mercusuar jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Lighthouse Island. Namun kata-kata tersebut sulit diucapkan oleh bahasa orang Belitung. Kata Mercusuar diucapkan seperti Galanga.

Daya tarik

Pulau kecil ini menyembunyikan sejuta keindahan saat Anda menginjakkan kaki di sana.

Mercu suar

Pulau ini memiliki mercusuar dengan ketinggian sekitar 50 meter. Mercusuar yang berusia lebih dari 137 tahun ini masih kokoh dan berfungsi dengan baik.

Mercusuar ini berfungsi untuk memberikan tanda bagi kapal yang lewat dari atau ke pulau. Meski masih berfungsi dengan baik, wisatawan diperbolehkan memasuki mercusuar ini.

Untuk mencapai puncak mercusuar, Anda harus menaiki ratusan anak tangga. Mercusuar ini memiliki 18 lantai, sehingga Anda perlu menyiapkan tenaga ekstra jika ingin mencapai puncaknya.

Sesampainya di puncak, Anda bisa menikmati keindahan Pulau Lengkuas. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi air laut yang biru dan hamparan batu granit yang tersebar di semua sisi pulau ini.

batu granit

Pulau ini sangat unik karena terdapat banyak batu raksasa yang tersebar di seluruh pulau. Batuan ini merupakan batuan granit yang memiliki permukaan yang sangat halus dan licin.

Banyak wisatawan yang menggunakan bebatuan ini sebagai latar untuk berfoto karena bentuknya yang indah. Perpaduan langit yang cerah, birunya air laut dan batu granit alami membuat setiap wisatawan yang berkunjung menyempatkan diri untuk berfoto.

Kolam malaikat

Ada kolam alami yang disebut Kolam Bidadari. Kolam ini terbentuk karena ada aliran air laut yang terperangkap di antara batu-batu granit.

Di kolam ini Anda bisa berenang sesuka hati. Anda bisa berenang dan menikmati sejuknya air pantai dengan santai karena perairan di pulau ini cenderung tenang.

Alamat

Pulau ini terletak di Bangka Belitung, Sijuk, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan speed boat yang disewa dari Pantai Tanjung Binga, Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Tanjung Kelayang.

Biaya masuk

Untuk liburan di pulau ini Anda tidak akan dikenakan biaya. Namun untuk menuju pulau ini anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit pasalnya anda membutuhkan jasa sewa perahu motor untuk menuju pulau ini.

Harga sewa perahu motor agak mahal karena masing-masing perahu dibanderol dengan harga Rp 350.000,00 – Rp 500.000,00/perahu. Jadi kalau mau ke Pulau Lengkuas lebih baik rombongan, karena perahunya juga bisa memuat hingga 10 orang.

Harga sewa alat snorkling

Wahana utama di pulau ini adalah snorkeling, jika ingin mencoba snorkeling kita bisa menyewa peralatannya.

Peralatan Harga
Perlengkapan menyelam Rp25.000.00
sirip Rp 35.000,00
Jaket pengaman Rp20,000.00

Jadi Anda tidak perlu repot membawa peralatan snorkeling sendiri. Banyak orang menyewa peralatan snorkeling.

Baca juga: Bukit 7 Sempa

Meredakan

Meski terletak agak jauh dari hiruk pikuk keramaian, pulau ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

  • Hotel
  • Akomodasi
  • Toilet/Kamar Mandi
  • warung makan

Setelah lelah bermain air dan menjelajah pulau, Anda bisa mampir ke warung terdekat untuk menikmati segarnya air kelapa khas pulau ini.

Wisata terdekat

Jika Anda datang jauh-jauh ke Kepulauan Belitung, jangan hanya berhenti di Pulau Lengkuas saja. Anda perlu mengambil liburan lebih lama untuk menikmati atraksi lainnya. Berikut adalah tempat wisata terdekat dari pulau ini yang wajib Anda kunjungi:

Pulau Kepayang

Pulau Kepayang merupakan salah satu Kepulauan Belitung. Pulau yang sering disebut Pulau Babi oleh masyarakat ini luasnya hanya 14 hektar.

Seperti namanya, yaitu Kepayang, pulau ini memabukkan siapa saja yang menginjakkan kaki di sana. Pasalnya, Anda akan menemukan pemandangan indah perpaduan pasir putih yang lembut, air laut yang biru, langit yang jernih dan hamparan batu granit yang menjulang tinggi.

Bagi Anda pecinta dunia bawah laut, Anda wajib mencoba snorkeling di pulau ini. Banyak ikan berwarna-warni berenang di pulau ini.

Pantai Tanjung Kelayang

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan air laut biru.

Plus, garis pantainya sangat panjang sehingga Anda bisa bermain sepuasnya. Apalagi pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah di pagi hari saat matahari mulai terbit.

Nah, nama pantai ini bukan tanpa alasan. Nama pantai ini adalah Kelayang yang diambil dari nama burung Kelayang yang sering terbang di atas pulau ini.

Pantai Tanjung Binga

Pantai indah selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Binga. Pantai ini dikenal sebagai Kampung Nelayan Bugis, terletak 8 km dari Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai ini dijuluki desa nelayan karena banyak penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Di sepanjang pantai ini Anda akan melihat banyak perahu nelayan yang keluar masuk pantai.

Air di pantai di sini sangat jernih, sehingga Anda bisa menikmati alam bawah laut dengan jelas. Selain itu, perairan di sini sangat tenang, sehingga sangat cocok jika Anda ingin bermain air.

Akomodasi di sekitar

Ingin menikmati sensasi bermalam di pulau kecil nan indah ini? Berikut penginapan yang bisa Anda sewa:

Santika Premiere Hotel & Resort

Hotel Santika merupakan salah satu hotel di Belitong yang menawarkan pemandangan langsung ke laut.Selain pemandangan yang indah, kamar hotel yang disewakan juga bervariasi.

Harga per malamnya mulai dari Rp 780.000,00 tergantung tipe kamar yang diinginkan. Jika anda ingin menginap di hotel ini anda bisa menghubungi 0823 7189 1889.

Hotel tropis hijau

Green Tropical Hotel merupakan hotel yang mempelopori konsep hijau di Belitung. Hotel ini sangat menghormati lingkungan.

Tersedia berbagai pilihan kamar dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 60.000,00/malam – Rp 1800.000,00/malam. Anda dapat menghubungi 0719 24135 atau 0819 4916 2858 untuk memesan kamar hotel.

Golden Tulip Essential Belitung

Jika Anda mencari hotel bintang tiga di Belitung, Anda bisa mampir di Golden Tulip Essential. Hotel ini memiliki 76 kamar dengan tipe berbeda.

Harga per malam yang ditawarkan mulai dari Rp 531.000,00. Untuk kenyamanan para wisatawan, hotel ini bisa dipesan secara online melalui Pegipegi atau booking.com atau bisa menghubungi nomor 0719 9301 122.

Belitung Joss Homestay

Pilihan akomodasi selanjutnya adalah Belitung Joss Homestay. Hostel ini adalah salah satu akomodasi sederhana terbaik.

Fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah sarapan pagi, AC, handuk sabun, kamar mandi pribadi dan lemari pakaian. Jika Anda ingin bermalam di hostel ini, coba saja hubungi 0819 2971 5825.

Restoran terdekat

Seberapa jauh ke Pulau Lengkuas dan Anda lapar? Anda bisa mencoba masakan yang ditawarkan oleh beberapa restoran di bawah ini:

Restoran Kepayang

Pilihan tempat makan pertama adalah Resto Kepayang yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Restoran ini menyajikan berbagai makanan laut tetapi Anda dapat menemukan banyak hidangan lainnya seperti ayam dan sayuran.

Jika ingin mencicipi aneka menu Resto Kepayang, Anda bisa datang mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Restoran Dermaga Kelayang

Mencari rumah duka yang menawarkan pemandangan pantai terbaik? Anda bisa mencoba makan di Dermaga Kelayang Resto.

Tempatnya sederhana tapi bersih dan nyaman. Restoran ini melayani wisatawan yang datang 24 jam sehari.

RM Sangat

Pilihan tempat makan aneka seafood lainnya adalah RM Amat. Di restoran ini Anda bisa makan olahan makanan laut untuk isi hati Anda.

Selain itu, ditemani dengan pemandangan laut yang indah, selera makan Anda pun akan meningkat. Untuk pemesanan tempat bisa hubungi nomor 0819 7895 672.

Pertanyaan dan jawaban

Sebelum pergi berlibur ke pulau ini, ketahui dulu kondisi dan lingkungan pulau ini dengan menyimak informasinya di bawah ini:

Kesimpulan

Nah itu dia ujian dari Belitong Pulau Lengkuas. Tidak tahan dengan pesona yang ditawarkan pulau eksotis ini?

Segera kosongkan jadwal Anda untuk beberapa hari ke depan dan segera booking penerbangan ke pulau tersebut. Anda harus mencoba lompat pulau di pulau-pulau yang disebutkan tim Dolanyok dalam artikel ini.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button