4 fakta taman pintar, wisata edukasi dan rekreasi terindah di kota kampus: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

4 fakta taman pintar, wisata edukasi dan rekreasi terindah di kota kampus: Okezone Travel

4 fakta taman pintar, wisata edukasi dan rekreasi terindah di kota kampus: Okezone Travel

DAERAH Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya dikenal dengan wisata alam dan budayanya saja. Dikenal juga sebagai kota pelajar, kawasan ini memiliki sejumlah destinasi wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi.

Salah satunya adalah Taman Pintar Yogyakarta, salah satu destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di kota Gudeg ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Lokasi Taman Pintar

Taman Pintar ini berada di pusat Kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg.

Selain itu, Taman Pintar juga dekat dengan kawasan wisata Jalan Malioboro hingga Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

Sejarah Taman Pintar

Asal usul suatu tempat tentunya tidak lepas dari sejarah dan asal usulnya. Pembentukan taman pintar ini dimulai ketika terjadi ledakan perkembangan ilmu pengetahuan sekitar tahun 1990-an.

Terlebih teknologi informasi, yang pada akhirnya membawa peradaban manusia ke era tanpa batas seperti saat ini. Dimana penggunaan teknologi semakin meningkat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan.

Infografis Kebun Raya di Indonesia

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas ide untuk mengembangkan “Taman Pintar”. Disebut “Taman Pintar” karena di sanalah anak-anak sekolah dari TK hingga SMA bisa leluasa memperdalam konten pembelajaran sekolahnya sekaligus bersantai.

Perpaduan wisata rekreasi dan edukasi

Taman Pintar merupakan destinasi yang memadukan wisata rekreasi dan edukasi di Yogyakarta. Di sini Anda bisa bermain sekaligus belajar, cocok untuk anak-anak yang ingin memperluas wawasannya.

Terdapat wahana PAUD yang dilengkapi dengan teknologi interaktif digital dan video mapping yang akan merangsang imajinasi anak. Selain itu, mereka memiliki kedekatan dengan teknologi. Tempat ini layak untuk dikunjungi.

Hingga saat ini terdapat 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan edukatif di Taman Pintar Yogyakarta.

Di dekatnya Anda juga akan menemukan toko-toko berbaris yang menjual berbagai jenis buku. Mulai dari buku anak, sekolah, novel hingga religi. Selain itu, mereka juga menjual buku-buku baru dan bekas yang masih layak pakai.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Bangunan di taman pintar

Selain itu, didirikan pula bangunan Taman Pintar di areal bekas pusat perbelanjaan, dengan pertimbangan masih eratnya hubungan antara Taman Pintar dengan fungsi dan aktivitas bangunan di sekitarnya seperti Taman Kultur, Benteng Vredeburg, dan Benteng Vredeburg. Perhimpunan Militer dan Gedung Agung.

Saat itu, tahun 2004, relokasi kawasan dimulai; Pembangunan tahap I adalah taman bermain dan bangunan PAUD Barat dan PAUD Timur. Kemudian Pembangunan tahap II adalah lantai I dan II Gedung Oval. Serta lantai dasar gedung Box yang diresmikan oleh Mendiknas pada tanggal 9 Juni 2007 dalam Soft Opening II.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button