Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Lantik Polda Papua Baru, Kapolri: Bentuk Sinergi - WisataHits
Jawa Tengah

Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Lantik Polda Papua Baru, Kapolri: Bentuk Sinergi

Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Lantik Polda Papua Baru, Kapolri: Bentuk Sinergi

Sinergi TNI-Polri semakin hari semakin baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono beserta seluruh Kepala Staf Angkatan Darat, Laut, dan Udara RI meresmikan gedung baru Polda Papua pada Minggu, 8 Januari 2019. , 2023 .

“Tentu juga berbeda dari biasanya dan itu mungkin karena Kapolda dan seluruh anggotanya berdoa luar biasa, makanya Polda Papua hari ini secara khusus melantik Panglima Besar, Kapolri disaksikan oleh tiga Kapolri. Staf. Tempat luar biasa ini belum ditemukan di tempat lain. Jadi ini hadiah untuk seluruh warga dan masyarakat Papua, tentunya hadiah Natal dan Tahun Baru,” kata Sigit dalam keterangan pers.

Sigit menegaskan, dengan pelantikan bersama Panglima dan Kepala Staf, akan terwujud sinergitas TNI dan Polri yang semakin hari semakin optimal dan baik.

“Tentu ini menjadi kunci dan contoh sinergi dan soliditas khususnya TNI-Polri yang semakin hari semakin kuat dan ini dibuktikan dengan aktivitas hari ini,” ujar Sigit.

Karena itu, Sigit menginstruksikan Kapolda Papua untuk menerapkan sinergi dan soliditas TNI dan Polri bagi seluruh jajarannya.

Dengan sinergi dan soliditas TNI-Polri yang kuat, masyarakat akan merasa nyaman dan aman, menurut Sigit. Juga menjaga stabilitas politik dan keamanan yang bekerja dengan baik untuk mewujudkan kesejahteraan sosial, pertumbuhan ekonomi dan investasi.

“Semua dalam kondisi solid untuk memantau dan menjaga program politik pusat dan daerah. Terus meningkatkan kualitas, soliditas dan sinergi antara TNI dan Polri, menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan untuk menjaga keamanan dan juga seluruh masyarakat aman dan nyaman,” kata Sigit.

Di sisi lain, menurut Sigit, program Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga dapat diwujudkan dengan pembangunan gedung Polda Papua di lokasi baru dengan menggalakkan pembangunan infrastruktur khususnya di Indonesia bagian timur.

“Kami berharap ini sejalan dengan kebijakan Presiden. Bahwa negara Papua, seperti daerah lain di Indonesia, harus maju. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Saya tegaskan lagi apa yang disampaikan Bapak Presiden, selalu dorong percepatan pembangunan infrastruktur, terutama di bagian timur Indonesia, dan tentunya nanti paralel dengan pembangunan SDM, yang juga ingin kita garap,” kata Sigit.

Karena itu, kata Sigit, Kapolda Papua harus bisa menyiapkan program-program baru, terutama meningkatkan kegiatan masyarakat yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat Papua.

Dalam kenangan, Sigit mengatakan Presiden Jokowi tetap fokus untuk menggenjot perekonomian dan pembangunan di Tanah Papua. Salah satu contoh keberhasilan adalah pelaksanaan XX. Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

“Ini juga kami sampaikan Pak Presiden, pemerintah pusat terus menggalakkan program-program yang berkaitan dengan negara Papua. Beberapa waktu lalu sejak dilantik sebagai Presiden sudah berapa banyak kunjungan yang dilakukan untuk membangun wilayah Papua. Dan di tengah kesulitan saat itu, Indonesia mampu menyelenggarakan PON dan melaksanakannya di negara Papua,” kata Sigit.

“Jadi ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk terus memberikan perhatian penuh kepada masyarakat dan negara Papua,” tambah Sigit.

Pada tahun 2023, Sigit mengatakan pemerintah akan tetap melaksanakan program-program prioritas dan proyek-proyek besar di wilayah Papua. Dalam konteks ini, Sigit menekankan perlunya sinergi antara TNI, Polri dan seluruh lapisan masyarakat.

Program prioritas meliputi pengembangan destinasi wisata, pengembangan kawasan perkotaan dan infrastruktur kawasan pertanian. Sementara itu, proyek-proyek besar meliputi pembangunan bandara dan penempatan khusus tenaga kesehatan di Papua dan Papua Barat.

“Ini bagian dari upaya yang terus digalakkan pemerintah untuk mewujudkan keberpihakan Indonesia. Dan keberpihakan Indonesia adalah salah satu cara wilayah Papua akan berkontribusi untuk itu. Dan ini merupakan komitmen bersama yang harus terus ditumbuhkan dalam pengembangan nama. Saya melihat, ada pengembangan dan rencana industri hilir yang juga sedang dilaksanakan di wilayah Papua. Tentu ini akan membuka lapangan pekerjaan baru dan akan ada transfer of knowledge untuk lebih meningkatkan kesejahteraan, tentunya selain pendidikan,” kata Sigit.

Sigit memastikan TNI-Polri akan terus mendukung dan mengawal kebijakan Presiden Jokowi di Papua untuk mewujudkan sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Namun tentunya masih ada tantangan yang harus kita hadapi, ada saudara-saudara kita yang mungkin masih berpikiran lain dan tidak yakin ke depan Papua akan menjadi salah satu daerah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di luar Indonesia. Jawa itu,” kata Siegit.

Sementara itu, Sigit menyampaikan pesan kepada Kapolda Papua untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan Polri pasca pembangunan Mapolda Papua yang baru. Menurutnya, pelayanan sangat perlu dirasakan dengan rasa sejahtera oleh masyarakat.

“Dan benar-benar terasa masyarakat kemudian nyaman dengan sarana dan prasarana yang lebih baik dan tentunya kualitas pelayanan yang jauh lebih baik. Saya percaya dan perintahkan seluruh jajaran Polda Papua untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kepolisian,” jelas Sigit.

“Dan itu juga menjadi kewajiban bagi rekan-rekan untuk membuktikan bahwa jabatan publik bukan sekedar pekerjaan, tapi bagaimana rekan-rekan bisa mencapai kinerja yang maksimal dan masyarakat bisa merasakan pelayanan ini, itu yang utama,” tambah Sigit mengakhiri.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button