Pantai Pangandaran - WisataHits
wisatahits

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang memiliki puluhan tempat wisata. Segala macam wisata bisa kita temukan di provinsi dengan luas kurang lebih 35.378 km ini.

Jika Anda menyukai liburan di tempat yang memiliki nilai sejarah, maka datanglah ke Museum Telaga Manggung, atau Rumah Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Jawa Barat, maka jika Anda menyukai tempat wisata yang memiliki nilai pendidikan, maka kunjungi Trans Studio Bandung, atau Bandung Sains Center, sekaligus taman budaya yang berada di provinsi Jawa Barat.

Dan terakhir, jika Anda menyukai suasana liburan di pantai, maka ada banyak pilihan, salah satunya adalah Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

deskripsi-pantai-pantai

Pangandaran sendiri sebenarnya merupakan kabupaten baru di Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya, kabupaten yang berpenduduk kurang lebih 422.586 jiwa ini masuk dalam wilayah Kabupaten Cilacap. Untuk itu, tak heran jika selama ini masyarakat lebih terbiasa menyebut pantai Pangandaran dengan menyebut namanya ditambah nama kabupaten Cilacap. Pantai Pangandaran di Cilacapbiasanya nama pantai ini yang dikenal kebanyakan orang.

Selain itu, jika saat ini Anda sedang berada di Jawa Barat dan tidak yakin ingin berlibur ke mana, datanglah ke Pantai Pangandaran. Apalagi bagi Anda yang hobi berenang dan merupakan penggemar wisata pantai, maka berkunjung ke Pantai Pangandaran merupakan ide bagus yang harus segera diwujudkan.

Berikut ulasan wisata pantai Pangandaran, sebagai tambahan informasi jika ingin berlibur ke sana. Ayo, lihat.

Pantai Pangandaran

Anda bisa membaca deskripsi singkat tentang Pantai Pangandaran di bawah ini.

Pantai Pangandaran memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Kedua pesona ini akan menyambut kedatangan Anda saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan Pantai Pangandaran.

pantai-pangandaran-jawa baratvia instagram/suciaprilliani25

Kemudian semilir angin pantai yang membelai rambut dan tubuh secara perlahan menambah kehangatan suasana pantai ini. Pergi lebih jauh untuk sesuatu yang lebih mempesona.

Pantai Pangandaran memiliki hamparan pantai yang cukup luas. Kawasan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pantai Pangandaran Barat yang memiliki nama lain Pantai Pananjung dan Pantai Pangandaran Timur. Keduanya dipisahkan oleh daratan yang menjorok jauh ke laut atau biasa dikenal dengan teluk.

Kedua pantai di Pangandaran ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Bagian barat Pantai Pangandaran memiliki karakteristik daerah yang lebih lembut dan cocok sebagai tempat wisata keluarga. Di sana Anda akan menemukan banyak deretan warung makan. Dibandingkan dengan Pantai Pangandaran di timur, Pantai Pangandaran Barat memiliki pengunjung yang lebih banyak.

Selain pantainya yang lebih luas, Pantai Pangandaran Barat juga memiliki ombak air yang lebih tenang, sehingga cocok sebagai tempat berenang, bahkan anak-anak pun terlihat berenang dengan aman di sini. Kemudian, ketika sore hari tiba, di pantai ini Anda bisa menikmati fenomena indah saat matahari terbenam.

Sedangkan di pantai timur Pangandaran Anda akan menemukan lebih banyak kolam ikan. Pasir di pantai lebih sedikit dan ada dermaga di daratan yang menjorok ke laut.

pantai-pangandaran-bandungvia instagram/answersaratbeautiful

Disini juga banyak tempat makan dengan menu khas ikan bakar. Kemudian di pagi hari, dari sini Anda dapat menyaksikan matahari terbit atau Matahari terbit.

tugas Peluang foto menarik juga banyak tersedia di pesisir timur Pangandaran. Meski tidak seramai di pantai barat, pantai ini juga sangat cocok untuk liburan. Semua kembali ke diri mereka sendiri. Jika ingin berenang pilihlah tempat yang di barat, sedangkan jika ingin lebihmengeksplorasi tugas unik dan menarik, jadi pilihlah pantai yang berada di sebelah timur.

Baca juga tempat wisata di pulau jawa lainnya seperti Trans Studio Bandung

Lokasi Pantai Pangandaran

Lokasi pantai Pangandaran ini memiliki alamat lengkapnya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 212 kilometer, sedangkan dari Kabupaten Ciamis, pantai ini berjarak sekitar 91 kilometer.

Lokasi Pantai Pangandaran berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap di sebelah timur, Tasikmalaya di sebelah barat, kemudian Kabupaten Ciamis di sebelah utara. Sedangkan ke arah selatan, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Adapun sarana transportasi yang bisa digunakan untuk menuju pantai ini tentunya banyak sekali, selain bisa menggunakan kendaraan pribadi juga bisa anda akses dengan naik angkutan umum seperti bus Jakarta yang langsung melayani wilayah Pangandaran.

pantai-pangandaran-2018via instagram/pantai_pangandaran

Buat yang mau pakai pesawat bisa dari Jakarta atau Bandung bisa langsung pendaratan di Bandara Nusawiru Pangandaran.

Selanjutnya, rute menuju Pantai Pangandaran yang bisa Anda lewati memiliki beberapa pilihan, antara lain:

  1. Jalan Bandung. Anda bisa melewati Tasikmalaya lalu melanjutkan perjalanan menuju Banjar hingga Pangandaran. Rute ini merupakan jalur utama yang paling mudah karena akan banyak petunjuk arah yang bisa dijadikan panduan.
  2. Jalan Jawa Barat Selatan. Rute ini agak jauh, tapi lumayan seru apalagi buat kalian yang suka wisata. Jalannya dari Bandung ke Pangalengan, lalu ke Cisewu lalu ke Rancabuana, lalu ke Pameungpeuk, Cipatujah, ke Pangandaran. Walaupun agak jauh tapi jalur ini cukup tenang dan jalannya juga cukup bagus.

Baca juga: Keindahan Pantai Santolo di Garut

Biaya masuk pantai Pangandaran

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran cukup murah, nominalnya berbeda untuk setiap alat transportasi yang digunakan. Artinya tiket masuk sudah termasuk dalam biaya parkir kendaraan.

Berikut daftar lengkap harga tiket masuk objek wisata Pantai Pangandaran terbaru:

  • Pejalan kaki Rp 3.000 per orang
  • Sepeda Motor Rp 7.000
  • Bus Kecil Rp 80.000
  • BUS Besar Rp 169.000
  • Rata-rata bus Rp 104.000
  • Kendaraan jenis Sedan dan Jeep Rp 28.000
  • Kendaraan penumpang besar Rp 40.700
  • Kendaraan jenis Porter Rp 35.000

pantai-pangandaran-sekarangvia instagram/pantai_pangandaran

Baca juga: Green Canyon Pangandaran

Fasilitas di pantai Pangandaran

Kemudian mengenai fasilitas yang ada di pantai Pangandaran juga bisa dikatakan cukup lengkap. Sudah tersedia tempat parkir, tempat ibadah, kamar mandi dan toilet, ruang ganti, warung makan dan juga penginapan bagi yang ingin bermalam.

Untuk jenis dan harga akomodasi di Pantai Pangandaran tentunya bervariasi. Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget dan keinginan Anda. Tapi jangan khawatir, disini harga sewa akomodasi per malamnya mulai dari Rp 200.000 saja.

Bulat menutup Pantai Pangandaran

Jika masih kurang puas setelah menghabiskan waktu di Pantai Pangandaran, Anda juga bisa menuju tempat wisata yang berdekatan dengan Pantai Pangandaran. Beberapa di antaranya adalah Cagar Alam Pananjang, Green Canyon Ciamis, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Nini, dan Citumang Pangandaran.

Obyek-obyek wisata diatas tidak terlalu jauh dari Pantai Pangandaran, obyek wisata yang diusulkan juga cukup menggiurkan dan cocok sebagai obyek wisata. tujuan tour selanjutnya setelah ke pantai Pangandaran.

pasir putih-pantai-pangandaranvia instagram/pantai_pangandaran

Tempat keren lainnya di Jawa Barat: Dusun Bambu Lembang

Liburan ke pantai memang selalu menyenangkan untuk dilakukan. Walaupun mungkin pemandangan dan suasana yang akan kita dapatkan hanya sebatas itu, namun tidak bisa dipungkiri bahwa jenis wisata ini paling populer dan juga paling ekonomis. Bagaimana? Berencana liburan ke Pantai Pangandaran, Jawa Barat?

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button