Pameran produk UMKM memperingati HUT RI ke-77 dan pengembangan desa wisata di Dusun Gebang - WisataHits
Yogyakarta

Pameran produk UMKM memperingati HUT RI ke-77 dan pengembangan desa wisata di Dusun Gebang

Yogyakarta – Sebagai puncak dari rangkaian acara memperingati HUT RI ke-77, warga Dusun Gebang menggelar jalan sehat, pentas seni dan pameran produk UMKM Gebang bersama Pokdarwis Amarta Wisata pada Minggu (21/8). Peringatan HUT RI oleh warga Dusun Gebang diawali dengan berbagai perlombaan rakyat, olah raga dan kesenian sejak tanggal 6 Agustus 2022.

Panitia Peringatan HUT RI ke-77 Dusun Gebang Arjuna mengumumkan bahwa panitia telah bekerja sama dengan berbagai pihak, baik pelaku usaha UMKM maupun pelaku usaha UMKM pada peringatan HUT RI ke-77 di Dusun Gebang, untuk mendukung kegiatan juga dengan sponsor.

Selain partisipasi dari Dusun Jetis, Wagiman, perwakilan sponsor seperti BRI cabang Ngemplak Sleman, Toko Elektronik Gong, PT Buntolo dll. Menariknya, mahasiswa juga mengikuti kegiatan tersebut, melaksanakan tugas KKN PPM UGM dari tanggal 25 Juni hingga Agustus 13 Tahun 2022 mengusung tema yang salah satunya adalah pengembangan Desa Wisata Gebang.

Menurut Rarastoeti Pratiwi selaku DPL, sangat membanggakan karena hubungan mahasiswa KKN dengan warga Dusun Gebang masih terjalin erat meski di luar kegiatan KKN.

Ada sedikit perbedaan dari acara rutin tahunan, yaitu peluncuran Gabungan Pengusaha UMKM Gebang yang berani memamerkan produknya. Produk yang dipamerkan adalah hasil kerajinan tangan dari besi rongsokan yang diolah menjadi aneka pisau dan arit (pandai besi Jogja), Batu pijakan atau jalur taman dengan berbagai motif seni tinggi (Setapak 9), keranjang bambu unik, kotak kado unik (Lantira Craft) dan furnitur pinus (Bangkit). Hasil ternak yang juga menjadi salah satu andalan di Dusun Gebang adalah unggas langka antara lain burung unta, merak, pegar (Mahasvin Farm), budidaya tanaman zaitun (Setapak 9) dan melon hidroponik (negeri Indonesia). Produk kuliner yang dipamerkan adalah Bakpia Pathok 19 Gebang, Aneka Kue Basah dan Kering (Canela), Mie Bangkit dan Warung Masak Tua (Deltoid Goeboeg Pentjeng).

Kemeriahan acara puncak HUT RI ke-77 ini merupakan wujud semangat warga Dusun Gebang sebagai salah satu destinasi wisata di Desa Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Sebagai salah satu pendukung desa wisata, produk UMKM dusun Gebang ditetapkan menjadi bagian dari bisnis ekonomi kreatif yang nantinya mampu meningkatkan perekonomian warga, menurut Sasi BRI Cabang Ngemplak. Selain itu, Iwan Koesnadi dari PT Buntolo mengatakan kreativitas warga dalam menciptakan berbagai produk penting yang strategis seperti pisau, jalur taman dan furnitur dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mencari pasar yang lebih luas. (RedG/R/ KKN-PPM UGM)

Source: www.g-news.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button