PAD Ponorogo tidak memenuhi target pada pertengahan Desember - WisataHits
Jawa Timur

PAD Ponorogo tidak memenuhi target pada pertengahan Desember

PONOROGO, Jawa Timur (ANTARA) – Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Winarko Arief Cahyono mengakui pendapatan asli daerah (PAD) turun pada periode Januari hingga pertengahan Desember. tercapai pada tahun 2022 target belum tercapai.

“Banyak sektor yang belum tertarget, padahal capaiannya masih jauh,” ujarnya di Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu.

Ia mengatakan, hasil asesmen hingga pekan kedua Desember 2022 menunjukkan target PAD masih di bawah Rp 16,68 miliar.

Target yang ditetapkan sebelumnya adalah Rp 305,36 miliar. Namun, angka sebenarnya yang tercatat hingga akhir Desember 2022 adalah Rp 288,68 miliar.

Pendapatan terbesar masih berasal dari pajak kota dan retribusi. “Penerimaan sebesar Rp104,52 miliar tercatat untuk sektor pajak daerah terhadap target Rp97,53 miliar, melebihi target 107,18 persen,” ujarnya.

Masalahnya, ada beberapa aliran pendapatan yang masih jauh. Ia mencontohkan dari sektor retaliasi yang selama ini mencatatkan pendapatan Rp 12,15 miliar.

Pencapaian ini masih lebih rendah dari target yang ditetapkan sebesar Rp 15,55 miliar. “Baru 80,63 persen dari target,” katanya

Winarko mengaku saat ini sulit mendapatkan 100 persen. Terutama dari segi retribusi parkir yang baru mencatat pendapatan Rp 684 juta.

Pencapaian ini baru 57 persen dari target Rp 1,2 miliar. “Kita akui masih ada kekurangan tempat parkir, terutama parkir di jalan umum,” tambahnya.

Selain itu, retribusi Pasar Legi yang masih belum beroperasi dikarenakan status pasar yang selesai pada Februari 2021 belum diserahkan kepada Pemkab Ponorogo, sehingga Pemda setempat memiliki tidak berani ikut serta dalam pemungutan iuran.

Di sisi lain, kata dia, sumbangan PAD sektor pariwisata sudah melampaui target yang ditetapkan bahkan bisa melampaui 100 persen dan masih bisa ditingkatkan lagi karena masih ada momentum liburan Natal dan Tahun Baru.

“Masih ada kemungkinan bertambah. Masih bisa bertambah, apalagi nanti kalau rencana tahun baru, peresmian Air Terjun Menari atau Air Mancur di Kawasan Wisata Telaga Ngebel akan dilaksanakan,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button