5 kota terdingin di Jawa Barat, tetap sejuk meski musim panas - WisataHits
Jawa Barat

5 kota terdingin di Jawa Barat, tetap sejuk meski musim panas

5 kota terdingin di Jawa Barat, tetap sejuk meski musim panas

SurabayaNetwork.id – Jawa Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi tempat populer bagi masyarakat untuk berlibur ataupun tinggal disana.

Suasana beberapa daerah di Jawa Barat memang dikenal menyenangkan dan nyaman bagi masyarakat Indonesia.

Topografi Jawa Barat juga sangat beragam, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi pegunungan dan daerah perbukitan dengan sedikit pantai.

Kondisi ini membuat wilayah Jawa Barat terkenal dengan suasananya yang sejuk dan asri berpadu dengan pemandangan yang indah dan mempesona.

Jawa Barat sendiri memiliki 27 kotamadya yang beberapa di antaranya dikenal sebagai daerah yang sejuk bahkan dingin.

Baca Juga: 7 Makanan Legendaris di Surabaya, Dijamin Enak

Bahkan ada kabupaten yang suhunya mencapai 9 derajat Celcius saat musim dingin, seperti Garut, Bogor, dan Lembang.

Berikut ini adalah daftar kabupaten kota terdingin di Jawa Barat yang cocok untuk tempat tinggal yang sejuk dan nyaman.

1. Sumedang

Kawasan yang masih berdekatan dengan Bandung ini memiliki iklim dan suhu cuaca yang mirip dengan Bandung.

Hal ini karena Sumedang berada di kawasan Bandung Raya dan sudah memasuki musim kemarau sehingga hawa dingin menjadi cukup menyengat.

Sumedang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang tidak kalah ramai dikunjungi wisatawan, baik penduduk lokal maupun yang berasal dari luar kota Sumedang.

2. Garut

Wilayah Garut yang terletak di dekat pegunungan dan di dataran tinggi menjadikan Garut sebagai daerah yang sejuk dan asri dibandingkan dengan beberapa daerah lain di Jawa Barat.

Dikutip BMKG, Garut merupakan wilayah Jawa Barat yang mengalami tingkat uap air atmosfer yang cukup rendah di Indonesia bagian selatan dalam beberapa pekan terakhir, mengakibatkan radiasi gelombang panjang dari Bumi yang dapat menghangatkan lapisan bawah permukaan bumi. Atmosfer bumi, lepas ke luar angkasa.

Kondisi ini menyebabkan energi yang digunakan untuk memanaskan atmosfer di lapisan bawah menjadi lebih sedikit dibandingkan saat atmosfer memiliki kandungan uap air yang relatif tinggi, dan menyebabkan suatu daerah termasuk Garut menjadi lebih dingin.

Baca Juga: 6 Gudeg Paling Enak & Legendaris di Yogyakarta, Rasa Manis Asli di Mulut

3.Bogor

Kota ini disebut sebagai kota hujan oleh masyarakat dan merupakan salah satu kota terdingin di Jawa Barat.

Tak perlu menunggu malam, suhu udara siang hari di Kota Bogor juga terasa dingin. Cuaca di Bogor selalu sejuk meski terkena terik matahari.

Hal ini juga dikarenakan kawasan Bogor yang dekat dengan kawasan pegunungan menambah sejuk dan asrinya suasana di kota ini.

4.Sukabumi

Sukabumi juga masuk dalam daftar kota terdingin di Jawa Barat. Suhu di Sukabumi biasanya mencapai 18 derajat Celcius pada siang hari dan terasa cukup dingin pada malam hari dengan suhu di bawah 18 derajat Celcius.

Sukabumi juga dikelilingi oleh tiga gunung sekaligus yaitu Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Gunung Salak yang menjadikan kawasan ini asri dan sangat dingin terutama pada malam hari.

Sukabumi bisa Anda jadikan tempat tinggal yang nyaman saat berkunjung atau tinggal di Jawa Barat.

Baca Juga: 6 Bakso Paling Enak di Gresik dengan Kikil dan Tetelan Super Nikmat

5.Bandung

Bandung merupakan salah satu kota terdingin di Jawa Barat, tidak hanya masuk dalam daftar kota terdingin di Jawa Barat, Bangun juga masuk dalam daftar kota terdingin di Indonesia.

Bandung menjadi salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari luar kota maupun mancanegara, bukan hanya karena banyaknya tempat wisata yang unik dan menarik, tapi juga karena Bandung memiliki daerah yang indah dan sejuk.

Inilah daftar kota terdingin di Jawa Barat yang bisa dijadikan rekomendasi tempat menginap sejuk dan nyaman bersama keluarga dan orang tersayang.***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button