PAD Pemkab Ponorogo dari sektor pariwisata mencapai Rp 3,6 miliar - WisataHits
Jawa Timur

PAD Pemkab Ponorogo dari sektor pariwisata mencapai Rp 3,6 miliar

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO – Pendapatan daerah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur periode Januari hingga 11 Desember 2022 sekitar Rp 3,623 miliar.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi mengatakan, jumlah tersebut melebihi target yang ditetapkan sebesar Rp 2,51 miliar. “(Penjualan) kami melebihi target,” katanya, Senin (19/12/2022).

Menurut Edi, jumlah tersebut sangat mungkin bertambah. Hal itu mengingat masih ada tiga pekan lagi libur Natal dan Tahun Baru, di mana jumlah kunjungan wisatawan biasanya meningkat tajam dan bisa mencapai 50 persen, ujarnya.

“Jadi masih ada kemungkinan naik karena kita belum ada libur Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Edi menambahkan, target Rp 2,5 miliar tidak hanya berasal dari pajak sektor pariwisata.

Namun, ada sektor lain yang masih berada di bawah naungan Disbudparpora, seperti persewaan gedung kesenian, gelanggang olahraga remaja (GOR), stadion, kolam renang, dan gedung bulu tangkis.

“Tentunya sebagai destinasi wisata Ngebel masih menjadi andalan, tapi ada sarana dan prasarana kawasan yang disewakan untuk mendorong PAD ke depan,” ujarnya.

Ia mengakui kemiringan kasus COVID-19 berdampak besar pada PAD.

Karena di masa pandemi, kawasan wisata ditutup, sementara destinasi wisata saat ini sudah dibuka kembali, termasuk beberapa fasilitas infrastruktur yang juga diperbolehkan dibuka. “Tentu ada harapan bahwa pergerakan ekonomi akan terus berlanjut. Saat pandemi kemarin, dampaknya sangat terasa,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button