Obyek Wisata Magelang di Gunung Sumbing yang megah - WisataHits
Yogyakarta

Obyek Wisata Magelang di Gunung Sumbing yang megah

Nepal terkenal dengan latar belakang Gunung Everest yang menjadi latar foto kota Kathmandu. Sangat indah memang, perpaduan antara karya tangan manusia dan ciptaan Yang Maha Kuasa. Dalam film Fast and Furious V (Fast Five) yang menceritakan adegan Vin Diesel melaju kencang di tengah kawasan pemukiman padat penduduk di Brasil. Beginilah rupa Dusun Kebutuhan, juga dikenal sebagai Nepal van Java.

Rumah-rumah berjejer rapi, berwarna-warni dengan latar belakang Gunung Sumbing yang berdiri megah dan menambah eksotisme kawasan wisata ini. Berdiri 3.371 meter di atas permukaan laut, gunung ini tampak berdiri kokoh di tengah pemukiman yang berjajar rapi. Sehingga menjadi kombinasi foto yang pas. Nepal van Java terletak di Dusun Need, Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dapat dicapai dalam 1 jam 52 menit dari Kota Semarang, sekitar 102 km atau dari Kota Yogyakarta, sekitar 2 jam 6 menit atau hanya 64 km.

Tips Sebelum Mengunjungi Nepal van Java:

1. Kendaraan yang sangat baik.

Pastikan traveller menggunakan kendaraan yang cukup bagus atau bertenaga karena medan ditambah dengan lokasi Dusun Need di lereng Gunung Sumbing berbentuk tanjakan. Kondisi jalan yang terjal tentunya membutuhkan kendaraan kelas wahid, baik mobil maupun motor.

2. Siapkan drone atau perangkat dokumentasi yang dapat menangkap objek secara komprehensif.

Karena subjek foto cukup luas, ada baiknya wisatawan memiliki drone atau peralatan dokumentasi untuk mengabadikan keindahan Nepal van Java. Jika Anda tidak memilikinya, itu tidak masalah. Anda dapat mendaftarkannya secara terpisah.

3. Datanglah di pagi hari saat cuaca cerah.

Saat langit biru cerah juga mempercantik pemandangan berpadu dengan hijaunya Gunung Sumbing, dan penghuninya terlihat serasi. Cuaca cerah biasanya berkisar antara Mei hingga September.

Dulunya objek ini hanya sebagai jalur pendakian bagi pendaki gunung menuju Gunung Sumbing, namun kini warga sekitar telah mengubahnya menjadi kawasan wisata alam. Dengan tiket masuk Rp 10.000 kita bisa menjelajahi desa ini dengan berjalan kaki atau jika dirasa tidak terlalu kuat kita bisa menyewa jasa ojek dengan biaya Rp 35.000 per hari. Kita dapat pertanyaan di mana-mana dan membantu mengambil gambar. Di wilayah Nepal van Java juga terdapat penginapan di rumah-rumah penduduk.

Source: yoursay.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button