Habiskan akhir pekan di Yogyakarta dengan datang ke pasar Beringharjo, ada apa? - WisataHits
Yogyakarta

Habiskan akhir pekan di Yogyakarta dengan datang ke pasar Beringharjo, ada apa?

MEDIA JABODETABEK – Pasar Beringharjo adalah bagian dari Malioboro yang sayang untuk dilewatkan. Bagaimana tidak, pasar ini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun dan keberadaannya memiliki makna filosofis.

Pasar yang beberapa kali dipugar ini melambangkan fase kehidupan masyarakat yang masih berjuang untuk memenuhi kebutuhan ekonominya.

Selain itu, Beringharjo juga merupakan salah satu pilar “Catur Tunggal” yang terdiri dari Keraton, Alun-alun Utara, Kraton dan Pasar Beringharjo yang melambangkan fungsi ekonomi.

Kawasan pasar Beringharjo dulunya adalah hutan beringin. Tidak lama setelah berdirinya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tepatnya pada tahun 1758, kawasan pasar ini dimanfaatkan oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya sebagai tempat transaksi ekonomi.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Indonesia 31 Juli 2022, BMKG Peringatkan Hujan Deras Akan Turun di Sulut

Ratusan tahun kemudian, pada tahun 1925, tempat perdagangan ekonomi ini memiliki bangunan permanen hingga saat ini.

Nama “Beringharjo” mendapat nama ini dari Hamengku Buwono IX, yang berarti daerah tempat asal pohon beringin itu berdiri. Diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo).

Kini wisatawan memaknai pasar ini sebagai tempat berbelanja yang menyenangkan.

Pasar ini sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan dimana pasar ini menawarkan banyak oleh-oleh khas Jogja dengan harga yang sangat terjangkau, tidak hanya itu, kuliner yang ada di pasar ini menawarkan berbagai jenis oleh-oleh yang bisa anda pilih bersama keluarga atau teman.

Bagian depan dan belakang bangunan pasar di sebelah barat merupakan tempat yang menggoda lidah dengan jajanan tradisional atau jajanan tradisional.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata Unik Kabupaten Karo yang Sering Dibandingkan Negara Lain

Source: mediajabodetabek.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button