Nikmati liburan semester sambil belajar di Bandar Grissee - WisataHits
Jawa Timur

Nikmati liburan semester sambil belajar di Bandar Grissee

JawaPos.com- Bandar Grissee, kawasan wisata kota tua Gresik, dibuka Minggu (18/12) lalu. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno langsung hadir. Beberapa mahasiswa dan kelompok masyarakat mulai mengunjungi kawasan dekat pelabuhan Gresik.

Di antara pengunjung adalah siswa dari SMPN 1 Gresik. Tak kurang dari 320 mahasiswa memanfaatkan kegiatan Akhir Semester (KAS) dan berkunjung ke Bandar Grissee. Pertama, para siswa mengunjungi Kampung Pecinan. Di sinilah letak Klenteng Kim Hin Kiong di Jalan Setia Budi.

Anak-anak juga mendapat penjelasan tentang sejarah klenteng yang dibangun pada tahun 1153 Masehi ini. Para siswa juga mengunjungi Kampung Arab, Kampung Kolonial, dan Kampung Adat. Mereka juga tampak menikmati diri mereka sendiri sambil bersenang-senang.

Direktur SMPN 1 Gresik Beri Avita Prasetya mengatakan generasi penerus harus memiliki wawasan dan pemahaman tentang Bandar Grissee. Bukan hanya lokasinya tetapi nilai dan sejarahnya. “Kami berharap anak-anak mengetahui dan memahami bahwa Gresik memiliki cerita yang kuat,” ujarnya.

Selain itu, kata Beri, para mahasiswa juga mendapat penjelasan tentang sejarah multietnik di Bandar Grissee. Sejak saat itu, ternyata kerukunan antar umat beragama dan antar budaya tetap terjaga hingga saat ini. “Nilai toleransi ini juga bisa menjadi contoh yang baik bagi siswa,” imbuhnya.

Kunjungan ke Bandar Grissee ini dilakukan oleh seluruh siswa Kelas VII. Setelah mereka menyelesaikan ujian akhir (FH) 1. “Sambil menunggu hasil studi mereka, mereka kami gunakan untuk belajar di Bandar Grissee,” pungkasnya.

Penerbit : M.Sholahuddin

Reporter: Galih Wicaksono

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button