Pengamat: Ekosistem Industri Halal Di Indonesia Harus Komprehensif - ANTARA News Mataram - WisataHits
Jawa Timur

Pengamat: Ekosistem Industri Halal Di Indonesia Harus Komprehensif – ANTARA News Mataram

JAKARTA (ANTARA) – Direktur Indonesian Development and Islamic Studies (IDEAS) Yusuf Wibisono mengatakan ekosistem industri halal Indonesia perlu komprehensif untuk menjadi pusat industri halal dunia.

“Untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia, saya yakin langkah yang paling efektif adalah menciptakan ekosistem industri halal yang komprehensif,” katanya kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Yusuf menjelaskan, upaya menciptakan ekosistem industri halal yang komprehensif dapat dilakukan melalui sertifikasi halal yang meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya manusia (SDM). Ekosistem yang komprehensif ini juga dapat diwujudkan dengan mendukung pendanaan Syariah untuk industri Halal, mengembangkan kawasan industri Halal termasuk pusat penelitian Halal, hingga meningkatkan edukasi dan promosi Halal kepada masyarakat.

Dia mengatakan negara-negara lain, bahkan negara non-Muslim, telah gencar membangun ekosistem industri halal, seperti Thailand yang juga gencar mengejar visi menjadi pusat industri makanan halal dunia. Korea Selatan juga serius untuk menjadi pusat pariwisata halal dunia, sehingga Indonesia perlu bertindak cepat jika tidak ingin menjadi penonton di industri halal global.

Baca Juga: Dinas Perindustrian NTB Rancang Kawasan Industri Halal Terpadu
Baca Juga: NTB Pelajari Kawasan Industri Halal di Jawa Timur

Yusuf menegaskan, industri halal merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk membangun pemain lokal berbasis UMKM dan perekonomian nasional. Selain itu, berbagai merek asing ternama sudah mulai melirik pasar halal Indonesia, sehingga pemerintah perlu mengambil inisiatif cepat dan terukur untuk mempromosikan UKM halal Indonesia.

“Jangan sampai potensi pasar yang besar ini hanya dimanfaatkan oleh pemain besar bahkan pemain asing yang memiliki kekuatan modal besar tanpa perlu dukungan,” ujarnya.

Source: mataram.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button