Nataru Holiday, Jaringan XL Axiata siap menghadapi peningkatan trafik di Jabodetabek - WisataHits
Jawa Barat

Nataru Holiday, Jaringan XL Axiata siap menghadapi peningkatan trafik di Jabodetabek

MENYERANG – Jelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyiapkan jaringan 4G untuk mengantisipasi puncak trafik di wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek). Setiap tahun, masyarakat Jabodetabek memanfaatkan libur panjang Nataru dengan jalan-jalan dan mengunjungi pusat-pusat keramaian.

Penguatan jaringan data merupakan komitmen XL Axiata untuk memastikan layanan pelanggan yang maksimal selama musim libur panjang. Di Jabodetabek, jaringan 4G XL Axiata saat ini telah menjangkau setidaknya 3.334 kelurahan/desa dan 375 kecamatan di 22 provinsi/kota.

Group Leader XL Region Axiata Jabodetabek, Rd Sofia Purbayanti pada dasarnya mengatakan penguatan jaringan yang dilakukan XL Axiata tidak hanya untuk mengantisipasi puncak trafik saat libur panjang Nataru, namun akan kami sambungkan jaringan ke seluruh wilayah layanan di Jabodetabek Dengan peningkatan trafik telekomunikasi dan data yang terus meningkat.

“Penguatan jaringan berupa peningkatan kapasitas dan pembentukan fiber. “Penguatan jaringan di kawasan wisata di Jabodetabek juga sebagai upaya untuk membantu kelancaran program Proud to Travel in IndonesiaAja (BBWI) yang diusung pemerintah,” ujarnya, Sabtu (24/12/2022).

Di wilayah Jabodetabek, infrastruktur jaringan XL Axiata saat ini didukung lebih dari 28.800 BTS, termasuk lebih dari 12.900 BTS 4G. Untuk mengantisipasi peningkatan trafik pada libur panjang Nataru, XL Axiata menambah kapasitas jaringan menjadi dua kali lipat hari biasa. Layanan di wilayah DKI Jakarta termasuk Kepulauan Seribu didukung lebih dari 5.400 BTS 4G. Didukung lebih dari 1.400 BTS 4G di wilayah Kabupaten Bogor, termasuk tempat wisata Puncak.

Selain itu, XL Axiata telah menyiapkan tak kurang dari 15 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang membutuhkan peningkatan kualitas sinyal, terutama di kawasan padat seperti bandara, terminal bus, pelabuhan laut, dan tempat wisata.

XL Axiata juga bersiap jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang tidak terduga, seperti: bencana banjir, gempa bumi, dll yang berpotensi mengganggu aliran listrik ke BTS. Untuk itu, tim field service Axiata akan siaga 24 jam selama masa liburan ini, selain itu ada juga tim yang akan terus memantau kondisi jaringan di seluruh area layanan XL Axiata melalui Service Quality Monitoring Center XL Axiata – Pelanggan Experience and Service Operation Center (CE&SOC), yang berlokasi di kantor pusat di Jakarta.

Menurut Sofia, XL Axiata memperkirakan peningkatan trafik selama Nataru di wilayah Jabodetabek akan mencapai sekitar 2-3 kali lipat dibanding rata-rata trafik pada hari biasa. Pelanggan akan menggunakan berbagai layanan data, khususnya media sosial, untuk berbagi konten. Pelanggan juga diperkirakan akan mengakses lebih banyak layanan streaming, baik video, musik, maupun game yang membutuhkan kapasitas besar.

XL Axiata memperhatikan kawasan wisata populer yang biasanya ramai dikunjungi orang. Beberapa di antaranya adalah Kawasan Puncak, Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Pasir Putih di Pantai Indah Kapuk, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, Shopping Mall dan juga Wisata Laut Kepulauan Seribu. Selain itu, penguatan jaringan juga akan dilakukan di pusat kota, Pelabuhan Tanjung Priok, Bandara Halim Perdana Kusuma dan tol dalam kota, tol lingkar luar yang menghubungkan Tangerang – Merak dan tol Bandara Soekarno Hatta dengan Serpong baru. tol-Balaraja, serta tol Jagorawi dan tol Cikampek.

(Ril/Merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button