Revitalisasi Selesai April 2023, Lokananta Akan Menjadi Pusat Kreativitas dan Pariwisata Utama Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Revitalisasi Selesai April 2023, Lokananta Akan Menjadi Pusat Kreativitas dan Pariwisata Utama Solo

SOLO, KOMPAS. com – Studio rekaman pertama di Indonesia Lokananta di Solo, Jawa Tengah akan menjadi pusat kreativitas dan perdagangan para musisi, artis, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta tujuan wisata edukasi bagi masyarakat.

Kebangkitan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak sosial, pertumbuhan ekonomi dan pelestarian budaya Indonesia.

“Kementerian BUMN, ekosistem BUMN bersama Pemkot Solo mendukung revitalisasi Lokananta. kreatif dan simpul perdagangan untuk para musisi, artis, dan UMKM lokal,” kata Ketua Pelaksana (Direktur) Perusahaan Pengelola Aset (PPA) Yadi Jaya Ruchandi di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/11/2022).

Baca juga: Iringi Kebangkitan Lokananta Solo, Gibran: Konser Musik Digelar Setiap Bulan

Menurutnya, PPA mendapat mandat dari Kementerian BUMN untuk merevitalisasi dan mengembangkan Lokananta, aset Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

PPA bekerja sama dengan PT Indah Karya (Persero) sebagai konsultan perencana, kontraktor PP Urban, arsitek Andramatin dan M Bloc Group sebagai operator untuk bersama-sama melakukan revitalisasi aset Lokananta.

“Lokananta adalah ‘titik nol’ industri musik Indonesia, studio rekaman pertama di Indonesia berdiri tahun 1956,” katanya.

Baca Juga: Lokananta, Timeline Sejarah Musik Indonesia, Suara Asli Soekarno Masih Ada

Ia mengatakan, sebelum memutuskan untuk menghidupkan kembali PPA Lokananta, pihaknya melakukan studi mendalam dan studi kelayakan.

Pihaknya juga menargetkan revitalisasi Lokananta selesai pada April 2023.

“Karena bagi kami, BUMN bukan asal renovasi atau revitalisasi, tapi harus didukung model bisnis yang berkelanjutan‘ Yadis menjelaskan.

Direktur Utama (Direktur) PT Danareksa (Persero) Arisudono Soerono mengatakan pihaknya mendukung transformasi Lokananta untuk lebih mengembangkan industri musik nasional.

“Sesuai dengan semangat transformasi BUMN yang dilakukan selama tiga tahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, Danareksa berkomitmen mendukung kebangkitan Lokananta,” ujarnya.

Ia berharap Lokananta menjadi destinasi wisata seni yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Solo, khususnya para musisi dan UMKM lokal serta masyarakat sekitar.

“Kami berharap dan percaya, ke depan Lokananta akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan kota Solo dan sekitarnya. Dan bisa bermanfaat bagi para musisi dan tentunya masyarakat sekitar,” kata Ari.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button