6 Masakan Khas Jambi Ada Kari Burgo dan Talang - WisataHits
Jawa Barat

6 Masakan Khas Jambi Ada Kari Burgo dan Talang

TEMPO.CO, jakarta Jambi adalah nama sebuah provinsi di pulau sumatera. Berkunjung ke Jambi tidak akan lengkap tanpa mencoba kuliner khasnya. Terletak di sebelah timur pulau Sumatera, tidak heran jika di Jambi mudah ditemukan berbagai adat melayu, termasuk makanan khas melayu. Berbagai menu kuliner daerah juga tersedia, mulai dari yang asin, goreng hingga yang pedas.

1. Tempojak

Kuliner khas Jambi yang pertama adalah Tempoyak. Dengan diluncurkannya sman1muarojambi.sch.id, makanan ini juga sangat populer di daerah lain di Sumatera. Tempotak terbilang unik karena terbuat dari buah durian sebagai bahan utamanya. Daging buah durian ini kemudian difermentasi dengan dipadukan dengan rempah-rempah lainnya.

2. Gulai Tepek Ikan

Sekilas, jajanan yang satu ini mirip dengan Pempek Palembang. Sejak BadanBahasa.kemdikbud.go.id diluncurkan, gulai tepek ikan terbuat dari tepek ikan yang dicampur dengan kuah gulai. Masakan asli Jambi ini memiliki cita rasa rempah yang kuat. Gulai tepek ikan sering disajikan pada acara-acara publik besar seperti pernikahan, hajatan atau upacara keagamaan.

3. Lakso

Lakso dikutip dari repository.unj.ac.id dibuat dari bahan dasar berupa tepung sagu dengan bentuk menyerupai mie. Bentuk laksonya agak kental dengan warna putih. Lakso disajikan dengan santan atau digoreng seperti mie goreng. Agar lebih nikmat, lakso dengan sambal terasi harus ditambahkan saat makan.

4. Nasi Lemak

Jika Anda berkunjung ke Jambi, jangan lewatkan sajian Nasi Lemak. Dikutip dari BadanBahasa.kemdikbud.go.id, jajanan ini disajikan dengan lauk lainnya seperti teri goreng, kacang tanah goreng, dan tempe goreng iris kecil. Selain itu, telur juga bisa ditambahkan ke berbagai masakan seperti telur dadar dan diiris tipis, direbus atau digoreng dengan mata sapi.Rasa nasi lemak mirip dengan nasi uduk.

5. Burgo

Menu berikutnya yang bisa dicoba di Jambi adalah burgo yang sering dijadikan menu sarapan khas Jambi, menurut siswa.yai.ac.id. Burgo disajikan dengan kaldu ikan dan udang. Camilan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat. Sekilas, sebelum diiris, bentuk burgo menyerupai telur dadar gulung. Bedanya burgernya berwarna putih dan terbuat dari tepung beras.

6. kari talang

Nenek moyang warga kecamatan Mersam di Kabupaten Batanghari, Jambi mewarisi tradisi memasak gulai talang dan makan behidang yang masih lestari. Dulu, warga Mersam memasak makan siang, yang dalam bahasa setempat disebut talang, di kebun.

Mereka biasanya menyiapkan makan siang dari bahan-bahan yang tersedia di kebun, seperti bebek yang biasa dipelihara di kebun, atau ayam hutan dan rusa yang bisa diburu di sekitar kebun. Bumbu-bumbunya dasar, antara lain garam, bawang merah putih, cabai, ketumbar, jahe, kunyit, dan serai. Rasanya pedas dan segar.

NAOMY A.NUGRAHENI I SDA

Baca: Kari Asam Jawa Segar Tempoyak, Kuliner andalan Jambi

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button