Monumen botol kecap di puncak dihancurkan setelah 40 tahun - WisataHits
Jawa Barat

Monumen botol kecap di puncak dihancurkan setelah 40 tahun

Tugu botol kecap besar yang menjadi ikon kawasan wisata Puncak Cianjur telah dibongkar. Pembongkaran monumen botol 40 tahun karena berakhirnya masa sewa. Pengguna internet menyayangkan pembongkaran tersebut.

Pembongkaran monumen botol kecap terkenal di Indonesia ini viral di media sosial. Berbagai komentar terus bergulir di media sosial Instagram menyayangkan aksi pembongkaran tersebut. Berikut fakta pembongkaran monumen botol kecap:

Menjadi ikon wilayah Puncak

Monumen Botol Kecap di sudut Jalan Puncak Cianjur pertama kali didirikan pada tahun 1983. Awalnya lokasi Tugu Botol bernama Masjid Alley. Namun, setelah monumen itu didirikan, banyak orang menyebutnya sebagai gang botol kecap.

Seiring berjalannya waktu, warung kecap botol ini mulai terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Hingga akhirnya tugu tersebut menjadi ikon daerah tersebut.

Wisatawan yang melewati tikungan jalan puncak saat melihat tugu botol kecap berarti sudah dekat puncak bila datang dari arah Cianjur. Begitu juga sebaliknya, ketika Anda melewati celah dan bertemu dengan tugu botol kecap, berarti Anda sudah memasuki kawasan Ciloto Cianjur, dimana kontur jalannya menurun tajam.

Ilustrasi komentar beberapa netizen yang menyayangkan dibongkarnya botol kecap raksasa yang menjadi ikon di Puncak (Foto: Istimewa) Ilustrasi komentar beberapa netizen yang menyayangkan dibongkarnya botol kecap raksasa yang menjadi ikon di Puncak (Foto: Istimewa)

Komentar Netizen

Pembongkaran botol kecap raksasa itu juga disayangkan netizen karena menjadi ikon bagi wisatawan yang menuju kawasan Puncak.

Video viral itu dibagikan di beberapa media sosial. Bagi sebagian orang, botol tersebut bukanlah botol biasa, namun menyimpan sejuta kenangan.

Seperti yang dibagikan oleh akun @eko.heelambang yang mengunggahnya dengan layar musik yang bikin baper. Karena ada banyak kenangan di dalam botol kecap yang besar.

“Sampai jumpa di botol kecap,” kata seorang teman saya saat itu.

Ya, puncak ikonik itu kini resmi dibongkar setelah 40 tahun menjadi tempat pertemuan anak muda di puncak Bogor.

“Sedih banget ya,” tulisnya dalam keterangan video yang diunggah.

Dalam video yang beredar, terlihat sejumlah alat dan pekerja membongkar botol-botol besar satu per satu.

Pembongkaran tugu peringatan botol kecap dimulai kemarin pada Kamis, 28 Juli 2022. Momen pembongkaran leher botol memorial juga sempat diabadikan di media sosial dan menjadi viral. Beberapa petugas juga tampak sibuk memotong setiap bagian tugu dengan las listrik.

Sejumlah netizen pun berbagi pengalamannya dengan botol kecap. “Selamat tinggal,” tulis netizen.

Source: www.ngopibareng.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button