Mobil bisa mengemudi sendiri di bukit ajaib ini, ilusi atau sihir? - WisataHits
Jawa Tengah

Mobil bisa mengemudi sendiri di bukit ajaib ini, ilusi atau sihir?

Bukit ajaib atau magnetic hills tersebar di seluruh dunia. Pada titik ini, mobil dapat melaju secara mandiri. Bagaimana itu bisa terjadi?

Tempat-tempat yang tersebar di seluruh dunia sering disebut dengan Magic Hills atau Magnet Hills. Banyak fenomena aneh terjadi di tempat yang berbeda ini. Salah satunya adalah mobil yang melaju sendiri tanpa ditenagai oleh motor.

Di daerah seperti itu, mobil bisa berjalan menanjak ke puncak bukit. Tak hanya mobil, fenomena ini juga bisa didemonstrasikan dengan menggunakan botol air mineral. Botol ini mengalami kejadian yang sama seperti berguling ke atas bukit.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dilaporkan oleh euronews.travel, fenomena saat mobil dinyalakan tanpa ditenagai oleh mesin mungkin terdengar mustahil. Namun, ini bisa terjadi di lokasi Magic Hill.

Ini bukan karena pengemudi tidak terampil atau ada yang tidak beres dengan mobil. Namun, ini ternyata hanya ilusi optik.

Fisikawan material Universitas Negeri Pennsylvania Brock Weiss menjelaskan fenomena ini pada tahun 2006 dalam Discoveries and Breakthroughs in Science. Ia mengungkapkan, kondisi jalan atau medan yang landai membuat orang merasa seperti sedang menanjak.

“Daerah ini memiliki kemiringan yang sedemikian rupa sehingga memberikan kesan menanjak,” katanya.

Hal ini juga didukung oleh latar belakang alam 360 derajat. Membuat orang merasa seperti sedang melihat ke atas bukit ketika mereka benar-benar melihat ke bawah bukit.

“Anda benar-benar akan menurun, meskipun otak Anda memberi kesan bahwa Anda akan menanjak,” lanjut Weiss.

Meski bukan fenomena magis, ilusi optik ini merupakan pengalaman yang sangat menarik. Untuk merasakan pengalaman unik ini, traveler bisa mengunjungi salah satu bukit ajaib yang tersebar di berbagai wilayah dunia.

Salah satu Bukit Ajaib yang terkenal adalah Bukit Ajaib di Pegunungan Morne Irlandia Utara. Di perbatasan Irlandia, jalan ilusi ini juga ditemukan melewati Ben Bulben, County Sligo dan dekat Air Terjun Mahon di Pegunungan Comeragh.

Di Eropa, daerah seperti itu juga dapat ditemukan di Italia, Yunani, Jerman, Portugal, Rumania, Republik Ceko, dan Skotlandia. Di luar Eropa, fenomena ini dapat diamati di empat lokasi di Australia, dua di Brasil, sepuluh di Kanada, dan 27 di Amerika Serikat.

Selama berada di Timur Tengah, peziarah dapat mencoba objek wisata unik yang disebut Jabal Magnet atau Bukit Magnet. Saat mobil dalam posisi engine off, mobil bisa berakselerasi hingga 100 km/jam hingga empat kilometer dari titik di tempat ini.

Sedangkan di Indonesia sendiri dapat ditemukan di tiga wilayah yaitu Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, kemudian Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dan Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Tonton video Menikmati Keindahan Gunung Wayang dengan Paralayang
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button