Tol Bromo selesai 2023 - WisataHits
Yogyakarta

Tol Bromo selesai 2023

Harianjogja.com, JAKARTA– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi 4A Probolinggo Timur di Provinsi Jawa Timur. Jalan tol akan memudahkan wisatawan untuk menuju kawasan wisata Bromo.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, keberadaan Tol Paspro bisa mengurangi kepadatan sekitar 50 hingga 60 persen di jalan nasional Pasuruan-Probolinggo dan menjadi jalur akses alternatif jalur wisata Bromo-Tengger-Semeru Nasional. Kawasan Strategis Pariwisata (KSPN).

“Seksi 4A Probolinggo Timur masih dalam pengerjaan dengan progres 66,21 persen dan dijadwalkan selesai pada Maret 2023, dengan pembebasan lahan mencapai 97,4 persen dan Seksi 4B dari Gending Interchange berlanjut hingga akhir proyek sepanjang 3,8 km,” kata Danang. dalam keterangan resminya, Selasa (11/1/2022).

DIDUKUNG:

Kepresidenan G20 Indonesia, momentum pemulihan dunia dari krisis global

Tol Paspro memiliki total panjang 43,75 km dan terdiri dari 4 seksi yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km, Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km. Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 km dan Seksi 4B sepanjang 3,8 km.

BACA JUGA: Proyek Tol Probolinggo Banyuwangi Harus Dihentikan, Ini Penyebabnya

Seksi 1-3 sepanjang 30,3 km telah beroperasi sejak 2019 dengan pengelola Jalan Tol PT Trans-Jawa Paspro.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan keberadaan jalan tol yang menghubungkan kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara dan pelabuhan dapat menekan biaya logistik.

“Selain mendukung akses wisata, tol Paspro juga akan mempermudah mobilisasi kegiatan bongkar muat logistik di pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo. Selain itu, daerah sekitarnya seperti Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo Pasuruan dan Malang mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur,” kata Basuki.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: JIBI/Bisnis.com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button