Rekomendasi tempat wisata ramah anak dengan konsep edukasi dan hiburan - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi tempat wisata ramah anak dengan konsep edukasi dan hiburan

Gambar © Andriy Blokhin Shutterstock

Hari Anak dirayakan pada tanggal yang berbeda di berbagai negara di seluruh dunia. Jika Hari Anak Internasional ditetapkan setiap tanggal 1 Juni, maka Hari Anak Nasional (HAN) di Indonesia diperingati pada tanggal 23 Juli. Keputusan ini bertepatan dengan pengesahan Undang-Undang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979.

Peringatan HAN merupakan momen penting untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi seluruh bangsa Indonesia untuk menjamin terpenuhinya hak anak atas hidup, tumbuh kembang, dan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Tahun ini, peringatan HAN mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” sebagai motivasi agar pandemi tidak menyurutkan komitmen pengasuhan dan memastikan anak Indonesia mengatasi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan khusus, anak tetap tangguh pascapandemi.

Memperingati HAN juga bisa menjadi momen bagi orang tua untuk mengapresiasi anaknya, misalnya dengan mengajak mereka jalan-jalan ke tempat-tempat ramah anak dengan konsep edukasi dan hiburan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Taman Jatim

Taman Jatim |  @fastpixelart Shutterstockinformasi gambar

Taman Jatim | @fastpixelart Shutterstock

Salah satu tempat wisata yang cocok untuk bermain bersama anak adalah Jatim Park di Kota Batu, Jawa Timur. Terletak di dekat Kota Malang, Jatim Park menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur.

Terdapat museum, kebun binatang, taman bermain yang terbagi menjadi beberapa area yaitu Jawa Timur Park 1 (yang meliputi Body Museum dan Science Coaster Park), Jawa Timur Park 2 (museum satwa dan Batu Secret Zoo) dan Jawa Timur Park 3 ( Dino ), The Legend Star Park, Funtech Plaza, Museum Musik Dunia, dan Millennial Glow Garden).

Selain itu, ada juga Batu Night Spectacular, Eco Green Park, Museum Angkut, Body Museum, Predator Fun Park, Wisata Bahari Lamongan dan Kebun Binatang Maharani. Didirikan pada tahun 2001, Jatim Park bertujuan untuk membuat taman belajar dan rekreasi.

Pada tahun 2016, Jatim Park membuka museum tubuh bertajuk The Bagong Adventure. Pembangunan museum seluas 1,4 hektar ini merupakan kontribusi bagi dunia pendidikan. Ada koleksi mayat atau organ manusia yang diawetkan di museum. Ada juga Museum Angkut yang memiliki koleksi mobil lebih dari 300 jenis.

Ada beberapa wahana di Jatim Park 1 seperti Swimming Pool, Wall Climbing, Sky Ride, Superman Roller Coaster, Frog, Pipe House, Zuma Adventure, Water Boom, Mini Jet, Flying Tornado, Flying Fox, Sky Swing dan Mobil Remote Control.

Kemudian di Jatim Park 2 terdapat Batu Secret Zoo, Area Monkey World, Area Reptil, Nocturnal House, Area Aquarium, Area Savannah, Area Fantasy Land dan Happy Land serta Baby Zoo. Di Jatim Park 3 terdapat Dino Park, The Legend Stars, Fun Tech Plaza, World Music Museum, Millennial Glow Garden dan Circus Magic.

Petualangan Sherina, film anak-anak yang meninggalkan kenangan dan tak lekang oleh waktu

Kidzania

    Kidzania |  Wikimedia Commons informasi gambar

Kidzania | Wikimedia Commons

KidZania menawarkan kegiatan dengan unsur edukatif dan menghibur untuk anak usia 2 sampai 16 tahun. Dengan beberapa kantor di berbagai negara, Kidzania berlokasi di Indonesia di lantai 6 Pacific Place Mall di Jakarta.

Bangunan KidZania dirancang menyerupai rekreasi skala anak kota, lengkap dengan jalan raya dan berbagai fasilitas kota seperti rumah sakit, kantor polisi, supermarket, salon, dan pabrik.

Di KidZania, anak-anak dapat berperan sebagai orang dewasa. Mulai dari dokter, pilot atau awak kabin, arkeolog, kasir Bank, kasir mal, hakim, petugas polisi, koki, petugas pemadam kebakaran, petugas pompa bensin, ilmuwan, presenter, juru kamera, dan bahkan pekerja salon di ruangan yang dirancang seperti tempat kerja nyata.

Karakter Bung Karno yang Tanggal Lahirnya Pernah Hari Anak

Taman Edukasi Sindu Kusuma

    Taman Edu Sindu Kusuma |  kusuma-edupark.com informasi gambar

Taman Edu Sindu Kusuma | kusuma-edupark.com

Sindu Kusuma Edupark terletak di Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wahana menarik di taman hiburan ini antara lain Sanggul, Korsel, Kora-Kora, Miniatur Candi Borobudur dan Prambanan, Sepeda Mabur, Segway, Montor Tumbur, Panggon Lunjak dan Rumah Hantu.

Ada juga Disaster Room, wahana berbasis pendidikan yang mengajarkan anak-anak untuk memahami langkah atau tindakan pertama yang harus dilakukan ketika menghadapi bencana alam. Itu bahkan telah dilengkapi dengan simulasi langsung dari gempa bumi, angin topan dan angin topan, kebakaran, dan CPR (resusitasi). Wahana ini juga memuat film 3 dimensi tentang bencana alam.

Selain itu, ikon dari Sindu Kusuma Edupark adalah Cakra Manggilingan atau Kincir Ria yang tingginya 48 meter. Pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Yogyakarta hingga Gunung Merapi dari atas bianglala 24 kapsul.

Ada juga musik Omah dan materi ajar membatik Omah, dimana pengunjung bisa mengetahui lebih jauh tentang benda-benda bersejarah dengan penjelasan yang detail. Sedangkan fasilitas penunjangnya cukup lengkap, mulai dari loket penitipan bagasi, paviliun relaksasi, ruang makan, karaoke keluarga, dan lain sebagainya. Taman air.

Kondisi Kehidupan Anak di Indonesia dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan

planetarium

Planetarium Jakarta |  @Ginanjar Rah Widodo Shutterstockinformasi gambar

Planetarium Jakarta | @Ginanjar Rah Widodo Shutterstock

Planetarium adalah gedung teater yang mensimulasikan susunan bintang dan benda langit. Dengan atap berbentuk kubah setengah lingkaran, pengunjung planetarium dapat mengalami pergerakan benda langit dan sejarah alam semesta setiap malam dari berbagai lokasi di bumi. Planetarium ini terletak di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat.

Di ruang pameran terdapat sumber gambar dari proyektor yang memperagakan pergerakan benda-benda angkasa menurut waktu dan tempat. Pertunjukan untuk 60 juga mudah dipahami dan menampilkan narasi dan musik. Materinya juga bervariasi tergantung jadwal.

Topik yang dibahas meliputi tata surya, gerhana matahari dan bulan, penjelajah kecil di tata surya, galaksi kita adalah bima sakti, bumi planet biru, banyak bintang, bintang variabel, dari khatulistiwa hingga kutub, biografi bintang dan pembentukan sistem tata surya sistem.

Hari Anak Nasional sebagai kontrol kualitas orang tua dan anak

bom air bali

Bagi anak-anak yang suka berenang dan bermain seluncuran air, Waterbom Bali bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang tepat. Terletak di Jalan Kartika Plaza di Kuta, Waterbom Bali berjarak kurang dari 10 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Dibangun pada tahun 1993, Waterbom Bali merupakan kompleks taman dan kolam renang yang cocok untuk liburan keluarga. Meliputi 8 hektar, ada banyak tempat untuk dijelajahi. Beberapa atraksi yang bisa Anda nikmati adalah Jungle Ride, Splashdown, Macaroni Tube, Raft River, Bombastic, Pleasure Pool, Euro Bungy, 3 Kids Slides dan Climbing Wall.

Jika Anda menyukai tantangan dan seluncuran, Waterbom Bali memiliki 22 perosotan dengan jenis yang berbeda untuk anak-anak hingga dewasa. Terdapat juga 51 gazebo untuk bersantai sambil menikmati taman.

Yuk pelajari lebih dalam sejarah dan tujuan memperingati Hari Anak Nasional!

Source: www.goodnewsfromindonesia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button