Menurut Ganjar, Borobudur Creative Race 2022 akan membangkitkan pariwisata - WisataHits
Jawa Tengah

Menurut Ganjar, Borobudur Creative Race 2022 akan membangkitkan pariwisata

MAGELANG (ANTARA) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menengahi kegiatan Borobudur Creative Race (Brace) 2022 sebagai upaya untuk merevitalisasi pariwisata di kawasan Candi Borobudur yang sempat agak tercoreng selama pandemi COVID-19.

“Sinergi dan kerja sama terus kami lakukan dengan para pemangku kepentingan untuk mengembangkan kawasan Candi Borobudur sebagai salah satu dari lima daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia,” kata Ganjar di Magelang, Kamis.

Hal itu disampaikannya dalam sambutan tertulis pada pembukaan Brace 2022 yang dibacakan Kepala Dinas Prasarana dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jawa Tengah, Dadang Sumantri.

Menurutnya, kehadiran Brace 2022 merupakan wadah untuk berkreasi dan menginspirasi narasi. Seperti secercah harapan yang menambah daya tarik kawasan ini, sehingga semakin banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Dikatakannya, dengan tantangan, permainan dan metode literasi, partisipasi dan pengalaman, para peserta akan mengenal kawasan Borobudur bahkan menemukan potensi baru. Brace 2022 yang berfokus pada konten edukasi yang berkorelasi dengan Candi Borobudur dan unsur penguatan masyarakat sekitar, akan memberikan nilai lebih tidak hanya bagi wisatawan tetapi juga bagi masyarakat.

Candi Borobudur, Prambanan, Vice President Marketing & Sales PT Taman Wisata, dan Ratu Boko Pujo Suwarno mengatakan Brace 2022 merupakan bagian dari upaya memberikan atraksi bagi generasi muda, cara menggali, cara mengenali potensi yang ada Borobudur daerah.

“Jadi peserta tidak hanya melihat potensi yang ada di Zona 2, tapi juga di Zona 1, Zona 3 dan beberapa potensi lainnya. Saya yakin game-game yang disediakan akan menjadi tantangan dan dorongan bagaimana melakukannya berdasarkan pengalaman mereka. belajar lebih banyak tentang keragaman, kekayaan budaya, kekayaan potensi yang ada di masyarakat Borobudur, “katanya.

Menurutnya, Brace 2022 baru program pertama, ke depan akan dipilih daerah-daerah lain di koridor Yogyakarta Solo Semarang (Joglosemar) yang memiliki tujuan sangat banyak dan menantang.

15 tim, masing-masing dengan empat anggota, ambil bagian dalam Brace 2022. Saat pembukaan di Taman Lumbini, Candi Borobudur, mereka menyaksikan opera van Jatilan yang kemudian menjadi bahan pertanyaan dalam lakon panitia.

Peserta Brace 2022 diberhentikan oleh Kepala Dinas Prasarana dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jawa Tengah Dadang Sumantri. Kemudian mereka mengendarai mobil VW ke beberapa pusat ekonomi desa (balkondes) di kawasan Borobudur, dan di setiap balkon mereka harus menerima tantangan dari panitia. ***1***

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Ganjar: Borobudur Creative Race 2022 revitalisasi pariwisata

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button