Menteri PPPA mengapresiasi komitmen generasi muda terhadap pelestarian budaya - WisataHits
Jawa Barat

Menteri PPPA mengapresiasi komitmen generasi muda terhadap pelestarian budaya

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengapresiasi partisipasi generasi muda dan anak-anak dalam pameran seni lukis budaya “Me n’ The City” yang bertujuan melestarikan budaya Mitra Seni Indonesia (MSI).

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Mitra Seni Indonesia yang selalu peduli terhadap pelestarian dan pengembangan seni budaya Indonesia serta berupaya melibatkan anak-anak dan generasi muda yang dilakukan oleh MSI,” kata Bintang dalam keterangan resminya, Kamis. .

Pameran Me n’ The City menampilkan 100 lukisan karya anggota, kolektor dan komunitas seni lukis yang diselenggarakan pada 11-13 Agustus di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan.

kamiBaca Juga: Jelajah Jakarta Lewat Tinta di Galeri Nasional

Selain memamerkan lukisan, MSI juga menyelenggarakan workshop melukis di atas kain dan webinar tentang perawatan lukisan dengan pemulih Lia Sumichan, pemulih lukisan di istana presiden di Jakarta dan Bogor.

MSI juga mengadakan lomba lukis anak dan karya lukis produk fesyen bersama desainer anggota MSI seperti Ida Royani. Acara akan ditutup dengan Parade Seni Budaya MSI 2022 pada 14 Agustus 2022.

Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani Basri mengatakan, acara yang digelar dalam rangka HUT ke-15 MSI dan HUT RI ke-77 ini bertujuan untuk memberikan wadah apresiasi terhadap lukisan-lukisan zu member dan mempererat tali silaturahmi antar sesama komunitas seni lukis. Pameran ini juga merupakan kesempatan untuk mengajak generasi muda dan anak-anak untuk meningkatkan bakat dan keterampilannya dalam seni lukis.

Selain itu, pihaknya ingin mempromosikan segala bentuk seni lukis yang dapat memberikan dampak ekonomi sebagai salah satu subsektor industri kreatif di Indonesia.

Sebanyak 44 pelukis yang tergabung dalam MSI Painters, IWAPI (Ikatan Pelukis Indonesia), serta pemerhati dan seniman dari berbagai usia mengikuti kegiatan ini. Hasil penjualan lukisan akan disalurkan untuk mendukung lembaga dan infrastruktur seni anak-anak di Indonesia Timur dan kegiatan seni lainnya.

Sari mengatakan, MSI juga mengundang seniman dari Jelekong, Jawa Barat yang pernah mengikuti program residensi yang dilakukan MSI di bawah arahan maestro seniman Sunaryo, untuk menimba ilmu dan memperdalam teknik seni rupa kontemporer.
kami
Anda diundang untuk memamerkan karya terbaru Anda. Banyak pelukis baru bermunculan di Desa Jelekong melalui program residensi. Selain itu, bidang kegiatan seperti kuliner dan tari telah tumbuh di desa yang sekarang menjadi tujuan wisata.

“Sudah banyak turis dari dalam dan luar negeri datang untuk belajar melukis,” ujar Sari yang berharap MSI terus konsisten melestarikan seni dan mengembangkan seni budaya.

Baca Juga: Artis Bangkit dari Pandemi Lewat Jakarta Melayu Festival

Baca juga: Seniman Muda Menampilkan 18 Karya Pertunjukan di Fort Rotterdam

Baca Juga: ‘Terrupa Festival’ Hadirkan Karya Seniman NTF di Bali

Reporter: Nania Yuniar
Penerbit: Maria Rosencrantz Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button