Desa Puri Mataram, jadikan kehidupan desa sehari-hari sebagai paket wisata - WisataHits
Yogyakarta

Desa Puri Mataram, jadikan kehidupan desa sehari-hari sebagai paket wisata

KOMPAS.com – Kehidupan sehari-hari masyarakat pedesaan dapat menjadi daya tarik wisata. Di Desa Puri Mataram, misalnya, kehidupan sehari-hari dikemas dalam satu paket wisata.

Desa yang terletak di Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini menawarkan atraksi budaya dan adat istiadat setempat dengan nuansa Kerajaan Mataram.

Baca Juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Panjang

Keraton Yogyakarta merupakan bagian dari Kerajaan Mataram. Nuansa yang dibangun disana ada nuansa Mataram untuk pelestarian budaya, karena kreativitas masyarakat, akhirnya kami membentuk desa wisata,” kata Direktur Desa Wisata Puri Mataram Eko Gumati. Kompas.com pada travel fair Kompas 2022, Jumat (9/9/2022).

Atraksi budaya yang dipamerkan bagi pengunjung antara lain alat musik, wayang golek dan acara wiwi merayakan musim panen.

“Ada senam musik, senam tari, bisa juga ikut senam bersama masyarakat sekitar,” kata Eko.

Baca juga:

Selain itu, ada juga tempat-tempat bersejarah untuk dikunjungi, antara lain benteng, mata air dan pohon beringin besar untuk meditasi.

“Untuk wisata religi lebih ke budaya Jawa, ada mata air, pohon beringin besar, jadi cocok untuk meditasi, jadi bukan agama, agama apapun boleh bermeditasi di sini,” katanya.

Nikmati olahan tanaman pisang dan cabai

Saat mengunjungi suatu tempat, rasanya kurang pas jika tidak mencoba jajanan khasnya.

Desa Puri Mataram juga menyajikan aneka jajanan berbahan dasar olahan tanaman pisang, mulai dari hati hingga buah hingga batang.

Ada juga olahan sirup daun pisang dan sirup cabai hasil panen masyarakat.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button