Menjelajahi keindahan desa wisata Dewi Sambi - WisataHits
Yogyakarta

Menjelajahi keindahan desa wisata Dewi Sambi

JAKARTA, iNews.id – Kunjungan ke Yogyakarta tidak pernah membosankan. Kota yang disebut sebagai kota pelajar ini memiliki banyak keistimewaan lain untuk ditawarkan, dan bukan hanya untuk liburan. Seperti menikmati keindahan Yogyakarta dari salah satu puncak tertinggi yang bernama Tebing Breksi di Kabupaten Sleman, tepat di Desa Wisata Sambirejo.

Nah, untuk mencapai kawasan ini, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara dengan jarak 17 km dari kota Yogyakarta.

Dilihat dari sejarah awal Tebing Breksi, tempat ini dulunya merupakan kawasan pertambangan yang dikelola oleh masyarakat sekitar dan kini telah berubah menjadi objek wisata. Daya tarik utamanya adalah patung bekas tambang di Tebing Breksi.

Di dekat lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk digunakan sebagai bahan dekorasi bangunan. Di sana kamu juga bisa melihat pahatan relief alam bertema wayang dan naga raksasa, menjadikannya salah satu destinasi #PesonaIndonesia yang wajib masuk dalam bucket list kamu bersama keluarga.

Meski sempat ditutup pada awal pandemi, kini Tebing Breksi telah dibuka kembali dan siap menyambut wisatawan yang ingin berkunjung. Jangan lupa, buat kamu yang suka foto-foto, ada banyak spot foto Instagramable yang wajib kamu coba dan semua spot ini dibuat atas inisiatif komunitas Dewi Sambi.

Kaya akan kearifan lokal

Keberadaan Tebing Breksi menjadi daya tarik nyata tempat wisata di Desa Wisata Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman Yogyakarta. Maka jangan heran, kawasan ini dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata #WonderfulIndonesia yang menarik untuk dikunjungi dan Desa Wisata Dewi Sambi masuk dalam 50 besar desa wisata Indonesia Tourism Village Award 2021.

Desa Wisata Dewi Sambi merupakan desa yang masih alami dan kaya akan kearifan lokal, dengan banyak potensi dan daya tarik. Bagi Anda yang menyukai pengalaman yang mendebarkan, adrenalin Anda bisa terpompa dengan bermain off-road, yang juga menemani Anda menjelajahi kawasan dari candi hingga candi.

Melewati kawasan desa yang sejuk ini, hal pertama yang Anda lihat adalah Candi Barong. Candi ini memiliki ukiran Kala atau mirip dengan makhluk mistis Barongan dalam mitologi Jawa. Pura bergaya Hindu ini pernah digunakan sebagai tempat pemujaan.

Penerbit: Anindita Trinoviana

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: www.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button