Desa Wisata Dewi Sambi Prambanan Ikuti Lomba Juara Wisata - WisataHits
Yogyakarta

Desa Wisata Dewi Sambi Prambanan Ikuti Lomba Juara Wisata

harianjogja.com, SLEMAN – Desa Wisata Dewi Sambi Prambanan, Sleman DIY akan mengikuti program Tourism Champion untuk menaikkan kelas desa wisata di Indonesia. Dewi Sambi akan bersaing dengan tiga desa wisata lainnya di Indonesia.

Dewi Sambi akan bersaing dengan Desa Mulyaharja di Bogor, Desa Condet di Jakarta Timur dan Desa Kaki Langit Mangunan di Bantul. Program ini diselenggarakan oleh tiket.com bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menghormati pemangku kepentingan pariwisata.

“Program ini akan membantu menemukan solusi nyata atas permasalahan yang dihadapi oleh para penggiat pariwisata dan pemangku kepentingan serta memberikan kiat-kiat akurat untuk menjalankan bisnis pariwisata secara lebih cerdas,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), dalam siaran pers yang diterima. Jogja setiap hariKamis (8/4/2022).

Para pelaku ekonomi di keempat desa wisata ini saling bersaing dan menemukan strategi bisnis terbaik untuk memperebutkan hadiah dari empat kategori yang dipertandingkan. Ini termasuk Objek Wisata Terbaik, Homestay Terbaik, Souvenir & Kuliner Terbaik, dan Digital & Kreatif Terbaik.

Baca Juga: Sandiaga: Desa Wisata Bakal Juara

Gaery Undarsa, co-founder dan chief marketing officer tiket.com, mengatakan program bertajuk “Tourism Champion” ini dihadirkan untuk mengapresiasi pelaku pariwisata berkualitas di beberapa desa wisata di Tanah Air. “Kami perkenalkan seorang juara pariwisata yang ingin mencari dan menghargai para pelaku bisnis dan penggiat lokal yang berkualitas di beberapa desa wisata terpilih dalam Jaringan Desa Wisata (JADESTA),” ujarnya.

Pada acara pembukaan, Jagoan Wisata akan melakukan program pendampingan terintegrasi hybrid keempat. “Saat ini kami berkonsentrasi pada empat desa wisata yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif ini. Masing-masing memiliki kearifan lokal yang mewakili keragaman daerah di Indonesia,” kata Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com.

Selain mengikuti kompetisi, para finalis akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan yang disampaikan langsung oleh staf tiket.com. Program Tourism Champion sendiri membuka periode pendaftaran mulai 25 Agustus hingga 29 September 2022. Nantinya, pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah yang masih dirahasiakan hingga saat ini.

“Kami harap [Jagoan Pariwisata] bisa menjadi program moonshoot yang berkelanjutan, sehingga kita bisa langsung berkontribusi dalam penguatan pelaku pariwisata di desa wisata tersebut,” ujar Dudi.*

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button