6 permata tersembunyi dan tempat wisata viral di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

6 permata tersembunyi dan tempat wisata viral di Jogja

Yogyakarta

Berikut daftar tempat wisata di jogja terbaru yang banyak orang tidak tahu tapi viral di media sosial. Pembuat konten media sosial biasanya menggunakan istilah hidden gem untuk menyebut tempat wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui orang.

Ada istilah lingo baru yang kini banyak digunakan oleh pengguna media sosial yaitu Hidden Gems. Dikutip dari kamus online The Free Dictionary, permata tersembunyi berarti sesuatu yang kualitasnya luar biasa tetapi tidak terlalu populer atau tidak banyak diketahui orang.

Diringkas detikJateng Dari media sosial dan situs travel TripAdvisor, berikut beberapa hidden gems tempat wisata di Jogja yang viral dan wajib dikunjungi.

1. Museum Ullen Sentalu

Pertama ada Museum Ullen Sentalu yang berlokasi di Jalan Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Mengutip dari situs resmi ullensentalu.com, ada dua paket wisata yang ditawarkan pengelola museum, yakni Mataram Adiluhung Tour dan Vorstenlanden Tour.

Untuk Paket Wisata Adiluhung Mataram, pengunjung cukup membayar Rp 50.000 saja. Paket wisata ini mengajak pengunjung untuk menyelami budaya luhur Mataram melalui koleksi lukisan, foto, puisi dan batik yang diceritakan dalam dongeng.

Dalam wisata ini pengunjung juga akan belajar tentang darah bangsawan Mataram dan akan diajak memasuki kisah hidup mereka dalam dimensi lukisan, kumpulan puisi dan foto.

Harga paket wisata Vorstenlanden adalah Rp 100.000. Paket wisata ini mengeksplorasi sejarah kekuasaan tanah Jawa dan masa keemasan Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta melalui koleksi lukisan masterpiece Museum Ullen Sentalu.

Pada tour kali ini pengunjung juga akan singgah di Esther Huis, sebuah rumah bergaya India dengan koleksi Kebaya, Batik dan ornamen budaya India kuno yang mewakili akulturasi tiga budaya yaitu Jawa-Belanda-Tionghoa.

2. Pantai Timang

Pantai Timang adalah salah satu wisata permata tersembunyi Jogja. Pantai ini terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul.

Dikutip dari laman Visiting Jogja, salah satu wahana yang menjadi primadona di Pantai Timang adalah gondola. Gondola di Pantai Timang terbuat dari kayu akasia, puli dan tali yang kuat.

Hanya satu orang yang bisa mengisi gondola menuju Pulau Timang. Adrenalin pengunjung akan terasa naik gondola ini karena gondola ini mengajak pengunjung untuk meluncur turun sejauh 98 meter dengan ketinggian 9 hingga 11 meter di atas permukaan laut.

3. Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Jogja. Dikutip dari laman Visiting Jogja, Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang membutuhkan alat dan keahlian khusus untuk turun dan menjelajahi gua.

Untuk merasakan pengalaman turun ke Gua Jomblang, wisatawan yang tidak memiliki alat khusus cukup membayar sewa alat dengan kisaran harga Rp 450.000 hingga Rp 1.000.000. Harga tersebut sudah termasuk paket vertical caving dengan peralatan, guide dan makan siang.

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi terletak di wilayah Kabupaten Sleman, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, DIY. Lokasi tebing breksi ini dekat dengan tempat wisata Candi Prambanan.

Untuk menuju Tebing Breksi hanya berjarak 20 kilometer dari kota Jogja yang dapat ditempuh sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Untuk menikmati keindahan tebing Breksi wisatawan tidak perlu merogoh kocek yang dalam, biaya masuk ke tempat ini adalah Rp 5.000 per orang. Jam buka tempat wisata ini adalah setiap hari mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

5. Air Terjun Kedung Pedut

Selanjutnya ada Air Terjun Kedung Pedut. Dikutip dari website Dinas Pariwisata Kulon Progo, destinasi wisata Air Terjun Kedung Pedut ini terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Air terjun ini termasuk dalam kawasan Desa Wisata Jatimulyo.

Salah satu keunikan Air Terjun Kedung Pedut adalah warna airnya yang bening berubah menjadi hijau muda. Di sini pengunjung disuguhi aliran sungai dan beberapa spot foto yang bisa digunakan untuk fotografi. Tersedia juga wahana tambahan lainnya, seperti Flying Fox.

6. Jurang Tembelan

Destinasi tersembunyi di Jogja lainnya adalah Ngarai Tembelan. Jurang Tembelan terletak di Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul.

Salah satu ikon destinasi wisata ini adalah spot foto berupa perahu bambu. Perahu ini cukup besar untuk 3 sampai 5 orang di dalamnya.

Dari perahu ini pengunjung disuguhi pemandangan yang indah dan juga tempat yang pas untuk menikmati sunset.

Tonton video Mengunjungi Souq Waqif, pusat perbelanjaan tertua dan bersejarah di Qatar
[Gambas:Video 20detik]
(ah me)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button