7 Rekomendasi Wisata Dekat Candi Borobudur, Yuk Jelajah Bersama Orang Tersayang! : Wisata Okezone - WisataHits
Jawa Tengah

7 Rekomendasi Wisata Dekat Candi Borobudur, Yuk Jelajah Bersama Orang Tersayang! : Wisata Okezone

7 Rekomendasi Wisata Dekat Candi Borobudur, Yuk Jelajah Bersama Orang Tersayang!  : Wisata Okezone

Candi BorobudurMagelang, Jawa Tengah adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia dan merupakan salah satu keajaiban dunia.

Kuil Budha terbesar di dunia ini memiliki daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baik di sekitar Candi Borobudur Ada destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Anda bisa mengunjunginya bersama teman atau liburan bersama keluarga. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 7 di antaranya.

1. Museum Kapal Samudraraksa

Ada juga museum menarik yang bisa Anda kunjungi di dekat Candi Borobudur yaitu Museum Kapal Samudraraksa. Berikut adalah rekonstruksi ukuran penuh kapal Samudra Raksa.

Kapal ini berasal dari Dinasti Syailendra dan terukir di beberapa relief Candi Borobudur. Selain itu, di sini kamu khususnya anak-anak bisa belajar tentang sejarah bahari nusantara melalui wahana yang lebih asyik lagi.

Candi Mendut

(Foto: Instagram/@theresiaerna66)

2. Candi Mendut

Jika Anda tidak sempat ke Candi Borobudur, Anda bisa datang ke Candi Mendut yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur tepatnya di Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Tak jauh dari kompleks candi Mendut terdapat bangunan vihara Buddha yang dibuka untuk umum. Di dalamnya terdapat sebuah kolam yang dihiasi dengan bunga teratai yang bermekaran indah.

3. Pura Umbul

Jika Anda tidak sempat ke Candi Borobudur, Anda bisa mengunjungi Candi Umbul di Desa Kartoharjo Kecamatan Grabag yang berjarak sekitar 9,6 kilometer dari Candi Borobudur, atau lebih tepatnya ke arah Semarang.

Berbeda dengan candi lainnya. Menariknya, Pura Umbul merupakan tempat pemandian air panas peninggalan Dinasti Syailendra dan kini menjadi objek wisata di Kabupaten Magelang.

Pura Umbul

(Foto: Instagram/@candiumbul)

Selain itu, Pura Umbul memiliki dua kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran berbeda. Dan sebagian besar dinding kolam adalah batu andesit. Sumber air hangat tersebut berasal dari dasar kolam atau “mumbul” (umbul) dalam bahasa Jawa.

Berwisata ke Pura Umbul bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin bersantai bak bangsawan berendam air panas di tengah suasana desa yang asri.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

4. Bukit Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu juga tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar Gunung Merapi Merbabu.

Ada banyak spot foto yang tersedia bagi pengunjung langsung di atas perbukitan. Anda akan menikmati keindahan matahari terbit. Ada banyak spot foto yang Instagramable, seperti bagian love, bagian dating board, hingga bagian bunga warna-warni. Semakin populer sejak menjadi lokasi film AADC 2.

5. Pertahankan Pass

Di sekitar Candi Borobudur terdapat sejumlah objek wisata yang menyuguhkan pemandangan indah dari ketinggian, salah satunya Ketep Pass. Hotel ini terletak di Bukit Sawangan yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Di sini Anda bisa menikmati panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang memukau.

tetap lulus

(Foto: Instagram/@ketep_pass_magelang)

Selain itu fasilitas di Ketep Pass juga cukup lengkap. Berbagai fasilitas tersedia antara lain restoran, toilet, dan mushola. Jarak dari Candi Borobudur ke tempat yang satu ini hanya sekitar 45 menit saja.

6. Swargabumi

Selain itu, tempat wisata di sekitar Candi Borobudur adalah Svargabumi. Terletak di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang epik dan indah. Nuansa Svargabumi seperti di Ubud Bali, ada spot selfie dengan background sawah.

Selain itu pemandangan Pegunungan Menoreh juga tak kalah menarik. Lalu ada juga sekitar 22 spot selfie dengan background yang cantik, cocok untuk kamu yang suka foto alam.

7. Bukit Rhema

Bukit Rhema merupakan salah satu destinasi wisata di dekat Candi Borobudur yang bisa Anda kunjungi saat ke Magelang. Menariknya, disini terdapat gereja ayam yang merupakan bangunan tua dan menarik perhatian.

Alasan disebut Gereja Ayam karena bentuknya seperti ayam raksasa yang menetaskan telur di tengah hutan. Walaupun disebut gereja, ini bukanlah tempat ibadah bagi umat Kristiani, melainkan tempat ibadah bagi setiap agama.

Infografis Candi Borobudur

Arsitekturnya memang unik, serta pemandangan alam sekitar yang indah dan mempesona, jika beruntung Anda bisa melihat megahnya Candi Borobudur dari bukit Rhema ini. Banyak yang mengambil foto dan menjadi perhatian publik.

Apalagi setelah menjadi salah satu lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2), kawasan ini semakin menarik minat wisatawan yang ingin melihat keunikan bangunan tersebut. (tempat)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button