Menjelajahi 5 Bangunan Kuno Lasem, Little China di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Menjelajahi 5 Bangunan Kuno Lasem, Little China di Jawa Tengah

2. Kuil Bao An Bio

Candi ini tidak kalah tua dengan bangunan lain di Lasem. Di bagian depan candi terdapat deretan lampion dan dua patung singa yang dipercaya dapat mengusir keinginan jahat.

Kemudian di dalam candi ini terdapat tiga altar untuk berdoa. Selain itu, Anda dapat melihat lukisan dengan cerita rakyat di dinding.

Terletak di Karangturi, Kuil Bao An Bio didirikan untuk menghormati Kong Tik Cun Ong (Guangze Zunwang). Tidak diketahui kapan candi ini dibangun, tetapi dipugar pada tahun 1919 dan 1927.

3. Lawang Ombo

Lawang Ombo dibangun pada akhir abad ke-18. Pemiliknya adalah Lim Cui Sun, bong (makam, bertanda 1825) terletak di dalam kompleks rumah Lawang Ombo.

Rumah bergaya Fujian selatan dengan atap pas ini masih memiliki altar tempat abu Lim Cui Sun dan beberapa putranya disimpan, termasuk kapten laut Cina pertama di Lasem, Lim Ki Siong. Terletak di distrik Pecinan Soditan, di sebelah Kuil Cu An Kiong.

Lawang Ombo sering disebut sebagai rumah candu. Dulu, Lawang Ombo digunakan sebagai tempat penyelundupan opium di Pulau Jawa. Rumah ini memiliki luas dan gaya kuno campuran Eropa dan Cina.

Barang-barang yang digunakan di rumah ini juga barang-barang lama. Berikut adalah barang-barang antik seperti pipa pengasapan opium atau jangkar tua dari kapal yang dimiliki rumah opium.

Tempat wisata ini terletak di Jalan Sunan Bonang, Pereng, Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button