Keindahan Pura Mangkunegaran setelah dibersihkan untuk pernikahan Kaesang - WisataHits
Jawa Tengah

Keindahan Pura Mangkunegaran setelah dibersihkan untuk pernikahan Kaesang

Jakarta, CNNIndonesia

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono berlangsung pada Minggu (11/12/2022), di mana Candi Mangkunegaran akan menjadi tempat penerimaan.

Lokasi Candi Mangkunegaran berada di Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Candi ini hanya berjarak 2 kilometer dari stasiun kereta api Balapan Solo.

Candi Mangkunegaran sebenarnya adalah istana resmi Kadipaten Mangkunegaran sekaligus tempat tinggal para adipati Mangkunegaran. Belakangan ini, tempat ini dibuat semakin cantik dan cantik untuk upacara sakral pernikahan Kaesang dengan Erina.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Ketua Panitia Nikah Kaesang Erina Erick Thohir menjelaskan, Pura Mangkunegaran akan dihias dengan bunga dan berbagai detail tambahan untuk menerangi ruangan.

Citra Pura Mangkunegaran sebagai objek wisata utama di kota Solo yang indah dan bersejarah juga semakin berkembang. Dengan dekorasi yang ditambah nuansa adat tradisional Jawa, Pura Mangkunegaran siap hening untuk pernikahan Kaesang Erina.

“Lampu sudah diperbaiki, sehingga Pura Mangkunegaran ini tetap menjadi tujuan wisata yang menarik setelah pernikahan. Insya Allah Candi Mangkunegaran akan menjadi salah satu tempat wisata wajib di Surakarta untuk dikunjungi masyarakat,” kata Erick Thohir.





Candi Mangkunegaran Solo.  Arsip foto PLNCandi Mangkunegaran di Solo. (Foto: arsip foto PLN)

Seperti dikutip dari visitjawatengCandi Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said atau lebih dikenal dengan Pangeran Samber Nyawa yang kemudian menjadi Pangeran Mangkunegoro I.

Candi Mangkunegaran memiliki arsitektur Jawa kuno, Joglo, dengan semua bangunan terbuat dari kayu. Secara arsitektural, kompleks bangunan kuno ini memiliki bagian-bagian yang menyerupai keraton, seperti Pamédan, Pendapa, Pringgitan, Dalem, dan Keputrèn.

Di gedung ini juga terdapat museum yang bisa dikunjungi wisatawan. Sebenarnya Pura Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Mangkunegaran sekaligus tempat tinggal Adipati Mangkunegaran.

(www/www)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button