Zulkifli Hasan: Kenaikan BBM tidak mempengaruhi harga pangan - WisataHits
Jawa Barat

Zulkifli Hasan: Kenaikan BBM tidak mempengaruhi harga pangan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Perbesar

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan telah mengamankan 2.735,3 ton produk hewan olahan impor (susu bubuk skim, keju, protein whey dll) senilai sekitar Rs 120,5 miliar.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan Kementerian Perdagangan telah mengamankan hingga 2.735,3 ton produk hewan olahan impor (susu bubuk skim, keju, protein whey, dll) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Perdagangan (PKTN), senilai sekitar Rp120. .5 miliar.

Pengamanan tersebut merupakan hasil pengawasan Dinas Perdagangan di gudang penyimpanan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat berkunjung ke PT TK di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat hari ini (14 September).

Menurut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hal ini merupakan bukti komitmen Kementerian Perdagangan untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap importir yang menyalahgunakan kebijakan pengawasan di luar daerah pabean (setelah perbatasan).

“Dari kegiatan pemantauan ditemukan importir yang diduga melanggar Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20 Tahun 2021 terkait Kebijakan dan Peraturan Impor sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 25 Tahun 2022, yaitu mengimpor produk hewan olahan, tidak disertai dengan izin impor. Oleh karena itu, importir dan barang impor akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Rabu (14/4/2022).

Mekanisme pengawasan pos perbatasan akan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pemeriksaan dan Pengawasan Tata Cara Perdagangan Impor Setelah melewati Daerah Pabean (Post Border) dengan melakukan verifikasi kesesuaian antara impor izin yang dimiliki oleh pelaku usaha yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan dan barang impor.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button