Mencairnya es di kawasan bromo, suhu ekstrim mencapai 2 derajat celcius - WisataHits
Jawa Timur

Mencairnya es di kawasan bromo, suhu ekstrim mencapai 2 derajat celcius

MALANG, iNews.id – Kawasan wisata Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) beberapa hari terakhir diselimuti es. Fenomena ini terjadi karena penurunan suhu udara yang cukup ekstrim.

Kepala Sudin Data, Analisis, Pelaporan, dan Humas TNBTS, Syarif Hidayat menjelaskan, suhu udara di kawasan TNBTS saat ini berada pada kisaran 2 hingga 6 derajat Celcius. Fenomena embun beku ini sepertinya banyak ditemukan di kawasan TNBTS dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut ke atas.

“Kemacetan es ini terjadi pada pagi hari sebelum matahari terbit di sekitar Bromo dan Ranu Pani,” kata Syarif saat ditemui Malang di Universitas Brawijaya, Senin (25/7.2022).

Menurutnya, fenomena ice thawing sering terjadi antara Juli hingga Agustus. Bahkan, fenomena ini terjadi hampir setiap tahun selama bulan-bulan tersebut. Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada pengunjung untuk bersiap di tengah dinginnya suhu udara di kawasan Gunung Bromo.

“Selain fenomena tersebut, BB TNBTS menghimbau kepada pengunjung untuk menyiapkan pakaian hangat yang cukup seperti jaket dan sarung tangan. Kemudian makanan, minuman dan obat-obatan untuk mencegah kebutuhan fisik,” ujarnya.

Peramal cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi Karangploso Edythya Ferlani Wua mengatakan, fenomena penurunan suhu terjadi hampir di seluruh Jawa Timur akibat awal musim kemarau.

Penerbit: Kastolani Marzuki

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: jatim.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button