Memukau! Remaja Solo Ini Bisa Melukis di Media Karang Putih - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Memukau! Remaja Solo Ini Bisa Melukis di Media Karang Putih – Solopos.com

Memukau!  Remaja Solo Ini Bisa Melukis di Media Karang Putih – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Wildan Abimanyu, mahasiswa Institut Seni Indonesia Kota Solo, melukis di karang putih, Selasa (31/01/2023). (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, SOLO — Ruang untuk berekspresi ada di mana-mana. Demikian kata mahasiswa Institut Seni Indonesia Kota Solo, Wildan Abimanyu.

Berasal dari Solo, dibuktikan dengan garis-garisnya yang dicat di atas karang putih. Kegiatan melukis ini sudah ia lakukan selama sebulan terakhir.

Special Offers Penawaran spesial yang menarik, menginap di Loa Living Solo New Bisa nonton Netflix sepuasnya!

Wildan mengatakan lukisan batunya telah menjadi suvenir yang populer di kalangan anak-anak, baik lokal maupun asing.

“Kemarin ada orang Bali datang ke sini, lalu ada bule juga, tapi saya tidak tahu dari mana asalnya,” ujarnya saat ditemui di Don Art, Kemlayan, Selasa (31/01/2023).

Pos tunggal EMagz

Wildan melukis di atas media karang putih yang biasa ditemukan di pantai. Panjang dan lebar karang sekitar lima hingga sepuluh sentimeter. Dia melukis dengan alat kuas dan dasar Cat tipe arclic.

Menurutnya, rock painting paling mudah dilakukan dengan pola seperti kartun atau tokoh kartun. Mulai kartun Spongebob, Pattrik, Squidward, lalu hewan mirip lebah, panda. Kalau makanan seperti donat dan lain-lain.

“Diblokir atau menutupibanyak, atau motif secara sederhanabisa dilakukan secara bersamaan,” ujarnya.

Hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk membuat karakter seperti itu, dan dapat dibuat sekaligus. Setelah selesai, tetap kering selama beberapa jam.

Sedangkan lukisan yang cukup sulit biasanya membutuhkan waktu yang lama. Misalnya karakter seperti sketsa wajah dan gambar lain yang perlu detail.

Solopos interaktif

Untuk lukisan dengan kerumitan tinggi, biasanya dia harus menyelesaikan batu lebih lama dari lukisan karakter. Wajah-wajah yang pernah ia lukis di atas koral antara lain wajah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka; Presiden Joko Widodo; dan wajah pelanggan yang dipesan kebiasaan.

Batu ini bisa diletakkan di setiap sudut ruangan di rumah sebagai hiasan atau menempel di dinding setelah melubangi bagian belakang batu. Selain itu, lukisan karang putih bisa dijadikan sebagai kado ulang tahun atau souvenir untuk orang tersayang.

Produk-produk tersebut ditawarkan oleh Wildan mulai dari Rp 10.000 per item. Lukisan karang putih banyak dijual di Pasar Seni Solo di Ngarsopuro.

Melalui media ekspresi batu, Wildan merasa imajinya bisa disalurkan ke media apa saja. Sebelum menjadi pelukis koral, ia adalah seorang muralist dan mengikuti program Solo is Solo.

Sejak 2017, ia mulai mengenal dan menekuni seni lukis mural. Pada akhir tahun 2022 ia inovatif melukis di atas karang putih.

Periklanan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button