Melalui program Desa Wisata, Menparekraf Sandiaga mempromosikan peningkatan ekonomi warga Desa Wisata Tepus - WisataHits
Yogyakarta

Melalui program Desa Wisata, Menparekraf Sandiaga mempromosikan peningkatan ekonomi warga Desa Wisata Tepus

GUNUNGKIDUL, iNewsCilegon.id – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendapat sambutan hangat saat berkunjung ke Desa Wisata Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai bagian dari rangkaian program Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022.

Mereka juga disambut hangat oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan pemerintah setempat.

Rombongan Menteri Mas – sapaan akrab Menparekraf Sandiaga Uno – juga disambut penari Subomaggolo. Kemudian simak penjelasan 7 kategori penilaian ADWI oleh pengelola desa.

Setelah itu, Menteri Mas mengunjungi Pasar Tiban Desa Wisata Tepus yang menyajikan produk-produk desa yang berkualitas (masakan, fashion, kerajinan). Sembari berbelanja, Mas Menteri dan rombongan juga dihibur dengan seni unggulan Desa Tepus.

Menteri Mas mengatakan pada tahun 2021, Desa Nglanggeran di Gunungkidul terpilih sebagai desa wisata top dunia atau Desa Wisata Terbaik 2021 oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

“Tahun ini kami merasakan sensasinya di pantai, ada juga kerjasama dengan komunitas Jeep. Desa Wisata Tepus menjadi desa wisata global setelah Nglanggeran dan berdaya saing dalam jangka panjang,” ujarnya.

Sandi mengatakan, “Desa wisata yang tergabung dalam jaringan desa wisata unggulan Indonesia telah berhasil mendongkrak perekonomian daerah, membuka peluang usaha dan lapangan kerja.” Tahun lalu, peningkatan kunjungan ke desa wisata mencapai 30 persen.

Berbicara tentang potensi wisata: Desa Tepus yang berbatasan langsung dengan pantai selatan dengan topografi pegunungan sangat beragam.

Untuk menuju desa ini, dibutuhkan wisatawan roda 4 sekitar 2,5 jam dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Desa Wisata Tepus memiliki beberapa potensi wisata alam khususnya pantai. Di Desa Tepus sendiri terdapat 12 pantai yang bisa dikunjungi wisatawan, 6 diantaranya dikenal dengan sebutan Virgin Beach karena masih sepi dan belum banyak yang mengetahuinya.

Pantai Desa Wisata Tepus antara lain: Pantai Sundak Timur, Pantai Somandeng, Pantai Pulangsawal (Indrayanti), Pantai Trenggole, Pantai Watulawang, Pantai Poktunggal, Pantai Dawut, Pantai Watunene, Pantai Seruni, Pantai Sengkan, Pantai Beling dan Pantai Cluwakan. Untuk mengunjungi pantai ini, wisatawan hanya dikenakan biaya pulang pergi sebesar Rp 10.000.

Source: cilegon.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button