Masyarakat Bogor memperingati Hari Sumpah Pemuda untuk Perubahan Iklim - WisataHits
Jawa Barat

Masyarakat Bogor memperingati Hari Sumpah Pemuda untuk Perubahan Iklim

Bogordaily.net – Masyarakat Bogor bergotong royong mengajak mahasiswa, mahasiswa dan pemuda untuk terlibat dan melakukan aksi nyata terhadap perubahan iklim sebagai pendorong memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Minggu, 30 Oktober 2022.

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober selalu menjadi refleksi dan momen untuk mengisi ulang semangat pemuda.

Melakukan kegiatan Fun Bike for Climate dengan mengundang berbagai Komunitas Bogor seperti Young On Top Bogor, Local Guide Bogor, Galang Teduh, Google Crowdsource Bogor, Urban Sakola, CPROCOM Green and Social Movement, Sharp Generator, SMA Kornita dan BEM Kementerian Lingkungan Hidup KM IPB Mengajak 50 pemuda untuk mengunjungi destinasi ekowisata Kota Bogor seperti Hutan Cifor dan Situ Gede, kemudian belajar tentang pertanian organik di Patani Organik.

Andre Akbar, project leader Fun Bike for Climate, mengatakan kegiatan multikomunitas ini digagas oleh Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) bekerja sama dengan Bogor Ngariung, sebuah forum komunitas aktivis perubahan di Bogor, dengan dukungan dari PT Sharp Indonesia. CPROCOM, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dan Perumda Pasar Pakuan Jaya.

Aksi bersama ini dapat diwujudkan melalui kerjasama KRKP dan Bogor Ngariung yang bersinergi dalam kampanye dan aksi bersama perubahan iklim, ujar Andre.

Andre yang juga Wakil Ketua YOT Bogor dan Manajemen Bogor Ngariung menambahkan, Fun Bike for Climate merupakan upaya kolaboratif untuk mengajak generasi muda mendalami peran Hutan Cifor dan Situ Gede sebagai benteng pertahanan alam dalam menghadapi pemanasan global dan iklim untuk mengenali perubahan.

“Kami sengaja melakukan kegiatan yang menyenangkan dengan mengunjungi destinasi ekowisata agar anak muda tertarik dengan isu perubahan iklim dan ikut serta dalam perlindungan lingkungan untuk mengatasi perubahan iklim. Destinasi-destinasi tersebut merupakan rute paket Wisata Baik Heritage Local Genius,” imbuhnya.

Peserta Fun Bike for Climate juga diajak mengunjungi destinasi ekowisata di Bogor dengan bersepeda untuk mengurangi emisi karbon. Selain itu, peserta Fun Bike for Climate diajak untuk belajar bertani di lahan pertanian organik Patani.

Pertanian organik sendiri merupakan kegiatan pertanian organik yang memanfaatkan lahan kosong di tengah kota. Terletak di bypass Perwira, Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Patani Organic secara konsisten bergerak dalam kegiatan pertanian dengan konsep ekologis sejak tahun 2005, meskipun terletak di antara bangunan tempat tinggal, rumah kos dan apartemen.

Di Patani Organic, peserta Fun Bike for Climate mendapatkan penjelasan tentang pertanian organik dari Pak Pandi. Pak Pandi menjelaskan bahwa ia memilih konsep organik karena ia memikirkan konsumen yang menikmati produk olahan.

“Pertanian organik adalah pertanian yang swasembada dan tidak menggunakan bahan kimia. Saya memilih konsep agar orang yang menikmati makanan saya bisa sehat dan negara juga sehat,” katanya.

Usai berkeliling ke berbagai lokasi dengan bersepeda, para peserta Fun Bike for Climate kembali ke Bambukeun Cafe untuk hiburan dari Grup Musik Akar Bambu dan talkshow tentang peran pemuda dalam isu iklim.***

Mutia Dheza Cantika

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button