Tiket dan Pesona Negeri Di Atas Awan Dieng - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Pesona Negeri Di Atas Awan Dieng

Tiket dan Pesona Negeri Di Atas Awan Dieng

Harga tiket masuk Negeri di Atas Awan: Rp 5.000 – Rp 20.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Dieng No.31-42, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia, 53456.

Negeri Di Atas Awan Dieng merupakan kompleks wisata yang terletak di dataran tinggi Dieng. Lokasinya berada di antara dua kabupaten di Jawa Tengah, yakni Wonosobo dan Banjarnegara. Untuk kawasan sisi barat Kabupaten Banjarnegara, tempat wisata ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Kekuatan pegunungan Sindoro dan Sumbing menyatu dengan perbukitan di sekitarnya menjadi sajian yang memanjakan mata. Selain keindahan alam, di kawasan ini wisatawan juga bisa melihat bangunan bersejarah yaitu Candi Arjuna.

Jika berkunjung ke Negeri di Atas Awan, wisatawan juga berkesempatan menyaksikan panorama megah Golden Sunrise. Pemandangan alam pedesaan dengan udara yang segar dan bersih membuat setiap orang betah berlama-lama di tempat ini. Selain itu, ada juga hostel cantik dengan konsep pedesaan di kaki pegunungan. Tak ayal negeri di atas awan sering jadi pilihan bulan madu.

Harga Tiket Masuk Negeri Dieng Banjarnegara Diatas Awan

Karena merupakan kompleks dengan banyak objek wisata, harga tiket di tempat ini sangat beragam. Wisatawan dapat memilih tempat yang ingin mereka kunjungi. Namun rata-rata harga tiketnya tidak jauh berbeda dan sangat terjangkau.

Biaya masuk
Tiket masuk ke Candi Arjuna Rp 20.000
Tiket masuk ke Danau Merdada Rp5.000
Tiket Masuk Kawah Sikidang Rp 20.000
Tiket masuk ke Batu Pandang Dieng Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk SIKUNIR HILL Dieng dan Kegiatannya

Jam buka

Wisatawan bisa mengunjungi tempat ini kapan saja karena buka setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik untuk datang ke kompleks wisata ini adalah pada pagi hari. Di pagi hari, pemandangan akan lebih indah dan udaranya begitu segar.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Wilayah dataran tinggi dengan banyak pesona

Keindahan kawasan pegunungan Negri di atas awan DiengPesona dataran yang membentang di atas awan. Foto: Gmaps/Rubiarti Ligita

Tempat wisata ini sudah lama menjadi primadona di Jawa Tengah. Keindahannya yang luar biasa mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah, termasuk mancanegara. Berada di ketinggian 2.093 mdpl, kawasan ini didominasi oleh pegunungan dan perbukitan. Sejauh mata memandang, terhampar pemandangan hijau yang menyegarkan. Pada waktu-waktu tertentu di daerah ini juga akan terjadi fenomena embun. Embun yang menutupi tanah membuatnya tampak seperti salju.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona TELAGA WARNA Dieng

Suasana sejuk di Telaga Merdada

Telaga di Perbukitan Negri di Atas Awan DiengPesona danau ini dikelilingi perbukitan hijau. Foto: Gmaps/Ahmad Sudibyo

Memiliki luas minimal 25 hektar, danau ini memiliki keunikan tersendiri. Air yang ada adalah tangki air hujan. Jadi untuk menikmati keindahan kawasan ini, wisatawan harus datang pada musim hujan. Karena jika kering, cekungan danau mengering dan tidak terisi air.

Pemandangan yang mengelilingi kawasan danau begitu menyejukkan mata. Deretan perbukitan dengan tanaman lokal di kanan kirinya menambah eksotisme tempat ini. Dua bukit yang paling terkenal di kawasan ini adalah Bukit Pangonan dan Bukit Semurup. Di sini, wisatawan bisa bersantai sambil menikmati keindahan Danau Merdada yang luar biasa.

Baca: TELAGA MENJER Dieng: Tiket Masuk dan Pesona

Kunjungan ke Candi Arjuna

Di kompleks wisata Negeri Di Atas Awan Dieng ini terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Candi Arjuna. Diperkirakan candi ini didirikan pada abad ke-9 Masehi dan merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno. Berada di kawasan perbukitan dan memiliki lima buah candi membuat Candi Arjuna menjadi salah satu tempat favorit di kawasan Dieng. Pesona arsitektur candi yang dipadukan dengan pemandangan alam yang menawan menjadi sajian mewah yang sayang untuk dilewatkan.

Hal menarik lainnya adalah upacara pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Budaya unik ini juga yang membuat Dieng menjadi tempat favorit wisatawan mancanegara.

Baca: Tiket Masuk CANDI ARJUNA dan Aneka Pesonanya

Pemandangan dekat Kawah Sikidang

Kawah yang masih menyemburkan material vulkanikDi Kawah Sikidang, wisatawan dapat melihat dari dekat lubang kawah yang mengeluarkan asap vulkanik. Foto: Gmaps/Ana Era Putri Lutfiana

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang masih aktif dan mengeluarkan gas dengan aroma belerang yang menyengat. Di sini, wisatawan bisa melihat kawasan kawah dari dekat. Ada beberapa lubang kawah di sekitar sini. Namun, daya tarik utamanya adalah kawah yang lebih besar. Wisatawan harus berjalan sekitar 1 km dari pintu masuk untuk melihat kawah.

Biasanya banyak wisatawan yang menguji panasnya lubang kawah dengan mencoba memasukkan telur mentah ke dalam lubang. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit, maka telur akan langsung matang.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona KAWAH SIKIDANG Dieng

Keindahan pemandangan dari sudut pandang Tieng

Matahari terbit yang indah di DiengDari Pos Tieng Pandang, wisatawan bisa menikmati momen sunrise yang sangat eksotik. Foto: Gmaps/Bagas Septian

Tempat menarik lainnya di Dieng Diatas Awan adalah pos pengamatan untuk melihat pemandangan sekitar. Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit. Berbagai pemandangan indah bisa dilihat wisatawan dari atas pos pengamatan.

Di sebelah timur, pemandangan perbukitan dengan kabut pagi memanjakan mata. sedangkan ke arah selatan, kekuatan Gunung Sindoro akan terlihat jelas. Di pagi hari, wisatawan bisa merasakan sensasi berada lebih tinggi dari awan. Hal ini pula yang membuat kawasan ini mendapat julukan Bumi di atas awan.

Baca: Aktivitas dan Tiket Masuk Tieng View Post

Instalasi di negeri atas awan Dieng

Sebagai objek wisata utama, kawasan Dieng di atas awan memiliki fasilitas yang lengkap. Di setiap kawasan wisata terdapat kantong parkir, toilet, mushola, kios hingga warung makan. Akses ke setiap spot juga sangat bagus.

Lokasi negeri di atas awan Dieng

Obyek wisata ini terletak di Jl. Dieng No. 31-42, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari pusat kota Banjarnegara cukup jauh, sekitar 48 km dan bisa memakan waktu satu setengah jam. Ini karena lokasinya berada di perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button