Masjid Al Jabbar Bandung: Fasilitas dan Aturan Berkunjung - WisataHits
Jawa Timur

Masjid Al Jabbar Bandung: Fasilitas dan Aturan Berkunjung

Masjid Al Jabbar Bandung: Fasilitas dan Aturan Berkunjung

Ada tempat ibadah sekaligus wisata religi baru di Bandung. Namanya Masjid Raya Al Jabbar. Destinasi wisata ini diresmikan pada Desember 2022. unik, Masjid Al Jabbar Bandung dirancang langsung oleh Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil.

Bangunan Masjid Al Jabbar Bandung sangat megah dan berada di tengah kolam. Sedangkan bagian dalam masjid terlihat mewah dan terasa teduh serta menyejukkan. Jika penasaran dan tertarik untuk berwisata ke sana, simak dulu informasi wisatanya di bawah ini.

Lokasi Masjid Al Jabbar di Bandung

Masjid Al Jabbar Bandung: Lokasi, Fasilitas dan Aturan BerkunjungMasjid Al Jabbar Bandung (ANTARAFOTO / Masjid Al Jabbar Bandung)

Masjid Al-Jabbar Bandung terletak di Jalan Cimincrang No. 14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, menurut situs resmi Kota Bandung. Tempat ibadah ini disebut juga masjid terapung karena berada di tengah kolam.

Luas pembangunan Masjid Al-Jabbar Bandung sekitar 25 hektar. Kapasitas jemaah untuk beribadah bisa mencapai 10.000 untuk wilayah tersebut dalam dan 20.000 di area Plaza. Wah, banyak, ya!

Baca Juga: 9 Masjid Rancangan Ridwan Kamil Cocok untuk Wisata Religi

Fasilitas di Masjid Al-Jabbar Bandung

Masjid Al Jabbar Bandung: Lokasi, Fasilitas dan Aturan BerkunjungMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Masjid Al Jabbar Bandung memiliki sejumlah fasilitas yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, wisata religi, dll. Berdasarkan akun media sosial @humas_jabbar, beberapa fasilitas yang ada di Masjid Al Jabbar Bandung adalah sebagai berikut:

1. Ma’Rodh

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Fasilitas Masjid Al Jabbar Bandung yang pertama adalah Ma’rodh. Bagi yang belum tahu, ini adalah ruang pameran atau museum pameran. Sesuai amanat Ridwan Kamil, masjid ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai lembaga pendidikan dan sosial.

2. Taman Hiburan 25 Nabi dan Rasul

Masjid Al Jabbar di Bandung juga dikelilingi taman bertema dengan 25 nabi dan rasul, lho! Salah satunya adalah Taman Nabi Adam, Taman Nabi Ibrahim dan Taman Nabi Yunus. Wah, menarik sekali, hm!

3. Penambahan Fasilitas Masjid Al-Jabbar Bandung

Selain itu, destinasi wisata religi di Bandung ini juga memiliki sejumlah fasilitas tambahan. Beberapa di antaranya seperti tempat parkir, alun-alun timur, dan alun-alun pengintai.

Aturan Mengunjungi Masjid Al Jabbar di Bandung

Masjid Al Jabbar Bandung: Lokasi, Fasilitas dan Aturan BerkunjungMasjid Al Jabbar Bandung (google.com/maps/cep budhi darma)

Bagi masyarakat yang berminat mengunjungi Masjid Al Jabbar di Bandung, ada beberapa aturan yang harus diikuti. Beberapa aturan saat mengunjungi Masjid Al Jabbar:

  • Berhati-hatilah dengan batasan sakral, terutama saat melepas sandal atau sepatu
  • Dilarang makan dan minum di area masjid
  • Dilarang tidur di area masjid
  • Pengunjung diharapkan membawa plastik untuk alas sepatu atau sandal
  • Dilarang berjalan di atas rerumputan di kawasan Masjid Raya Al Jabbar
  • Area kolam tidak digunakan untuk berenang
  • Dilarang merusak fasilitas di dalam kawasan Masjid Raya Al Jabbar
  • Anda tidak diperbolehkan membuang sampah atau membawa sampah Anda sampai Anda menemukan tempat sampah
  • Waspadai barang-barang pribadi dan anak-anak saat berkunjung.

Nah itulah informasi tentang Masjid Al-Jabbar Bandung yang menjadi salah satu hits wisata di kota kembang tersebut. Selain untuk beribadah, masjid ini juga bisa dijadikan objek wisata religi lho! Namun, jika Anda tertarik berwisata ke destinasi menarik lainnya, baca rekomendasinya di bawah ini kali IDN.

Baca Juga: 10 Masjid Unik di Pulau Jawa Cocok untuk Wisata Religi Ramadan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button