Agrowisata Petik Jambu Kristal Demak, hasil dari niat Sayudi untuk menanam jambu biji sebagai pengganti padi. - WisataHits
Jawa Tengah

Agrowisata Petik Jambu Kristal Demak, hasil dari niat Sayudi untuk menanam jambu biji sebagai pengganti padi.

Agrowisata Petik Jambu Kristal Demak, hasil dari niat Sayudi untuk menanam jambu biji sebagai pengganti padi.

TRIBUNJATENG.COMDEMAK – Keputusan beralih dari budidaya padi ke perkebunan jambu kristal mendorong Sayudi, warga Desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kegubernuran Demak, Provinsi Jawa Tengah membuka usaha agrowisata petik jambu kristal.

Diketahui, banyak warga Desa Jerukgulung yang lebih memilih menjadi petani padi, namun Sayudi memutuskan untuk mencoba hal lain.

Didorong oleh keinginan itu, Sayudi yang sebelumnya juga menanam padi, namun di awal pandemi 2019, berupaya mengubah lahan miliknya menjadi perkebunan jambu kristal.

Akhirnya dengan kerja keras dan tekad Sayudi membuahkan hasil yang cukup memuaskan, bisa dibilang Sayudi memanen jambu kristal hampir setiap hari.

“Menanam jambu kristal butuh waktu 2 tahun dan hanya 6 bulan dari tanam sampai berbuah. Sejauh ini kami sudah panen sekitar 6 ton,” kata Sayudi kepada Tribunjateng, Kamis (2/2/2023).

Perkebunan Jambu Kristal Sayudi terletak di Desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.Perkebunan Jambu Kristal Sayudi terletak di Desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. (TRIBUNJATENG/TITO ISNA UTAMA)

Melihat hasil yang dicapai, pihaknya juga ingin mengajak anggota masyarakat lainnya untuk mengikuti langkah yang telah dilakukannya.

“Kami ingin merubah pola pikir masyarakat, kami yang berani beralih dari pertanian ke perkebunan karena konsep perkebunan lebih menjanjikan,” ujarnya.

Sayudi saat ini memiliki lahan perkebunan sekitar 7 hektar dimana tersedia 4 jenis jambu kristal yaitu kristal madu, kristal putih, kristal merah dan kristal pala Swimik.

Sayudi bisa memanen 3 hingga 4 kwintal jambu kristal dalam sehari.

Ukuran buah Sayudi cukup besar, buah grade A beratnya bisa mencapai 4-5 ons dan ukuran buah bisa mencapai 7-8 cm, untuk grade B biasanya beratnya 2,5 – 3 ons.

Perkebunan Jambu Kristal Sayudi terletak di Desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.Perkebunan Jambu Kristal Sayudi terletak di Desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. (Tribun Jateng/Tito Isna Utama)

Sayudi graded jambu kristal untuk grade A hanya Rp 25.000, untuk grade B Rp 20.000.

“Satu bulan ya, hampir setiap hari panen karena lahannya luas, jadi satu baris satu kwintal isi 3 kwintal tanpa putus,” terangnya.

Permintaan jambu kristal, kata Sayudi, cukup tinggi dari luar kota hingga Kabupaten Demak.

“Karena banyak sekali produk kristal merah di pasaran, masih menjadi favorit pembeli jambu kristal. Permintaan dari dalam dan luar negeri cukup banyak,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button