10 daerah terdingin di negara ini, #2 adalah Swiss Kecil yang Tersembunyi di Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

10 daerah terdingin di negara ini, #2 adalah Swiss Kecil yang Tersembunyi di Indonesia

JAKARTA, iNews.id – Sebagai daerah tropis, Indonesia memiliki sejumlah daerah bersuhu dingin. Berada di garis khatulistiwa, tidak bisa dipungkiri sebagian besar wilayah di Indonesia identik dengan udara yang cenderung panas. Namun, beberapa daerah di dataran tinggi tentu memiliki suhu yang jauh lebih rendah. Itu membuatnya lebih dingin daripada daerah lain.

Berikut wilayah yang memiliki suhu terdingin di Indonesia:

1. Yang Mulia, Papua
Daerah terdingin di Indonesia adalah Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jayawijaya Provinsi Papua yang memiliki suhu udara yang cukup dingin di Indonesia. Bahkan, suhu dingin di kawasan ini bisa mencapai hingga 9 derajat Celcius.

2. Batu, Jawa Timur
Kota Batu, Jawa Timur adalah tempat yang cukup populer di Indonesia. Berada di ketinggian 700-1.700 meter di atas permukaan laut, Kota Batu memiliki suhu udara harian yang sejuk. Tak heran jika tempat ini menjadi tujuan wisata sejak zaman Hindia Belanda. Suhu rata-rata di Batu berkisar antara 12 hingga 19 derajat Celcius. Dari Belanda kuno, Kota Batu mendapat julukan de Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil.

3. Mamasa, Sulawesi Barat
Berada di ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut, Kota Mamasa tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah. Kota ini menyuguhkan udara sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat Celcius.

4. Berastagi, Sumatera Utara
Berastagi adalah kawasan antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Kota ini termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Karo dan terletak pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Suhu udara rata-rata di sini seringkali di bawah 20 derajat Celcius.

5. Ruteng, NTT
Ruteng adalah sebuah kota di Nusa Tenggara Timur (NTT), sering disebut sebagai Praha-nya Indonesia. Kota dengan desain bangunan modern dan pemandangan indah ini terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Suhu rata-rata harian di kota ini sekitar 25 derajat Celcius. Namun, suhu terdingin yang pernah ada di Ruteng mencapai 10 derajat Celcius.

6. Waghete, Papua
Selanjutnya Juga di Papua, Kota Waghete yang terletak di Kabupaten Deiya juga merupakan salah satu daerah terdingin di Indonesia. Pada hari biasa bisa mencapai 15 derajat Celcius. Pada malam hari, suhu di kota Waghete bahkan bisa mencapai 10 derajat Celcius.

7. Gayo Lues, Aceh
Kabupaten Gayo Lues berada pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Bagian dari jalur pendakian Gunung Leuser, Gayo tidak hanya terkenal dengan kopinya. Suhu di kawasan ini juga cukup dingin karena rata-rata pada hari biasa adalah 24 derajat Celcius.

8. Ciwidey, Bandung
Kawasan Ciwidey terletak di Bandung, Jawa Barat. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, kawasan ini terkenal dengan suhu dinginnya. Ciwidey memiliki tempat wisata Kawah Putih. Baik pagi, siang maupun sore hari, suhu udara di Ciwidey tetap dingin mencapai 13 derajat Celcius.

9. Baturaden, Jawa Tengah
Baturaden merupakan kawasan di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 980 meter di atas permukaan laut. Baturaden merupakan kawasan wisata karena pemandangan alamnya yang indah dan suhu yang sejuk. Suhu rata-rata berkisar antara 20 hingga 28 derajat Celcius.

10. Padang Panjang, Sumatera Barat

Padang Panjang merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang bersuhu dingin. Karena kawasan ini dikelilingi oleh kawasan pegunungan seperti Gunung Singgalang, Merapi dan Tandikat. Kota ini terletak pada ketinggian hingga 950 meter di atas permukaan laut.

Penerbit: Windi Trikusumawati

Source: cirebon.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button