Lubuk Paraku, Pemandian Alam Indah dengan Pemandangan Alam Menakjubkan di Padang - WisataHits
wisatahits

Lubuk Paraku, Pemandian Alam Indah dengan Pemandangan Alam Menakjubkan di Padang

Lubuk Paraku, Pemandian Alam Indah dengan Pemandangan Alam Menakjubkan di Padang

Pernahkah Anda berpikir tentang wisata alam tepi laut? Atau, mari kunjungi Lubuk Paraku, wisata pantai yang eksotis dan indah di Sumatera Barat.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 06.00-21.00 WITA, Alamat: Indarung, Kec. Pabrik Lubuk, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika membicarakan keindahan alam Sumatera Barat tentunya tidak akan ada habisnya. Karena di pulau ini terdapat berbagai tempat yang sangat indah, mulai dari pegunungan, pantai hingga danau. Namun pernahkah anda mendengar tempat wisata alam pemandian Lubuk Paraku yang tak kalah indahnya?

Kunjungan ini merupakan sungai yang sudah lama digunakan oleh warga setempat untuk aktivitas mandi dan cuci. Namun karena pemandangan di sekitar sungai sangat indah, akhirnya kawasan ini menjadi salah satu wisata alam yang terkenal. Air sungai ini sangat jernih dan pepohonan disekitarnya membuat tempat ini semakin asri.

Perlu diketahui bahwa pemandian alam ini sebenarnya sudah cukup terkenal sejak tahun 1980. Namun belakangan ini penggunaan media sosial mulai marak dan pengunjung yang datang mengunggah foto-foto kunjungan pemandian ini. Hingga akhirnya Lubuk Paraku Padang mulai dikenal luas bahkan oleh masyarakat dari luar Sumatera.

Daya tarik yang dimiliki Lubuk Paraku

Daya tarik Lubuk Paraku sayaFoto Muhammad Anwar Habibi di Google Maps

Akhir-akhir ini banyak pengunjung dari luar Sumatera yang mulai mengunjungi wisata pemandian alam ini. Alasan utamanya tentu saja keindahan pemandangan alam dan rasa ingin tahu yang besar. Berikut beberapa tempat wisata pemandian alam sungai Padang Lubuk Paraku.

✦ Sungai renang alami yang indah

Daya tarik utama dari wisata ini adalah sungai pemandian alam yang masih sangat asri dan terjaga dengan baik. Di sungai ini wisatawan tidak akan menemukan sampah atau kotoran yang mengotori pemandian. Sungai ini merupakan tempat pengambilan air untuk kakus dan mandi warga, sehingga kebersihannya terjaga.

✦ Berbagai spesies ikan

Hal berikutnya yang tidak kalah menarik dan bisa ditemukan di sungai yang indah ini adalah berbagai macam jenis ikan. Karena keberadaan sungainya masih terjaga, wisatawan bisa melihat berbagai jenis ikan di sini. Dan penduduk setempat juga sering memancing di sana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

✦ Kolam sungai yang indah

Di sisi sungai terdapat sebuah kolam yang agak besar yang dikelilingi bebatuan besar. Kolam renang ini memiliki air yang jernih, namun jika dilihat dari kejauhan warnanya berubah menjadi biru yang sangat indah. Wisatawan yang berkunjung ke sini bisa bermain air dengan duduk di atas bebatuan di pinggir kolam.

✦ Berbagai spesies kupu-kupu dan capung

Terakhir, alasan wisatawan harus segera mengunjungi Lubuk Paraku adalah untuk melihat berbagai spesies kupu-kupu dan capung. Karena kawasan ini merupakan rumah bagi ratusan kupu-kupu cantik dan capung yang sangat unik. Pemandangan ini akan sulit ditemukan di tempat wisata alam lainnya.

Keindahan alam wisata pantai ini cukup berbeda dengan wisata alam lainnya di Sumatera Barat. Karena di sini wisatawan bisa menikmati banyak hal, mulai dari wisata pemandian alam, kolam cantik, hingga ikan yang banyak. Di sini pun wisatawan bisa langsung melihat berbagai spesies kupu-kupu dan capung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Lubuk ParakuFoto oleh Rema Adhe di Google Maps

Wisata Lubuk Paraku yang sangat bagus ini terletak di Desa Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. Untuk menuju ke tempat ini wisatawan tidak perlu bingung, karena bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan bus, pilihlah bus lintas Solok-Padang.

Bahkan kini sudah ada kendaraan umum yang melayani rute wisata pemandian alam ini. Jika menggunakan kendaraan pribadi, jarak tempuh dari kota Padang ke wisata ini kurang lebih 12 meter. Sebagai referensi, sirkuit alam ini berlokasi tak jauh dari kawasan Semen Padang.

Harga tiket masuk dan jam buka

Mengenai harga tiket masuk, wisatawan tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau. Untuk menikmati wisata pemandian alam di Lubuk Paraku, wisatawan cukup membayar Rp 5.000 saja. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, siapkan uang lebih untuk membayar biaya parkir.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Lubuk ParakuFoto oleh Gabut Tutorial di Google Maps

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, wisata alam ini memiliki banyak sekali atraksi yang memukau para wisatawan. Jadi siapapun yang datang ke sini tidak akan bosan sama sekali. Berikut beberapa aktivitas menarik dan seru yang bisa dilakukan di Lubuk Paraku.

1. Bermain air di sungai dan kolam

Aktivitas menarik yang wajib dilakukan wisatawan saat datang ke Lubuk Paraku adalah bermain di sungai dan telaga. Sumber mata air di sini berasal dari hulu sungai yang terletak di Bukit Barisan. Oleh karena itu tidak ada alasan untuk meragukan kesegaran dan kebersihan air di sungai dan kolam.

2. Menikmati pemandangan alam di sekitar Lubuk Paraku

Hal selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dilakukan adalah menikmati pemandangan alam sekitar. Sungainya jernih dan bersih, kolamnya kebiruan, kupu-kupu dan capung beterbangan, tentu akan sangat indah. Selain itu, pepohonan di sekitar akan membuat udara dan suasana menjadi lebih sejuk.

3. Memancing

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan dan sangat mengasyikkan adalah memancing di sungai. Jenis ikan disini cukup beragam ukurannya dan juga berbeda-beda, mulai dari ikan kecil sampai ikan besar semua ada disini. Memancing bersama penduduk setempat pasti akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Kini, wisatawan tidak perlu bingung lagi harus melakukan apa di wisata sungai dan berenang alami ini. Wisatawan bisa bermain air, mandi dengan ikan atau ikan air tawar. Jika ingin lebih santai, nikmati saja pemandangan sekitar dengan duduk di bawah pohon yang rindang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Lubuk ParakuFoto oleh LG di Google Maps

Jika berbicara mengenai fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini, bisa dibilang tidak terlalu lengkap. Karena wisata ini juga tidak termasuk wisata umum atau sudah banyak diketahui wisatawan, contohnya Danau Toba. Selain itu, seluruh fasilitas juga terpengaruh karena biaya masuk yang cukup murah

Fasilitas pertama yang tersedia di sini adalah tempat parkir yang cukup luas bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi. Meski fasilitasnya belum terlalu lengkap, wisata tepi pantai ini sudah memiliki tempat yang cocok untuk berganti pakaian. Dengan demikian, wisatawan dapat dengan mudah berganti pakaian sebelum bermain di sungai atau kolam.

Selain itu, wisata pemandian alam ini juga menyediakan tempat-tempat yang bisa digunakan untuk beristirahat. Untuk makanan, wisatawan disarankan membawa sendiri dari rumah. Namun jika bukan itu, wisatawan bisa membeli makanan dari warung-warung di pemukiman dekat tempat wisata.

Lubuk Paraku merupakan rangkaian renang dan sungai alami yang baru mulai dikenal masyarakat. Jadi bisa dibilang kunjungan kali ini masih cukup sepi pengunjung, sehingga suasana sekitar masih sangat tenang. Meski fasilitasnya tidak selengkap itu, berkunjung ke sini tetap akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button