Tiket Masuk, Rute dan Wahana SITU CIPANTEN - WisataHits
wisatahits

Tiket Masuk, Rute dan Wahana SITU CIPANTEN

Tiket Masuk, Rute dan Wahana SITU CIPANTEN

Harga tiket masuk Situ Cipanten Majalengka: Rp 5.000 – Rp 25.000. Jam buka: 07:00 – 17:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jalan Gunung Kuning – Sindang, Desa Gunung Kuning, Sindang, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, 45471.

Lokasi Cipanten sebuah danau indah dengan warna biru muda di Majalengka. Tempat ini begitu terkenal dengan keindahannya dan menjadi destinasi wisata yang membanggakan masyarakat Majalengka, bahkan di Jawa Barat. Tak heran jika saat akhir pekan atau hari libur banyak wisatawan yang memanfaatkan objek wisata ini.

Daya tarik utama danau ini adalah danaunya yang jernih dan luas. Warna air di danau ini juga dikatakan berubah seiring dengan musim.

Selain itu, berbagai permainan juga tersedia untuk semakin melengkapi keseruan jalan-jalan. Belum lagi berbagai fasilitas penunjang yang membuat nyaman dan akomodasi dengan harga terjangkau.

Harga tiket masuk Situ Cipanten Majalengka

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Namun, biaya masuk ini hanya untuk masuk ke area danau. Sedangkan untuk menikmati berbagai wahana dikenakan biaya tersendiri.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000
Tarif kendaraan
Kapal Rp 10.000/orang
Mengayun Rp5.000/orang
Bebek Gowes Rp 20.000/orang
Sepeda gantung Rp 25.000/orang
Pelampung Rp 10.000

Baca: Tiket & Wahana JEMBAR WATERPARK Majalengka

Jam Buka Situ Cipanten Majalengka

Obyek wisata ini bisa dinikmati dari pagi hingga malam hari. Atau di akhir pekan, jam buka tempat ini akan lebih awal dari biasanya.

Jam operasional
Senin Jum’at Rp 07:30 – 17:00 WIB
Sabtu Minggu Rp 07:00 – 17:00 WIB

Kagumi keindahan Situ Cipanten

Keindahan Danau Situ Cipanten memang akan memikat setiap orang yang mengunjunginya. Luasnya sekitar satu hektar, semuanya memiliki air yang jernih.

Padahal, wisatawan hanya bisa melihat dasar perairan dari permukaan. Dari kejauhan, danau ini tampak seperti cermin yang dengan indahnya memantulkan segala sesuatu di sekitarnya.

Kekhasan danau ini adalah warnanya yang berubah sesuai musim. Saat musim hujan, warna danau akan biru dan jernih.

Saat musim kemarau, warnanya berubah menjadi hijau atau coklat. Semua ini tidak mengubah keindahan tempat ini.

Di sekitar danau juga terdapat hutan lindung yang sangat asri. Pepohonan rimbun menaungi kedua sisi area ini. Yang lebih unik lagi, di danau ini juga terdapat banyak ikan mas yang kerap berbondong-bondong mendatangi wisatawan. Seolah tak takut berada di dekat turis yang menceburkan diri atau duduk-duduk di pinggir danau.

Baca: Tiket TERASERING PANYAWEUYAN dan Aneka Pesonanya

7 mata air yang tidak pernah kering

Musim semi yang tidak pernah berakhirMusim semi yang tidak pernah berakhir. Foto: Gmap/Yokis yoyok iswoyo

Selain warna air yang berubah-ubah, objek wisata ini juga memiliki kekhasan lain. Yaitu air telaga ini berasal dari 7 mata air yang tidak pernah kering.

Walaupun musim kemarau, airnya masih bagus dan tidak berkurang sedikit pun. Sehingga pengunjung tidak terpaku pada waktu berkunjung, karena bisa datang saat musim hujan atau musim kemarau.

Sebelumnya tempat ini tidak dibuka sebagai tempat wisata. Hanya fungsi danau untuk pengairan masyarakat sekitar. Bahkan digunakan untuk budidaya ikan, di mana ikan masih ada sampai sekarang.

Melihat potensi yang besar, tempat ini dibuka untuk pariwisata. Dengan pengelolaan bersama oleh masyarakat setempat.

Baca: GUNUNG CIREMAI Majalengka: Tiket Masuk, Keindahan dan 4 Jalur Pendakian

Ambil foto di banyak lokasi yang indah

Pemandangan alamnya memang sangat indah, Anda hanya tidak ingin menikmatinya tanpa mengabadikannya. Wisatawan bisa mengambil foto dari berbagai sudut dengan latar belakang panorama yang indah.

Bahkan jika berfoto di tepi danau, wisatawan bisa mendapatkan pemandangan danau dan hutan yang bagus di belakangnya. Sangat indah dan menyegarkan mata.

Beragam spot foto unik juga bisa menambah keseruan saat berfoto. Yang wajib dimiliki adalah spot foto ayunan.

Ayunan ini berada tepat di atas perairan danau, wisatawan bisa mendaki ke sini melalui anjungan kayu. Uniknya, ikan akan langsung melingkari dasar ayunan saat pengunjung menaikinya.

Selain ikan, ada juga spot foto berupa perahu kayu berukuran besar, mirip kapal perompak. Kapal ini berada tidak jauh dari bibir danau, hanya bisa diakses dari daratan.

Dengan berfoto di sini, wisatawan akan mendapatkan pemandangan dari atas geladak kapal. Dengan panorama danau yang indah di bawahnya.

Baca: Tiket dan Wahana Kolam Renang Tirta Indah Majalengka

Keliling pulau dengan perahu

Pastikan untuk menjelajahi perairan yang indah dengan perahu. Sambil berperahu, wisatawan akan melihat pemandangan dasar danau dengan lebih jelas. Lebih dekat dengan ikan sehingga Anda bisa memberi mereka makan.

Untuk berkeliling danau, wisatawan juga bisa meminta singgah di pulau-pulau sekitarnya. Memang, pulau ini sebenarnya merupakan massa benua kecil yang terpisah dari daratan. Berhenti sebentar untuk mengambil foto lalu melanjutkan perjalanan lainnya.

Selain pulau-pulau tersebut, wisatawan juga bisa meminta untuk singgah di spot foto tertentu. Dan pengemudi akan dengan senang hati mengantarkannya.

Latihan kaki di danau

Bersepeda di sekitar Danau CipantenTur sepeda di danau. Foto: Gmap/Gustav Subagio

Tidak hanya dengan perahu, wisatawan juga bisa berkeliling danau dengan wisata Bebek Gowes. Seperti namanya, wahana ini berupa perahu berbentuk bebek. Cara bergeraknya dengan mengayuh seperti sepeda.

Dalam satu Gowes Bebek bisa menampung dua penumpang. Semua harus mengayuh agar perahu bisa menggelinding.

Wahana ini seperti sarana olahraga bagi wisatawan. Tepatnya berolahraga sambil menikmati pemandangan indah di perairan sana.

Tantang adrenalin dengan bersepeda di ketinggian

Wahana sepeda yang ditangguhkanWahana sepeda yang ditangguhkan. Foto Gmap/Rahmad Hidayat (Imat+The’a)

Tidak hanya wahana air, ada juga wahana sepeda gantung di sini. Sepeda yang digantung pada ketinggian tertentu, dengan menggunakan tali di atas roda dan badannya.

Wisatawan diharuskan menyeberangi tali dengan sepeda. Cukup menakutkan untuk membuat merinding bagi penderita vertigo, tetapi menyenangkan dan aman untuk dimainkan.

Serunya berenang di Situ Cipanten

Perairan danau ini sangat sejuk, wisatawan bisa menikmatinya dengan senang hati. Ada area sedalam sekitar 2 meter yang bisa digunakan untuk berenang.

Area ini telah diamankan oleh pengelola. Wisatawan juga bisa menggunakan ban apung untuk keseruan bermain.

Alamat Situ Cipanten Majalengka

Obyek wisata ini terletak di Jalan Gunung Kuning – Sindang, Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka.

Arah ke Situ Cipanten

Jalan menuju Situ Cipanten sudah bagus dan beraspal. Letaknya sekitar 10 kilometer arah selatan dari pusat kota Majalengka. Sedangkan waktu tempuhnya sendiri cukup singkat. Hanya membutuhkan waktu 25 menit berkendara.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button