Luapan Sungai Citanduy, Perumdam Tirta Anom Kota Banjar Rugi Ratusan Juta - WisataHits
Jawa Timur

Luapan Sungai Citanduy, Perumdam Tirta Anom Kota Banjar Rugi Ratusan Juta

WAKTU INDONESIA, BANJAR – Pasca bencana banjir, Sungai Citanduy meluap hingga menyebabkan rusaknya berbagai fasilitas umum termasuk Perumdam Tirta Anom di Kota Banjar.

Cuaca buruk dan debit air sungai Citanduy yang mengalami pasang surut membuat Perumdam Banjar Tirta Anom Kota mengaku menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Hal itu disampaikan langsung Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar, E Fitrah Nurkamilah, ST didampingi Kabag Humas, Yogi Indrijadi, SH di kantornya, Kamis (11/3/2022).

Menurut Nurkamilah, perusahaan mengalami kerugian sekitar Rp 200 juta akibat dampak banjir besar beberapa waktu lalu.

“Nilai kerugiannya berdasarkan data dari sistem penerimaan pemrosesan pembayaran sejak dua bulan lalu. Total nilai kerugian sekitar Rp 200 juta,” katanya.

Padahal, lanjut Nurkamilah, hingga saat ini masih terdapat sejumlah kerusakan yang belum stabil pasca banjir.

“Akibatnya, distribusi air juga tidak normal,” tambahnya.

Mengingat cuaca saat ini, kata dia, pihaknya lebih fokus pada kinerja yang berpikiran maju untuk saat ini, khususnya di unit manufaktur.

“Kondisi ini cukup berdampak pada sistem produksi air minum,” ujarnya.

Selain itu, kata Yogy, Kepala Hublang Perumdam Tirta Anom, masalah lain yang timbul akibat dampak banjir adalah adanya puing-puing dan sedimen.

“Hambatan ini juga mempengaruhi pendapatan dari rekening air dan menyebabkan perusahaan merugi,” jelasnya.

Hal ini tentunya berdampak pada sistem produksi air bersih, sehingga pelayanan tidak maksimal, dan berdampak pada pendapatan pendapatan rekening air.

“Dengan kendala tersebut, kami berupaya cepat mengantisipasi penanggulangan, salah satunya penjualan air bersih oleh kapal tanker,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Yogy meminta maaf kepada para pelanggan PDAM atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh permasalahan tersebut.

“Kami mohon maaf jika ada kesulitan yang sulit diprediksi. Kami akan berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Hublang Perumdam Tirta Anom Manajer Kota Banjar, Yogy.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button