10 Wisata Religi Di Jawa Timur Selain Makam Wali Songo - WisataHits
Jawa Timur

10 Wisata Religi Di Jawa Timur Selain Makam Wali Songo

Surabaya

Jawa Timur (Jawa Timur) memiliki beragam destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, taman rekreasi hingga wisata religi.

Keanekaragaman wisata religi di Jawa Timur tidak terlepas dari kiprah para ulama yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Selain makam Wali 5, masih banyak wisata religi di Jawa Timur yang sering dikunjungi wisatawan.

Berikut detikJatim kumpulkan 10 wisata religi di Jawa Timur:

1. Masjid Al Akbar

Masjid Al-Akbar Surabaya diresmikan oleh Presiden RI KH Abdurrahman Wahid dalam rangka Hari Pahlawan 10 November 2000. Masjid ini memiliki 45 pintu kayu jati. Atapnya berbentuk kubah besar yang ditopang oleh 4 buah kubah piramid kecil. Bagian dalam kubah dihiasi ornamen kaligrafi Al-Qur’an.

Masjid Al-Akbar Surabaya juga dilengkapi dengan menara setinggi 99 meter. Untuk memasuki menara, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp 7.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Tidak hanya itu, ada juga pertunjukan air mancur, Taman Asmaul Husna dan Klinik Bekam. Alamat Masjid Al-Akbar Surabaya terletak di Jalan Masjid Al-Akbar Timur No 1 Pagesangan, Surabaya.

2. Masjid Tiban Pintu Seribu

Masjid Tiban Pintu Seribu atau yang lebih dikenal dengan Masjid Turen ini masih satu kawasan dengan pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Alamatnya Jalan KH Wachid Hasyim Sananrejo, Turen, Malang.

Masjid ini memiliki konsep unik dengan perpaduan ornamen khas Turki, India, Rusia, dan Mesir.

Masjid Tiban Pintu Seribu terdiri dari 10 lantai yang dibangun pada tahun 1978. Setiap lantai memiliki fungsi yang berbeda.

Mulai dari tempat istirahat, mushola, ruang makan, aquarium, dapur hingga pasar yang dikelola para santri. Ada juga kebun binatang mini dan taman terbuka untuk pengunjung.

3. Masjid Ashbul Kahfi, Perut Bumi Al-Maghribi

Masjid Ashabul Kahfi terletak di Jalan Gedonombo, Semanding, Tuban. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh KH Shubhan, pimpinan pondok pesantren Aschabul Kahfi.

Masjid Ashabul Kahfi nyaris tanpa polusi suara. Suasana tenang di dalam masjid sangat cocok untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Untuk memasuki masjid, pengunjung harus menuruni tangga. Masjid Ashabul Kahfi memiliki ruangan utama yang cukup gelap.

Tidak ada cahaya selain cahaya lampu. Arsitekturnya menyerupai bangunan Arab dengan tiang-tiang bulat. Meski terletak di pedalaman bumi, Masjid Ashabul Kahfi tetap memiliki kubah yang tidak terlalu tinggi.

4. Makam Syekh Asmoro Qondi

Syekh Ibrahim Asmoro Qondi adalah ayah dari Raden Ali Rahmatullah atau Sunan Ampel. Syekh Asmoro Qondi lahir di Samarkand, Asia Tengah.

Syekh Asmoro Qondi konon datang ke Jawa sekitar tahun 1440 Masehi. Sebelum tiba di Tuban, Syekh Asmoro Qondi singgah di Gresik untuk menyebarkan agama Islam di kalangan masyarakat setempat.

Makam Syekh Asmoro Qondi terletak di desa Gesikharjo, Palang, Tuban. Di areal makam terdapat banyak makam keluarga dan sahabat Syekh Asmoro Qondi.

Makam Syekh Asmoro Qondi yang paling beragam. Bangunannya cukup besar berbentuk bujur sangkar, empat tiang, beratap kayu. Makam Syekh Asmoro Qondi tidak pernah sepi dari peziarah yang datang dari berbagai daerah.

5. Masjid Cheng Ho Pasuruan

Masjid Cheng Ho Pasuruan dibangun atas prakarsa Komunitas Muslim China untuk memperingati Laksamana Cheng Ho dalam menyebarkan Islam di Indonesia.

Masjid ini diresmikan pada tanggal 27 Juni 2008 oleh Bupati Pasuruan Yusbakir Aldjufri. Alamatnya No.18 Jalan Raya Kasri, Petung Sari, Petungasri, Pandaan, Pasuruan.

Masjid Cheng Ho Pasuruan memiliki arsitektur bergaya khas Tionghoa. Bangunan masjid dicat dengan sentuhan warna cerah seperti hijau, merah dan kuning keemasan.

Masjid Cheng Ho Pasuruan terdiri dari 2 lantai. Lantai dasar digunakan sebagai ruang konferensi. Sedangkan lantai dua merupakan ruang utama untuk sholat.

Simak video “Melihat Sisa-sisa Cindelaras yang Sering Didatangi Calon Perwira”.
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button