Berusia ratusan tahun, inilah Gereja Kelahiran Perawan Maria di Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

Berusia ratusan tahun, inilah Gereja Kelahiran Perawan Maria di Surabaya

Berusia Ratusan Tahun, Inilah Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya - GenPI.co Berusia ratusan tahun, inilah Gereja Kelahiran Perawan Maria di Surabaya. Foto: Hafid Arsyid/GenPI.co

GenPI.co – Wisata rohani bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepaskan diri dari tekanan rutinitas duniawi. Salah satu pilihannya adalah dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah bersejarah.

Anda bisa memulainya dengan mengunjungi Gereja Katolik tertua di kota Surabaya. Namanya, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria. Tempat ibadah ini bisa dikunjungi oleh semua umat beragama.

GenPI.co juga berkesempatan mengunjungi gereja yang terletak di Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, kota Surabaya. Juga dikenal sebagai Gereja Kepanjen, gereja ini diyakini sebagai yang tertua di Surabaya dengan usia lebih dari 200 tahun.

BACA JUGA: Berhenti di Surabaya North Quay, resor pantai utama

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Surabaya, Subchan mengatakan bangunan bersejarah ini ditetapkan sebagai situs cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya pada tahun 1998.

Pemrakarsa pembangunan Gereja Kepanjen adalah Pastor Philipus Wedding bersama rekannya Hendricus Waanders. Mereka datang dari Belanda dan tiba di Surabaya pada tanggal 12 Juli 1810.

BACA JUGA: Penyembuhan di jantung kota Surabaya, Hotel Bumi menghadirkan nuansa tropis dan artistik

“Selama 6 bulan tinggal di Surabaya, Pastor Wedding melanjutkan perjalanannya ke Batavia. Sedangkan Waanders memutuskan untuk tetap tinggal dan membangun vicarage di Jalan Merak Cendrawasih,” kata Subchan kepada GenPI.co saat media trip bersama Agoda, Sabtu (3/12).

Berusia ratusan tahun, inilah Gereja Kelahiran Perawan Maria di Surabaya

BACA JUGA: Pendeta GPIB : Terima kasih Pak Anies, ijin pembangunan gereja berjalan lancar

Alhasil, Pendeta Waanders menetap sendirian di Surabaya. Sejak Pastor Waanders tiba di kota ini, kegiatan ibadah Katolik langsung dimulai. Ia sering mengadakan misa di rumahnya bersama umat Katolik di Surabaya.

Silakan baca lebih banyak konten menarik dari GenPI.co di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button