Pantai Crocoh Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Crocoh Yogyakarta

Bukan rahasia lagi jika Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak pantai yang menawan. Salah satunya Pantai Krokoh, pantai di Gunungkidul yang sepi karena masih jarang dikunjungi wisatawan.

Meski tergolong pantai yang masih alami, Pantai Krokoh tak kalah menarik untuk dikunjungi lho. Simak informasi lokasi, rute dan tips berkunjung di bawah ini untuk membantu Anda bermain Pantai Krokoh dengan lebih baik!

1. Lokasi Pantai Krokoh

Pantai Krokoh Yogyakarta: informasi lokasi, rute dan tipsPantai Buaya (instagram.com/madeby_novy)

Secara geografis, Pantai Krokoh berada di perbatasan antara Gunungkidul dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di bagian paling timur Gunungkidul sebenarnya cukup jauh dari pusat kota.

Jika menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil, dapat ditempuh dengan jarak tempuh kurang lebih 87 kilometer atau dua jam tiga puluh menit. Meski jauh, pasti akan terbayarkan begitu sampai di pantai yang menawarkan pemandangan yang mempesona dan eksotis.

alamat: Kawasan Hutan, Songbanyu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Rute Menuju Pantai Krokoh, Gunungkidul

Pantai Krokoh Yogyakarta: informasi lokasi, rute dan tipsPantai Buaya (instagram.com/titooott_)

Karena perjalanan yang cukup panjang dan medan yang naik turun, ada baiknya jika Anda mengunjungi Pantai Krokoh bersama teman atau kerabat yang bisa berkendara dengan baik. Nah, setidaknya ada dua rute yang bisa ditempuh untuk menuju salah satu pantai sepi di Gunungkidul ini.

Melewati Pantai Sadeng terlebih dahulu, kemudian lurus terus ke timur melalui jalan desa. Atau yang kedua melewati kawasan Pracimantoro lalu menuju ke selatan. Ingatlah untuk selalu waspada dan hati-hati karena jalanan di Gunungkidul memiliki banyak tikungan!

Baca juga: Top 5 Rekomendasi Wisata “mendarat di atas awan” di Yogyakarta

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

3. Harga Tiket dan Jam Operasional Pantai Krokoh

Pantai Krokoh Yogyakarta: informasi lokasi, rute dan tipsPantai Buaya (instagram.com/jefri_elbhitrinx)

Sebelum tahun 2019 Anda harus ekstra sabar untuk sampai ke Pantai Krokoh karena jalannya tidak semulus sekarang. Untuk parkir harus ditinggal warga karena tidak ada tempat parkir yang aman dan untuk ke pantai harus jalan kaki sebentar.

Nah, untuk bisa masuk ke Pantai Krokoh, jangan lupa siapkan uang sebesar Rp 5.000 untuk membayar tiket masuk per orang. Jam buka sekarang adalah 24 jam. Jadi kamu bisa datang ke sini kapan saja!

4. Fasilitas di sekitar Krokoh Strand

Pantai Krokoh Yogyakarta: informasi lokasi, rute dan tipsPantai Buaya (instagram.com/idang_patricia)

Kini Pantai Krokoh sudah mendapat perhatian lebih dari masyarakat sekitar sehingga banyak fasilitas penunjangnya. Sebut saja tersedianya warung-warung di sekitar pantai yang menjual berbagai macam makanan dan minuman sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan atau kehausan.

Ada juga toilet umum tidak jauh dari Pantai Krokoh. Di sana kamu bisa bersih-bersih setelah bermain di pantai atau sekedar buang air kecil. Belum lagi, ada mushola sederhana yang bisa menjadi tempat salat di pinggiran perjalanan Anda.

5. Tips Berkunjung ke Pantai Krokoh

Pantai Krokoh Yogyakarta: informasi lokasi, rute dan tipsPantai Buaya (instagram.com/icamarisa)

Meski Pantai Krokoh buka 24 jam sehari, lebih baik mengunjunginya dari fajar hingga senja sebelum matahari terbenam. Selain jalanan yang lebih terang, keamanan juga lebih terjamin, dan tentunya lebih menarik untuk berfoto.

Pastikan juga sampai dalam kondisi baik bugar karena Anda akan melalui perjalanan yang panjang dan berliku, Anda tidak akan lelah dan Anda bahkan tidak akan bisa bermain secara maksimal pada akhirnya. Pakaian yang menyerap keringat tentunya akan lebih nyaman dipakai daripada sekedar menarik.

Dan satu hal yang pasti: jangan buang sampah sembarangan saat berkunjung ke Pantai Krokoh! Jika Anda tidak dapat menemukan tempat sampah, bawalah sampah Anda dan buang pada tempatnya.

Memang menyenangkan menikmati pantai yang tenang di Gunungkidul karena seperti pantai pribadi. Namun saat terisi, akan membawa lebih banyak berkah bagi masyarakat sekitar. Yang pasti sudah menjadi kewajiban anda sebagai pengunjung untuk menjaga Pantai Krokoh dengan tidak mencemari sampah, tidak merusak fasilitas yang ada dan dengan bersikap sopan dan santun. Selamat bermain!

Baca Juga: 5 Nasi Goreng Terpopuler di Yogyakarta, Sudah Pernah Anda Coba?

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button