Lihat Proyek Perencanaan Transportasi Kota Sukabumi - WisataHits
Jawa Barat

Lihat Proyek Perencanaan Transportasi Kota Sukabumi

RBG.ID, SUKABUMI – Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota menyiapkan beberapa langkah rekayasa lalu lintas untuk mencegah peningkatan jumlah pengunjung atau wisatawan yang berdatangan ke kawasan Sukabumi saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pasalnya, beberapa tempat wisata menjadi sorotan, seperti Jembatan Gantung Situ Gunung, Pondok Halimun, Pemandian Air Panas Cikundul dan objek wisata lainnya.

Baca Juga: Operasi Zebra Lodaya Dua Minggu 2022, Satlantas Polres Sukabumi Kota Tuduh 5.760 Pelanggar Lalu Lintas

Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Tejo Reno Indratno mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah mulai menghentikan petugas lalu lintas di dua titik masuk ke Sukabumi. Misalnya, kawasan Kecamatan Sukalarang yang menjadi pintu masuk pengunjung dari kawasan Bandung dan Cianjur.

“Kemudian di kawasan Cibolang sebagai akses pengunjung dari wilayah Bogor dan Jakarta. Kemungkinan libur Nataru tahun ini lebih ramai dari tahun lalu karena pemerintah tidak lagi melarang perayaan tahun baru,” kata Tejo, Senin (26/12/2022).

Tak hanya itu, lanjut Retno, Satlantas telah berkoordinasi dengan anggota untuk menghitung jumlah kedatangan kendaraan, kapasitas tempat parkir di objek wisata, serta arus masuk dan keluar wisatawan. Ketika kemacetan terjadi, beberapa skenario penguraian lalu lintas disiapkan.

“Kemudian titik-titik yang berpotensi menjadi pusat keramaian di Kota Sukabumi juga akan dipantau. Rencana arus lalu lintas satu arah akan diterapkan di beberapa ruas jalan di Kota Sukabumi bagian tengah sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Menurut dia, Satlantas terus memantau perkembangan arus lalu lintas pasca dibukanya Tol Bocimi Seksi II ruas Cigombong-Parungkuda. Tak bisa dipungkiri, dibukanya jalan tol akan memudahkan pengunjung atau wisatawan asal Jakarta untuk sampai ke Sukabumi.

“Beberapa objek wisata di Sukabumi cukup menjadi primadona, bahkan selain kawasan Puncak Bogor. Beberapa wisatawan yang berniat menghabiskan liburan akhir tahun di wilayah Kabupaten Sukabumi, seperti Pantai Palabuhanratu dan Geopark Ciletuh, seringkali memilih untuk transit atau menginap di Kota Sukabumi,” jelasnya.

Baca Juga: Layanan SIM Mengemudi Satlantas Polres Sukabumi, Manjakan Warga

Retno menambahkan Jalur Lingkar Selatan bisa menjadi alternatif penyeberangan. Di pintu masuk kawasan perkotaan padat penduduk, kendaraan dialihkan ke jalur lingkar selatan.

“Makanya kehadiran pejabat sangat penting. Kami menempatkan petugas di sana pada kemacetan lalu lintas dan tempat-tempat yang berisiko kemacetan lalu lintas. Ada juga pos. Nanti kita lihat dan hitung volume kendaraan yang masuk, khususnya yang datang ke objek wisata,” pungkasnya. (Bam).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button