Air terjun Babak Pelangi, air terjun unik dengan kolam dua warna di Lombok Tengah - WisataHits
wisatahits

Air terjun Babak Pelangi, air terjun unik dengan kolam dua warna di Lombok Tengah

Air terjun Babak Pelangi, air terjun unik dengan kolam dua warna di Lombok Tengah

Air Terjun Babak Pelangi yang berada di tengah Lombok memiliki kekhasan tersendiri, selain tersembunyi juga memiliki kolam dua warna yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Ingin berwisata ke sana?

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: Lantan, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Lombok Tengah memiliki sejarah tempat wisata unggulan tersendiri, salah satunya yang saat ini sedang fenomenal dan ramai dibicarakan adalah Air Terjun Babak Pelangi. Bedanya dengan air terjun lain di kawasan ini, letak air terjunnya permata tersembunyi tidak mudah ditemukan sehingga sering membuat penasaran.

Padahal, Lombok tengah sudah dikenal dengan sejumlah tempat wisata lainnya, yakni Air Terjun Benang Kelambu dan Air Terjun Stokel. Namun bedanya, air terjun cantik ini masih masuk kategori tersembunyi dan belum familiar bagi banyak daerah. Karena itu kita harus melakukan segala yang kita bisa untuk mempromosikannya.

Berikut daya tarik tempat wisata tersebut permata tersembunyi ini, siapa tahu suatu saat niat datang untuk menghabiskan liburannya disana. Setidaknya sudah ada referensi apa yang akan dilakukan dan fasilitas yang tersedia.

Atraksi yang ditawarkan oleh air terjun Babak Pelangi

Atraksi di Air Terjun Babak PelangiKredit gambar: Google Maps Arif Jejak Petualang

Meski tersembunyi dan pengunjungnya masih sedikit, namun lokasi air terjun menawan ini memiliki banyak keunikan yang mungkin tidak semua orang tahu. Bagi yang penasaran, langsung saja cek data berikut dan buktikan sendiri selama berkunjung.

✦ Kolam renang

Jika biasanya di kawasan air terjun hanya terdapat kolam penahan air yang mengalir ke hulu. Hal ini berbeda dengan air terjun Babak Pelangi yang tersedia kolam air tawar terpisah dan dibangun oleh pengelola lokasi. Bentuknya seperti angka delapan, dengan warna air yang berbeda. Kolam depan dengan air biru dan hijau lainnya.

✦ air terjun 8 meter

Di depan kolam, Anda bisa melihat dengan jelas air terjun yang tingginya sekitar 8 meter. Gemericik airnya mirip kepingan salju, jadi asyik untuk ditonton. Wisatawan juga bisa melihat asal muasal air yang mengalir seperti di atas air terjun, pemandangan aliran utama sungai langsung tersaji.

Di kaki air terjun yang indah ini terdapat kolam alami yang juga bisa digunakan untuk sekedar bermain air atau berenang. Kedalamannya bervariasi, bagi yang baru pertama kali datang bisa memilih tepi kolam saja untuk berenang guna menjelajahi kedalaman dari tengah hingga ujung bawah air terjun.

✦ Suasana hijau alam

Lanskap Air terjun tersembunyi ini masih sangat alami, sisi kiri dan kanannya masih dipenuhi pepohonan hijau yang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi jika ingin menikmati keindahan alam dari dekat, menyaksikan pesona di sekitar lokasi air terjun permata tersembunyi Ini bisa menjadi pereda stres yang efektif.

✦ Temukan foto Instagramable

Bagi yang suka mengabadikan momen setiap kegiatan untuk diunggah ke media sosial, jangan khawatir karena di kawasan air terjun Babak Pelangi banyak terdapat tempat fotografi Siapa instagrammable sangat. Seperti di bebatuan depan air terjun, degan pemandangan air terjun sangat indah, atau di kolam dalam delapan dengan melihat cantik alami.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat air terjun Babak PelangiKredit Gambar: Google Maps Dear Yunda

Jika ingin mengunjungi air terjun sejuta pesona ini, temukan saja di Dusun Rerante di Desa Lantan. Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya cukup terpencil, namun sudah memiliki akses jalan yang bagus untuk dilalui kendaraan melewati tempat parkir utama.

Rute perjalanan terbaik yang bisa dipilih adalah dari Kota Praya yang merupakan ibu kota Kabupaten Lombok Tengah menuju tempat wisata ikonik ini. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 40 menit, tergantung kendaraan yang digunakan, baik itu sepeda motor atau mobil.

Jika sudah berada di pintu masuk air terjun mungil ini, pengunjung akan diminta berjalan kaki untuk menuju objek utama. Tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu lama untuk menikmati keindahan air terjun yang mempesona ini, hanya Rp 5.000/orang sebagai tiket masuk. Biasanya tinggal menghitung jumlah orang dalam perjalanan liburan ini, lalu menghitung berapa biaya tiket masuknya.

Namun jangan lupa juga siapkan biaya parkir kendaraan yang biasanya dibanderol Rp2.000/unit sepeda motor dan Rp5.000/unit mobil. Sedangkan untuk bus tentunya harganya akan lebih mahal, namun sebanding dengan keamanan kendaraan selama berlibur disana.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Menarik di Air Terjun Babak PelangiKredit gambar: Google Maps Sella Marselia

Hal utama yang harus diperhatikan saat berlibur di suatu tempat adalah mencari tahu aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di sana. Begitu juga di Air Terjun Babak Pelangi, dengan sejumlah aktivitas menarik untuk mengisi waktu liburan Anda. Baik berlibur sendiri, bersama keluarga tercinta atau bersama teman dekat.

1. Berenang di kolam alami

Kunjungi tempat wisata air, termasuk air terjun permata tersembunyi Ini, tentu saja, tidak akan jauh dari kegiatan yang berhubungan dengan air. Wisatawan juga bisa berenang di kolam alami yang mengalirkan air sungai dari atas air terjun ke hilir sungai.

Jika Anda ingin merasakan sensasi berenang di kolam buatan manusia, Anda tinggal memilih berenang di kolam angka delapan. Putuskan saja apakah Anda ingin berenang di kolam biru atau kolam hijau. Kedalamannya standar sehingga bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa, terutama yang sudah bisa berenang dengan baik.

2. Mainkan air

Jika tidak ingin berenang dan basah kuyup, bermainlah di air dengan mencari posisi duduk di pinggir air terjun. Lalu, basahi kaki atau tangan Anda dengan air yang sangat dingin dan jernih ini. Bermain air juga bisa dilakukan di pinggir kolam buatan, jika hanya ingin melihat keindahan dua kolam unik ini dari dekat.

3. Mendaki Air Terjun Babak Pelangi

Ingin mencoba sensasinya lintas alam dan menjelajah di sekitar air terjun unik ini untuk sementara waktu, pengunjung dapat memilih aktivitas lintas alam. Ikuti jalur pendakian dan tanjakan yang disediakan menuju air terjun, maka Anda bisa menyatu dengan alam karena bisa menaklukan jalanan yang cukup terjal.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas di Air Terjun Babak PelangiKredit gambar: Google Maps Lutfi Alhabbal

Jangan khawatir dengan fasilitas di lokasi air terjun tersembunyi ini, sudah tersedia berbagai fasilitas yang akan membantu wisatawan lebih menikmati liburannya tanpa ribet. Berikut fasilitas terbaiknya.

  • Ruang ganti – Bagi yang berenang, disediakan tempat khusus untuk berganti pakaian dengan baju renang. Kemudian setelah berenang dan bersih-bersih, tempat ini bisa Anda gunakan kembali untuk mengenakan pakaian bersih dan siap melanjutkan perjalanan ke tempat lain.
  • Gazebo – Sebuah gazebo disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan hijau alam di sekitar Air Terjun Babak Pelangi. Cocok untuk tempat istirahat, bagi orang tua yang menemani anaknya jalan-jalan.
  • Mushola – Bagi yang beragama Islam, bisa menikmati hari raya tanpa takut kehilangan kesempatan untuk beribadah sholat wajib. Tersedia musala untuk beribadah, dengan tempat wudhu yang terpisah untuk pria dan wanita.
  • Tempat Makan – Wisatawan juga bisa memesan makanan dari tempat makan di sekitar lokasi air terjun tersembunyi ini. Mau pilih menu khas Lombok, Bali atau gourmet orang barat hanya mencari dan memesan apa yang Anda inginkan.

Ayo ajak keluarga tercinta menjelajahi keindahan air terjun Babak Pelangi di Lombok Tengah. Wisatawan akan mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan dan tentunya berbeda dengan tempat wisata lainnya di Indonesia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button