Liburan ramah lingkungan dengan mengurangi plastik, simak 5 tips ini - WisataHits
Jawa Tengah

Liburan ramah lingkungan dengan mengurangi plastik, simak 5 tips ini

TEMPO.CO, jakarta Membiarkan diri Anda waktu untuk liburan pasti baik untuk jiwa. Namun, terkadang hal-hal biasa saja Wisatawan lakukan dan ini tentang kebaikan lingkungan.

Saat bepergian jarak jauh, sangat sulit untuk mengurangi dampak lingkungan dari transportasi. Di sisi lain, plastik berkontribusi besar terhadap emisi gas rumah kaca.

The Pacific Institute memperkirakan bahwa botol air plastik 500 mililiter memiliki jejak karbon yang setara dengan sekitar tiga ons karbon dioksida. Selain itu, hanya sekitar sembilan persen plastik dunia yang didaur ulang.

Tapi untungnya, jika traveler punya kemauan, mudah untuk mengurangi konsumsi plastik saat bepergian. Berikut adalah lima cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan planet ini saat bepergian:

Bawa botol minum sendiri

Sejauh ini, ini adalah cara paling umum dan termudah untuk mengurangi plastik. Diperkirakan dunia membeli satu juta botol plastik setiap menit. Kurangi pengeluaran plastik dengan menyediakan botol air portabel atau termos untuk dibawa saat Anda bepergian. Meskipun ada banyak pilihan air minum kemasan, pertimbangkan termos panas/dingin dengan sedotan yang dapat dilepas yang dapat digunakan untuk air, teh, atau kopi saat bepergian.

Apakah Anda memiliki alat non-plastik?

Barang sekali pakai membutuhkan waktu lama untuk terurai. Dengan maskapai penerbangan, restoran, dan kota yang sudah melarang sedotan plastik, wisatawan dapat mengurangi dampak lingkungan mereka sendiri dengan menolak sedotan plastik saat bepergian. Gelas logam dan sedotan sangat penting untuk minuman. Hal yang sama berlaku untuk sendok garpu plastik. Sendok yang dapat digunakan kembali dan sepasang sumpit dapat digunakan untuk sebagian besar makanan yang akan Anda temui di sepanjang jalan.

Bawa tas yang dapat digunakan kembali

Jika Anda membawa banyak barang saat bepergian, gunakan tas yang dapat digunakan kembali daripada tas plastik. Kurangi penggunaan plastik dengan menyimpan tas kecil yang dapat digunakan kembali untuk memudahkan perjalanan belanja.

Perhatikan perlengkapan mandi

Cobalah beralih ke perlengkapan mandi ramah lingkungan. Misalnya, coba gunakan sisir bambu daripada sisir plastik. Traveler juga bisa mencoba sikat gigi bambu. Kemudian cari pilihan sampo, kondisioner, dan sabun yang tidak dibungkus plastik atau berbahan dasar minyak bumi.

Bawa wadah makanan sendiri

Jika Anda ingin menghindari plastik dalam perjalanan liburan Anda, bawalah etalase kaca di dalam koper Anda. Minta restoran memasukkan makanan ke dalam wadah untuk mengurangi kardus bawa pergi atau tas anjing. Wadah juga berguna untuk menyimpan sisa makanan untuk dibawa ke kamar hotel.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI | PERJALANAN DAN KENYAMANAN

Baca juga: Liburan dengan kendaraan pribadi? Simak tipsnya sebelum road trip

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button