4 Tempat Wisata di Banyumas, dari Alam hingga Sejarah - WisataHits
Jawa Tengah

4 Tempat Wisata di Banyumas, dari Alam hingga Sejarah

Ilustrasi tempat wisata di Banyumas. Foto: Naufal Abdurrasyid/kumparan Banyumas adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan bahasanya Apa pekerjaanmu-miliknya. bahasa Apa pekerjaanmu cukup berbeda dibandingkan dengan bahasa Jawa yang digunakan di Solo atau Jogja, terutama dari logatnya.

Bahasa ini dianggap sebagai salah satu varian tertua dari bahasa Jawa. Selain keunikan bahasanya, Banyumas juga dikenal dengan potensi kekayaan tanahnya karena terdapat pegunungan Slamet di kabupaten ini.

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa. Elevasi puncaknya diperkirakan sekitar 3.400 meter di atas permukaan laut dan masih aktif.

Gunung ini belum pernah mengalami letusan besar yang akan merugikan masyarakat. Di sisi lain, Gunung Slamet telah menjadi ikon Banyumas, menarik banyak wisatawan.

Selain Gunung Slamet, masih banyak lagi tempat wisata di Banyumas yang tak kalah indahnya. Apa itu?

Tempat Wisata di Banyumas

Puncak Gunung Slamet. Foto: Naufal Abdurrasyid/kumparan Ada beberapa tempat lain yang turut membantu merevitalisasi pariwisata di Banyumas, mulai dari wisata alam hingga sejarah. Penasaran tentang apa saja? ayo Simak daftar tempat wisata di Banyumas berikut ini.

1. Hutan Petualangan Baturraden

Baturraden Adventure Forest (BAF) atau Jungle Tualang Baturraden adalah wisata di kaki Gunung Slamet. Luasnya sekitar 50 hektar.

Berada di kaki gunung, BAF menawarkan panorama alam yang menakjubkan. BAF kemudian mengemas pesona alam dengan berbagai jenis petualangan.

Bersumber dari situs resmi BAF, tur ini menawarkan petualangan fisik (petualangan fisik) dan wawasan (petualangan pikiran) dalam berbagai kegiatan; Petualangan Gunung, Petualangan Air, Petualangan Pohon, dan Petualangan Lingkungan.

Tidak hanya itu, ada juga wisata pelatihan outbound, outbound siswa, dan perkemahan. Paket all-in-one ini cocok untuk Anda yang mencari tempat liburan bersama teman atau untuk kegiatan intim.

Baturraden Adventure Foret terletak di Desa Karangsalam, Baturraden, Jawa Tengah. Wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore WIB. Harga paket liburan di sini mulai dari sekitar Rp 200.000.

Jika Anda membutuhkan wisata yang menawarkan suasana tenang, Telaga Sunyi bisa menjadi jawabannya. Karena telaga ini berada di tengah hutan dan sering digunakan pengunjung sebagai tempat menyendiri atau meditasi.

Telaga Sunyi memiliki air yang jernih berwarna kebiruan dengan kedalaman hingga 3 meter. Di titik ini juga terdapat air terjun yang membentuk kolam di bawahnya, pengunjung bisa berenang disana dan menikmati kesegaran airnya.

Jika ingin ke sini, bisa langsung menuju kawasan Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas. Telaga Sunyi berjarak sekitar 2,5 km dari pintu masuk utama Baturraden.

Perjalanan menuju Telaga Sunyi membutuhkan lebih banyak tenaga karena pengunjung harus berjalan cukup jauh. Tapi liburan di tempat yang tenang dikelilingi oleh Harz dan pohon pinus, kapan lagi?

Jadi, menyalakan ke danau yang tenang. Tiket masuknya pun terjangkau, hanya Rp 15.000. Wisata ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore WIB.

3. Museum Sudirman

Banyumas tidak hanya penuh dengan wisata alam tetapi juga dikenal sebagai kota yang kaya akan sejarah. Salah satunya adalah Museum Jenderal Sudirman.

Museum ini dibuat untuk mengenang jasa dan dedikasi Jenderal Soedirman. Terlihat di lantai dua museum ini terdapat relief perjuangan Jenderal Soedirman merebut kembali Yogyakarta sebagai ibu kota Indonesia saat itu dan juga relief sejarah bangsa Indonesia pada Perang Kemerdekaan 1945.

Selain itu, di lantai satu museum terdapat diorama, foto-foto pertempuran dan duplikat harta peninggalan Jenderal Soedirman. Museum ini terletak sekitar 3 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Banyumas, tepatnya di Jalan Patimura No. 24, Dusun II Pasir Kidul, Purwokerto Barat, Banyumas.

Jam buka museum mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB. Tempat ini tergolong murah karena pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp 3.000.

Curug Jenggala merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Dinamakan Jenggala karena wisata ini merupakan hasil pertemuan beberapa sungai. Curug Jenggala sendiri memiliki tiga aliran air terjun yang berbeda.

Di Curug Jenggala, pengunjung hanya diperbolehkan bermain air di tepi sungai. Pasalnya, aliran air di air terjun Jenggala cukup berbahaya.

Selain bermain air, ada banyak kesempatan berfoto yang menarik. Salah satunya adalah dek kayu berbentuk hati, cocok untuk pasangan.

Air Terjun Jenggala terletak di Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Untuk mengakses wisata ini, pengunjung harus menyusuri jalan setapak hingga 800 meter.

Air Terjun Jenggala buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Harga tiketnya sangat terjangkau, hanya Rp 8.000 saja.

Sekarang,, yang merupakan sejumlah tempat wisata di Banyumas. Di mana Anda ingin mengunjungi kami?

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button