LP3H Unisma Malang Beri Dukungan Sertifikasi Halal Jalur UMK di Mojokerto - WisataHits
Jawa Timur

LP3H Unisma Malang Beri Dukungan Sertifikasi Halal Jalur UMK di Mojokerto

WAKTU INDONESIA, MALANG – LP3H Unisma Malang bekerjasama dengan Universitas Negeri Malang (UM) dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab.Mojokerto memberikan dukungan swadeklarasi sertifikasi Halal pada Senin (22/822).

Peserta kegiatan tersebut berjumlah 20 UMK di Kabupaten Mojokerto dengan bidang usaha yang berbeda-beda. Mulai dari stik opak, kue kering, kue basah, keripik, madu, susu kurma, pita ketan dan minuman yang mengandung ekstrak sari buah mengkudu.

Dengan dibukanya wahana wisata baru dan ditemukannya lebih banyak atraksi dari Kerajaan Majapahit, Kabupaten Mojokerto mulai bangkit di sektor pariwisata.

Dengan adanya sertifikasi halal usaha mikro dapat menjadi daya tarik oleh-oleh khas Kabupaten Mojokerto dan produk yang terjamin kehalalannya. Baru-baru ini, ada kegiatan Mayafest yang juga diikuti oleh UMK yang berkomitmen menawarkan produk Halal.

UNTUK INFORMASI TENTANG UNISMA, BUKA www.unisma.ac.id

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pembekalan oleh penanggung jawab kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh kepala laboratorium. THC Unisma, Hj.Novi Arfarita, SP, MP, M.Si, Ph.D, selain Kepala Laboratorium. Pusat Terpadu dan Halal Unisma, Beliau juga merupakan Auditor Halal Bersertifikat BPJPH, Pelatih Pendamping PPH, Juga Dosen Pertanian di Universitas Islam Malang.

Ia telah berkecimpung di dunia halal sejak menerima gelar masternya di Thailand. Tesisnya adalah tentang produksi keju halal. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini berkaitan dengan melengkapi SJPH dan mengetahui bahan makanan/minuman yang halal dan haram.

Kemudian dilanjutkan dengan wawancara dengan pelaku ekonomi yang didampingi oleh pihak pengelola sertifikasi Halal. Kegiatan ini diakhiri dengan foto produk oleh pelaku ekonomi untuk dokumen sertifikasi halal yang dideklarasikan sendiri.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 bulan dengan dukungan tim LP3H Unisma dalam pengelolaan deklarasi mandiri. Moderator bertugas meninjau dan memvalidasi data dan proses yang disampaikan oleh pemangku kepentingan bisnis.

Update selanjutnya di halaman Halal. Tujuan dari kegiatan ini adalah menyukseskan program sertifikasi Halal KKU yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia. Pimpinan Unisma sangat mendukung kegiatan deklarasi diri untuk usaha mikro dengan memberikan dukungan penuh terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh LP3H Unisma Malang.

UNTUK INFORMASI TENTANG UNISMA, BUKA www.unisma.ac.id **)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button